P Pembelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Nan Sabaris Padang Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.794Keywords:
Kurikulum Merdeka, Pembelajaran PAIAbstract
Pembelajaran PAI yang dimaksud dalam artikel ini adalah pelaksanaan pembelajaran PAI yang mengacu pada kurilukum merdeka di SMPN satu Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman. Perubahan kurikulum dari kurikulum tiga belas ke kurikulum merdeka berdampak terhadap perubahan silabus dan materi yang harus diajarkan pada setiap jenjang pendidikan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI di SMPN satu Nan Sabaris dari aspek materi dan metode yang digunakan. Metode penelitian ini berupa penelitian lapangan atau field research melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan di SMPN satu Nan Sabaris dapat diketahui bahwa pelaksanaan kurikulum merdeka belum terlaksana secara maksimal dan perlu dilakukan revisi silabus dalam urutan materi yang akan diajarkan. Namun dalam penyajian materi guru PAI menggunakan lebih dari satu metode dan media sesuai dengan kemampuan dan gaya belajar siswa yang beragam disertai melakukan pendekatan emosional diawal pembelajaran
Downloads
References
Abidin, Z., & Kusrini, S. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Buku Panduan Guru. In Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Adelaide, W. (2022). LKPD Adalah : Tujuan, Struktur, dan Cara Menyusunnya. Detik Bali. https://www.detik.com/bali/berita/d-6412008/lkpd-adalah-tujuan-struktur-dan-cara-menyusunnya
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Arinsa, G. S., Syaiful, M., & Anggraini, Y. (2023). Pengembangan Potensi Wisata Pantai Kembar Di Kecamatan Watubangga Guna Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 3(6), 753–757.
Badan Standar, K. dan A. P. (2022). Kebijakan Kurikulum. In Kemendikbudristek.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113
Kemdikbud. (2022). Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2022 Jenjang SMP. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Menengah Pertama.
Kemendikbudristek. (2023). Peran Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Republik Indonesia. https://itjen.kemdikbud.go.id/web/peran-platform-merdeka-mengajar-pmm-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka/#:~:text=Peran Platform Merdeka Mengajar (PMM,Kurikulum Merdeka - Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek
Kepmendikbudristekdikti. (2022a). Pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Menpendikbudristek, 1–112. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220711_121315_Fix Salinan JDIH_Kepmen Perubahan 56 Pemulihan Pembelajaran.pdf
Kepmendikbudristekdikti. (2022b). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Kusuma Ningtiyas, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran PAI. IAI Tabah Lamongan. https://www.iai-tabah.ac.id/2023/08/05/implementasi-kurikulum-merdeka-pada-pembelajaran-pai/
Mardia Rahmi dalam Oboi, S. C. U. (2013). Penilaian dalam Menulis Teks Berita Beriorientasi Kurikulum Merdeka di Kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja. 1–9. https://repo.undiksha.ac.id/16791/21/1912011047-BAB I PENDAHULUAN.pdf
Marpaung, J. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. 2(2), 13–17.
Maulidya, C. (2022, July). Gaya Belajar sebagai Upaya Memahami Potensi Kekerampilan Siswa. Radar Jatim. https://www.umm.ac.id/id/arsip-koran/radar-jatim/gaya-belajar-sebagai-upaya-memahami-potensi-kekerampilan-siswa.html#:~:text=Gaya belajar adalah kombinasi dari,masalah dengan rangsangan dan informasi.
Mulyasa. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka (A. Ulinnuha (ed.); Pertama). PT Bumi Aksara.
Ramayulis. (2018). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Kalam Mulia.
Shobirin, M. (2016). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(24), 416–423.
Shodiq, S. F. (2019). Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(02), 216–225. https://doi.org/10.24127/att.v2i02.870
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85
Usriya Hidayati. (2022). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 44–48. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.15
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Azmiyah Azmiyah, Teguh Reski Amanah , Elfi Putra, Sasmi Nelwati, Misra Misra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).