Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII MTsN Padang Panjang
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.787Keywords:
Pengembangan Media Pembelajaran, E-ModulAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya modul yang berbentuk elektronik sebagai sumber bahan ajar. Untuk Sumber bahan ajar yang digunakan guru hanya powerpoint dan buku cetak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran E-Modul pada mata pelajaran Fikih yang telah teruji kelayakan oleh Ahli materi dan ahli media. Serta untuk mengetahui respon siswa terhadap E-Modul pada mata pelajaran Fikih. Penelitian ini menggunakan model pengembangan empat D yaitu define, design, development, dan desseminate. Responden penelitian terdiri dari tiga orang ahli materi, satu orang ahli media dan tiga puluh dua siswa kelas VII D MTsN Padang Panjang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk menjaring data kualitas materi, data kualitas media dan data respon siswa. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, hasil validasi ahli materi secara keseluruhan termasuk kategori Sangat Layak dengan persentase skor sebesar sembiln puluh enam persen persen. Hasil validasi ahli media secara keseluruhan termasuk kategori Sangat Layak. Hasil respon siswa terhadap media memperoleh kategori Sangat Baik. Dengan demikian, media pembelajaran E-Modul pada Mata Pelajaran Fikih Materi Memahami Alat Bersuci dari Najis dan Hadas sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Farahin Rachman Laraphaty, Nur et al. 2021. “Review: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL).” Inovasi Dan Tantangan Pembelajaran Serta Riset Biologi Berbasis Islami Di Era Pandemi: 145–56. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio.
Gulo, Safrinus, and Amin Otoni Harefa. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint.” Educativo: Jurnal Pendidikan 1(1): 291–99.
Hamdan Husein Batubara. 2021. Media Pembelajaran Digital. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kustandi, Cecep, and Daddy Darmawan. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah Dan Masyrakat. Jakarta: Kencana.
Lastri, Novti, Hamidah Afreini, and M. Haris Effendi. 2019. “Pengembangan E-Modul Berbasis Model Experiential Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk SMP Kelas VII.” Edu-Sains 8(2): 11–17.
Magdalena, Ina et al. 2021. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi.” EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains 3(2): 312–25. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.
Pramana, Made Wisnu Adi, I Nyoman Jampel, and Ketut Pudjawan. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning.” Jurnal Edutech Undiksha 8(2): 17.
Priyanthi, Kadek Aris, Ketut Angustini, and Gede Saindra Santyandiputra. 2017. “Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus : Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja).” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) 6(1): 40–49.
Puspitasari, Anggraini Diah. 2019. “Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA.” Jurnal Pendidikan Fisika 7(1): 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika.
Sestiya et al. 2020. “Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2020 Pengembangan Modul Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Eubacteria Di Sma/Ma.” : 83–89. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio.
Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media.
Slamet Triyono. 2021. Dinamika Penyusunan E-Modul. Jawa Barat: Penerbit Adab.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Tazkiyah, Amaliyah, Sulur Sulur, and Sahal Fawaiz. 2020. “Pengembangan Modul Elektronik Dengan Feedback Berbasis Android Materi Suhu Dan Kalor Untuk Siswa SMA/MA.” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 6(1): 31–38.
Yanindah, Alfebriyesi Tri Cahya, and Novisita Ratu. 2021. “Pengembangan E-Modul SUGAR Berbasis Android.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(1): 607–22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nia Andriani Sari, Syarifatul Hayati, Diana Sartika, Mega Cahya Dwi Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).