Pengaruh Media Film Animasi terhadap Keterampilan Berbicara pada Anak Usia Dini

Authors

  • Risma Dewi Agustin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang, Indonesia, Indonesia
  • Mindaudah Mindaudah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.80

Keywords:

Media Film Animasi, Hasil Keterampilan Berbicara Siswa

Abstract

Metode yang digunakan dalam pembelajaran di TK Al. Hidayah masih bersifat konvensional dan kurang menmarik, sehingga menyebabkan keterampilan berbicara siswa menjadi rendah, seperti siswa masih malu dalam berbiacara dan pasif dalam berkomunikasi dengan guru dan sesama teman. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media film animasi terhadap keterampilan siswa dalam berbicara. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini semua siswa TK AL-Hidayah Gondek tahun ajaran dua ribu dua puluh satu sampai dua ribu dua puluh dua. Teknik True Eksperimen Design dengan menggunakan desain Pre-test dan Post-test Control Group Design, Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil keterampilan siswa dalam berbicara yang diberi perlakuan dengan menggunakan Media Film Animasi Kelompok Eksperimen dengan Metode Ceramah kelompok kontrol. hasil dapat disimpulkan pengunaan media film animasi memberikan pengaruh terhadap keterampilan siswa dalam berbicara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto., (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.

Luthfillah, N., Elan, & Budi Rachman. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dan Patriotisme pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(1), 35–41. https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.74

Meriyani, D., Yulaini, E., & Aradea, R. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi dengan menggunakan Metode Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal of Education Research, 2(3), 101–109. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.56

Sugiyono., (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono., (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Tarigan. H G., (1981). Materi Berbicara. Jakarta. Angkasa Bandung.

Ula, Rofikhatul Wahyu dan Nugraha, Yoga Awalludin. 2020. Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Berbicara Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, Vol. 7, No. 2, November 2020.

Wari, P. D. A. ., & Setiawan, E. . (2022). Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Manajemen Proses Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(1), 28–34. https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.73

Widiani S.L., (2018) Penerapan Media Film Sebagai Sumber Belajar Untuk Menigkatkan Kemampuan Mengolah Informasi Siswa Dalam Pelajran Sejarah. Jurnal online.

Wulandari. A., (2016). Pengunaan media film animasi menigkatkan kemampuan berbicara anak autis kelas III Slb rela bhakti Gambing. Jurnal ilmiah. (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta).

Yoga. A.N., (2010). Penguasaan kosakata dengan keterampilan bercerita siswa kelas V SD N se-Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul”. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/7805

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Agustin, R. D. ., & Mindaudah, M. (2022). Pengaruh Media Film Animasi terhadap Keterampilan Berbicara pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(2), 70–80. https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.80

Issue

Section

Articles

Citation Check