Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek
DOI:
https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.8Keywords:
Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, , Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian sebanyak tiga puluh orang yaitu guru-guru Sekolah Dasar Negeri jalur delapan Kecamatan Air Salek Kabupaten Banyuasin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: supervisi akademik kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Jalur delapan Air Salek Banyuasin; Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Jalur delapan Air Salek Banyuasin, dan supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Jalur delapan Air Salek Banyuasin
Downloads
References
Ali, M dan Asrori, M. (2005). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Aprilyanti, S. (2017). Pengaruh usia dan masa kerja terhadap produktivitas kerja (Studi kasus: PT. Oasis Water International Cabang Palembang). Jurnal Sistem dan Manajemen Industri, 1(2), 68-72. https://core.ac.uk/download/pdf/194456272.pdf
Arep. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Penerbit Rosdakarya.
Arikunto, S. (2006). Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru Dalam Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah dan Guru. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Arikunto, S. (2010). Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan: Membantu Mengatasi Kesulitan Guru Memberikan Layanan Bermutu. Bandung: Alfabeta.
Fatthurrohman. (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97-112. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/1159/pdf
Labich, K. (1993). The New Unemployed. Fortune. March 8. p. 43.
Nitisemito, A. S. (2001). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Penerbit Rosdakarya.
Pidarta. (2009). Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Purbasari, M. (2015). Pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja mengajar guru di sekolah dasar. Journal of elementary education, 4(1), 46-52. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/7532
Purwanto, N. (2012). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Putri, H. R. (2016). Pengaruh pendidikan, pengalaman kerja, dan jenis kelamin terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi CV. Karunia Abadi Wonosobo. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5(4), 292-300. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/ekonomi/article/view/4100
Ramadana., & Wibowo. (2016). Supervisi Pendidikan Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ristiana, N. (2017). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Tidak Tetap padaSD/MI Kabupaten Kudus. Jurnal Volume 2, Nomor 1 (2017) http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/1610/81/118
Sahertian. (2000). Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan: Membantu Mengatasi Kesulitan Guru Memberikan Layanan Bermutu. Bandung: Alfabeta.
Setyana, M. E., Suntoro, I., & Sumadi, S. (2013). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 1(3). https://www.researchgate.net/profile/manajemenpendidikan/publications
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Cv Alfabeta.
Suhardiman. (2012). Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan: Membantu Mengatasi Kesulitan Guru Memberikan Layanan Bermutu. Bandung: Alfabeta.
Sutanto, E. M., & Ratna, A. (2015). Pengaruh Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan Berdasarkan Karakteristik Individual. BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 9(1), 56-70. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BISMA/article/view/5902
Sutomo. H. (2006). Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jurnal Al-Harokah vol. 63, No. 61.
Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Wibowo, D. (2016). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Neger kecamatan Kersana Kabupaten Brebes. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang. https://www.researchgate.net/profile/manajemenpendidikan/publications.
Yusuf. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.Jurnal Volume 2 No 1
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2020 Pujianto Pujianto, Yasir Arafat, Andi Arif Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).