Pengaruh Media Film Animasi terhadap Keterampilan Berbicara pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.80Keywords:
Media Film Animasi, Hasil Keterampilan Berbicara SiswaAbstract
Metode yang digunakan dalam pembelajaran di TK Al. Hidayah masih bersifat konvensional dan kurang menmarik, sehingga menyebabkan keterampilan berbicara siswa menjadi rendah, seperti siswa masih malu dalam berbiacara dan pasif dalam berkomunikasi dengan guru dan sesama teman. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media film animasi terhadap keterampilan siswa dalam berbicara. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini semua siswa TK AL-Hidayah Gondek tahun ajaran dua ribu dua puluh satu sampai dua ribu dua puluh dua. Teknik True Eksperimen Design dengan menggunakan desain Pre-test dan Post-test Control Group Design, Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil keterampilan siswa dalam berbicara yang diberi perlakuan dengan menggunakan Media Film Animasi Kelompok Eksperimen dengan Metode Ceramah kelompok kontrol. hasil dapat disimpulkan pengunaan media film animasi memberikan pengaruh terhadap keterampilan siswa dalam berbicara.
Downloads
References
Arikunto., (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.
Luthfillah, N., Elan, & Budi Rachman. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dan Patriotisme pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(1), 35–41. https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.74
Meriyani, D., Yulaini, E., & Aradea, R. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi dengan menggunakan Metode Pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving di SMA Sriguna Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal of Education Research, 2(3), 101–109. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.56
Sugiyono., (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono., (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta.
Tarigan. H G., (1981). Materi Berbicara. Jakarta. Angkasa Bandung.
Ula, Rofikhatul Wahyu dan Nugraha, Yoga Awalludin. 2020. Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Berbicara Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, Vol. 7, No. 2, November 2020.
Wari, P. D. A. ., & Setiawan, E. . (2022). Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Manajemen Proses Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(1), 28–34. https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.73
Widiani S.L., (2018) Penerapan Media Film Sebagai Sumber Belajar Untuk Menigkatkan Kemampuan Mengolah Informasi Siswa Dalam Pelajran Sejarah. Jurnal online.
Wulandari. A., (2016). Pengunaan media film animasi menigkatkan kemampuan berbicara anak autis kelas III Slb rela bhakti Gambing. Jurnal ilmiah. (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta).
Yoga. A.N., (2010). Penguasaan kosakata dengan keterampilan bercerita siswa kelas V SD N se-Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul”. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/7805
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Risma Dewi Agustin, Mindaudah Mindaudah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).