Media Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Adaptasi Tumbuhan

Authors

  • Zuli Miftakhul Anam Sekolah Dasar Negeri Sumberjo I Plandaan, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.79

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI materi adaptif tumbuhan. Survei ini dilakukan karena buruknya hasil belajar siswa di masa pandemi. Penelitian ini dilakukan di SDN Sumberjo I, dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah delapan belas orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah aplikasi Google Clasroom. Alat yang akan digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dan tes diberikan untuk melihat tingkat keberhasilan siswa dari suatu materi ajar yang disampaikan. Subjek  penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah delapan belas subjek, namun subjek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Pengamatan pada kondisi awal menunjukkan bahwa  aplikasi Google Classroom dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar  siswa pada Materi Adaptasi Tumbuhan Kelas VI  SDN Sumberjo I  Kelas VI  dua ribu dua puluh satu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Mahardini, M. M. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 215. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3102

Azzahra, Q. M. (2020). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini: “My Bodies Belong To Me.” Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(1), 77–86. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.736

Cllaudia, E. S., Wdiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97

Eliasa, E. I. (2012). Counsellor Roles on Students’ Lifelong Learning Understanding (A Psychological Study Based on Ecological System Theory). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46(1), 5703–5706. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.501

Fauziddin, M., Suryanti, & Wiryanto. (2022). Community-Based Education and Regional Culture , Has It Been Put into Practice ? AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 1069–1078. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.2067

Joni, P. (2014). Pengunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2, 127.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Penjelasannya. Media Wacana Press.

Millatana, M. E. (2019). Peningkatan prestasi belajar matriks dengan pembelajaran blended learning berbantuan Google Classroom di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Jurnal Ideguru, 4(2), 76–85. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Sukmadinata, S. N. (2005). Metode Penelitia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunarti, E., & Purwani, R. (2016). Ajarkan anak keterampilan hidup sejak dini: gunakan setiap kesempatan optimalkan potensi anak. Zikrul Hakim Bestari.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Anam, Z. M. . (2022). Media Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Adaptasi Tumbuhan. Journal of Education Research, 3(2), 71–79. https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.79

Issue

Section

Articles

Citation Check