Teori Pendidikan Dan Aliran Filsafat Dalam Pembelajaran Bahasa Abad 21

Authors

  • Latif Latif Universitas Islam Riau (Mahasiswa S3 IKB Universitas Negeri Padang), Indonesia
  • M Zaim Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.779

Keywords:

Teori Pendidikan, Aliran Filsafat, Pembelajaran Bahasa, Abad 21, Abad 21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: teori pendidikan yang berpengaruh dalam pembelajaran bahasa abad dua puluh satu; aliran filsafat yang berpengaruh dalam pembelajaran bahasa abad dua puluh satu, dan desain pembelajaran bahasa abad dua puluh satu. Penelitian ini mengarahkan pendidik agar menggunakan teori pendidikan dan aliran filsafat dalam pembelajaran bahasa serta membantu peserta didik merancang pembelajaran bahasa abad dua puluh satu.  Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan  pendekatan deskriptif.  Jenis penelitian yang digunakan studi literatur narrative systemativ review. Hasil temuan penelitian ini masih terdapat  pendidik tidak meggunakan teori pendidikan dan aliran filsafat yang berpengaruh terhadap pembelajaran bahasa. Fakta di lapangan teknologi abad dua puluh satu sudah menjadi bagian dalam kehidupan tetapi tidak digunakan secara efektif dalam pembelajaran bahasa abad dua puluh satu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Saidul (2012). Filsafat Barat Abad 21. Pekanbaru: UIN Suska Riau Press

Budiningsih, C Asri (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fuady, Ahmad Syauqi dan Samsudin (2023). Pemikiran Pendidikan Muhammad Hatta dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Murrabbi: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman Vol 9 No 2

Indrawati, I Gusti Ayu Putu Tuti (2021). Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menurut Aliran Progresivisme. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar 23 November 2021

Muhajir, Nung (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi IV. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Murniyati (2021). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Skinner Dalam Pembelajaran Baca Tulis Alquran Di SD IT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 11 No 2

Nurdin dan Hasriadi (2020). Filsafat Ilmu. Kota Palopo: Kampus IAIN Palopo Press.

Nursikin, Mukh (2016). Aliran-aliran Filsafat Pendidikan dan Implementasinya Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Attarbiyah: Journal of Islamic Culture and Education Vol 1 No 2 Desember 2016

Priyanto, Dwi (2017). Implikasi Aliran Filsafat Pragmatisme Terhadap Praktik Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia Vol 1 No 2 Tahun 2017.

Renna, Hendrik Ryan Puan (2022). Konsep Pendidikan Menurut John Locke dan Relevansinya bagi Pendidikan Sekolah Dasar di Wilayah Pedalaman Papua. Jurnal Papeda Vol 4 No 1

Sani, R.A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Subadi, Tjipto (2006). Penelitian Kualitatif. Surakarta: UMS Press.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV Alphabeta.

Suhartono, Suparlan. (2009). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Thobroni (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Latif, L., & Zaim, M. (2023). Teori Pendidikan Dan Aliran Filsafat Dalam Pembelajaran Bahasa Abad 21. Journal of Education Research, 4(4), 2610–2617. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.779

Issue

Section

Articles

Citation Check