Teori Pendidikan Dan Aliran Filsafat Dalam Pembelajaran Bahasa Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.779Keywords:
Teori Pendidikan, Aliran Filsafat, Pembelajaran Bahasa, Abad 21, Abad 21Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: teori pendidikan yang berpengaruh dalam pembelajaran bahasa abad dua puluh satu; aliran filsafat yang berpengaruh dalam pembelajaran bahasa abad dua puluh satu, dan desain pembelajaran bahasa abad dua puluh satu. Penelitian ini mengarahkan pendidik agar menggunakan teori pendidikan dan aliran filsafat dalam pembelajaran bahasa serta membantu peserta didik merancang pembelajaran bahasa abad dua puluh satu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan studi literatur narrative systemativ review. Hasil temuan penelitian ini masih terdapat pendidik tidak meggunakan teori pendidikan dan aliran filsafat yang berpengaruh terhadap pembelajaran bahasa. Fakta di lapangan teknologi abad dua puluh satu sudah menjadi bagian dalam kehidupan tetapi tidak digunakan secara efektif dalam pembelajaran bahasa abad dua puluh satu.
Downloads
References
Amin, Saidul (2012). Filsafat Barat Abad 21. Pekanbaru: UIN Suska Riau Press
Budiningsih, C Asri (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fuady, Ahmad Syauqi dan Samsudin (2023). Pemikiran Pendidikan Muhammad Hatta dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Murrabbi: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman Vol 9 No 2
Indrawati, I Gusti Ayu Putu Tuti (2021). Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menurut Aliran Progresivisme. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unmas Denpasar 23 November 2021
Muhajir, Nung (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi IV. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Murniyati (2021). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Skinner Dalam Pembelajaran Baca Tulis Alquran Di SD IT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 11 No 2
Nurdin dan Hasriadi (2020). Filsafat Ilmu. Kota Palopo: Kampus IAIN Palopo Press.
Nursikin, Mukh (2016). Aliran-aliran Filsafat Pendidikan dan Implementasinya Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Attarbiyah: Journal of Islamic Culture and Education Vol 1 No 2 Desember 2016
Priyanto, Dwi (2017). Implikasi Aliran Filsafat Pragmatisme Terhadap Praktik Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia Vol 1 No 2 Tahun 2017.
Renna, Hendrik Ryan Puan (2022). Konsep Pendidikan Menurut John Locke dan Relevansinya bagi Pendidikan Sekolah Dasar di Wilayah Pedalaman Papua. Jurnal Papeda Vol 4 No 1
Sani, R.A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Subadi, Tjipto (2006). Penelitian Kualitatif. Surakarta: UMS Press.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV Alphabeta.
Suhartono, Suparlan. (2009). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Thobroni (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Latif Latif, M Zaim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).