Media Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Adaptasi Tumbuhan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.79Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI materi adaptif tumbuhan. Survei ini dilakukan karena buruknya hasil belajar siswa di masa pandemi. Penelitian ini dilakukan di SDN Sumberjo I, dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah delapan belas orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah aplikasi Google Clasroom. Alat yang akan digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dan tes diberikan untuk melihat tingkat keberhasilan siswa dari suatu materi ajar yang disampaikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah delapan belas subjek, namun subjek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Pengamatan pada kondisi awal menunjukkan bahwa aplikasi Google Classroom dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Adaptasi Tumbuhan Kelas VI SDN Sumberjo I Kelas VI dua ribu dua puluh satu.
Downloads
References
Agung Mahardini, M. M. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 215. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3102
Azzahra, Q. M. (2020). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini: “My Bodies Belong To Me.” Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(1), 77–86. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.736
Cllaudia, E. S., Wdiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97
Eliasa, E. I. (2012). Counsellor Roles on Students’ Lifelong Learning Understanding (A Psychological Study Based on Ecological System Theory). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46(1), 5703–5706. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.501
Fauziddin, M., Suryanti, & Wiryanto. (2022). Community-Based Education and Regional Culture , Has It Been Put into Practice ? AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 1069–1078. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.2067
Joni, P. (2014). Pengunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2, 127.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Penjelasannya. Media Wacana Press.
Millatana, M. E. (2019). Peningkatan prestasi belajar matriks dengan pembelajaran blended learning berbantuan Google Classroom di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Jurnal Ideguru, 4(2), 76–85. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Sukmadinata, S. N. (2005). Metode Penelitia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sunarti, E., & Purwani, R. (2016). Ajarkan anak keterampilan hidup sejak dini: gunakan setiap kesempatan optimalkan potensi anak. Zikrul Hakim Bestari.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Zuli Miftakhul Anam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).