Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII MTsN Padang Panjang

Authors

  • Nia Andriani Sari Pendidikan Agama Islam, STIT Diniyyah Puteri Rahmah El yunisiyyah Padang Panjang, Indonesia
  • Syarifatul Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Diniyyah Puteri Rahmah El yunisiyyah Padang Panjang, Indonesia
  • Diana Sartika Pendidikan Agama Islam, STIT Diniyyah Puteri Rahmah El yunisiyyah Padang Panjang, Indonesia
  • Mega Cahya Dwi Lestari Pendidikan Islam Anak Usia Dini, STIT Diniyyah Puteri Rahmah El yunisiyyah Padang Panjang , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.787

Keywords:

Pengembangan Media Pembelajaran, E-Modul

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya modul yang berbentuk elektronik sebagai sumber bahan ajar. Untuk Sumber bahan ajar yang digunakan guru hanya powerpoint dan buku cetak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran E-Modul pada mata pelajaran Fikih yang telah teruji kelayakan oleh Ahli materi dan ahli media. Serta untuk mengetahui respon siswa terhadap E-Modul pada mata pelajaran Fikih. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, development, dan desseminate). Responden penelitian terdiri dari 3 orang ahli materi, 1 orang ahli media dan 32 siswa kelas VII D MTsN Padang Panjang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk menjaring data kualitas materi, data kualitas media dan data respon siswa. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, hasil validasi ahli materi secara keseluruhan termasuk kategori “Sangat Layak” dengan persentase skor sebesar 96 persen. Hasil validasi ahli media secara keseluruhan termasuk kategori “Sangat Layak” dengan persentase skor sebesar 94,52 persen. Hasil respon siswa terhadap media memperoleh skor sebesar 94,7 persen dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, media pembelajaran E-Modul pada Mata Pelajaran Fikih Materi Memahami Alat Bersuci dari Najis dan Hadas sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farahin Rachman Laraphaty, Nur et al. 2021. “Review: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL).” Inovasi Dan Tantangan Pembelajaran Serta Riset Biologi Berbasis Islami Di Era Pandemi: 145–56. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio.

Gulo, Safrinus, and Amin Otoni Harefa. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint.” Educativo: Jurnal Pendidikan 1(1): 291–99.

Hamdan Husein Batubara. 2021. Media Pembelajaran Digital. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kustandi, Cecep, and Daddy Darmawan. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah Dan Masyrakat. Jakarta: Kencana.

Lastri, Novti, Hamidah Afreini, and M. Haris Effendi. 2019. “Pengembangan E-Modul Berbasis Model Experiential Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk SMP Kelas VII.” Edu-Sains 8(2): 11–17.

Magdalena, Ina et al. 2021. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi.” EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains 3(2): 312–25. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.

Pramana, Made Wisnu Adi, I Nyoman Jampel, and Ketut Pudjawan. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning.” Jurnal Edutech Undiksha 8(2): 17.

Priyanthi, Kadek Aris, Ketut Angustini, and Gede Saindra Santyandiputra. 2017. “Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus : Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja).” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) 6(1): 40–49.

Puspitasari, Anggraini Diah. 2019. “Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA.” Jurnal Pendidikan Fisika 7(1): 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika.

Sestiya et al. 2020. “Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2020 Pengembangan Modul Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Eubacteria Di Sma/Ma.” : 83–89. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio.

Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media.

Slamet Triyono. 2021. Dinamika Penyusunan E-Modul. Jawa Barat: Penerbit Adab.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Tazkiyah, Amaliyah, Sulur Sulur, and Sahal Fawaiz. 2020. “Pengembangan Modul Elektronik Dengan Feedback Berbasis Android Materi Suhu Dan Kalor Untuk Siswa SMA/MA.” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 6(1): 31–38.

Yanindah, Alfebriyesi Tri Cahya, and Novisita Ratu. 2021. “Pengembangan E-Modul SUGAR Berbasis Android.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(1): 607–22.

Downloads

Published

2024-02-04

How to Cite

Sari, N. A., Hayati, S., Sartika, D., & Lestari, M. C. D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII MTsN Padang Panjang. Journal of Education Research, 5(1), 330–339. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.787

Issue

Section

Articles

Citation Check