Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek

Authors

  • Pujianto Pujianto Sekolah Dasar Negeri 18 Air Salek, Indonesia
  • Yasir Arafat Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Andi Arif Setiawan Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8

Keywords:

Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, , Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian sebanyak tiga puluh orang yaitu guru-guru Sekolah Dasar Negeri jalur delapan Kecamatan Air Salek Kabupaten Banyuasin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: supervisi akademik kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Jalur delapan Air Salek Banyuasin; Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Jalur delapan Air Salek Banyuasin, dan supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Jalur delapan Air Salek Banyuasin

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M dan Asrori, M. (2005). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Aprilyanti, S. (2017). Pengaruh usia dan masa kerja terhadap produktivitas kerja (Studi kasus: PT. Oasis Water International Cabang Palembang). Jurnal Sistem dan Manajemen Industri, 1(2), 68-72. https://core.ac.uk/download/pdf/194456272.pdf

Arep. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Penerbit Rosdakarya.

Arikunto, S. (2006). Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru Dalam Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah dan Guru. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto, S. (2010). Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan: Membantu Mengatasi Kesulitan Guru Memberikan Layanan Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Fatthurrohman. (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97-112. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/1159/pdf

Labich, K. (1993). The New Unemployed. Fortune. March 8. p. 43.

Nitisemito, A. S. (2001). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Penerbit Rosdakarya.

Pidarta. (2009). Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Purbasari, M. (2015). Pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja mengajar guru di sekolah dasar. Journal of elementary education, 4(1), 46-52. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/7532

Purwanto, N. (2012). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Putri, H. R. (2016). Pengaruh pendidikan, pengalaman kerja, dan jenis kelamin terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi CV. Karunia Abadi Wonosobo. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5(4), 292-300. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/ekonomi/article/view/4100

Ramadana., & Wibowo. (2016). Supervisi Pendidikan Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ristiana, N. (2017). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Tidak Tetap padaSD/MI Kabupaten Kudus. Jurnal Volume 2, Nomor 1 (2017) http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/1610/81/118

Sahertian. (2000). Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan: Membantu Mengatasi Kesulitan Guru Memberikan Layanan Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Setyana, M. E., Suntoro, I., & Sumadi, S. (2013). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 1(3). https://www.researchgate.net/profile/manajemenpendidikan/publications

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Cv Alfabeta.

Suhardiman. (2012). Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan: Membantu Mengatasi Kesulitan Guru Memberikan Layanan Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Sutanto, E. M., & Ratna, A. (2015). Pengaruh Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan Berdasarkan Karakteristik Individual. BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 9(1), 56-70. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BISMA/article/view/5902

Sutomo. H. (2006). Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jurnal Al-Harokah vol. 63, No. 61.

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Wibowo, D. (2016). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Neger kecamatan Kersana Kabupaten Brebes. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang. https://www.researchgate.net/profile/manajemenpendidikan/publications.

Yusuf. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.Jurnal Volume 2 No 1

Downloads

Published

2020-10-29

How to Cite

Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2), 106–113. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8

Issue

Section

Articles

Citation Check