Analisis Tentang Ragam Pendidikan Akhlak dalam Persfektif Islam
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.777Keywords:
Pendidikan, Akhlak, Persfektif, IslamAbstract
Islam menganjurkan pengambilan keputusan berdasarkan informasi dan menghindari kesalahan atau kelalaian, namun upaya mencapai kesempurnaan pada akhirnya bisa membuat seseorang menjadi tidak sabar terhadap orang lain. Sebab, pada akhirnya, setiap orang akan mempertanggungjawabkan dirinya sendiri, seberapapun baik atau buruknya perbuatannya. akhlak, hal tersebut merupakan suatu hal yang bias, yang harus ditafsirkan sesuai dengan norma yang terdapat dalam Al-Qur'an dan Sunnah Muhammad apakah pantas atau tidak perlu diikuti. Sedangkan tujuan akhlak sendiri adalah untuk mengetahui rasa kesetiaan yang kuat, untuk mengetahui keberpihakan dalam menunaikan amal ibadah, amal soleh, dan mulia akhlak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian studi pustaka. Penelitian studi pustaka, Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa akhlak itu bermacam-macam yaitu Akhlak Pada Pendidik, Akhlak Terhadap Peserta Didik, Akhlak Terhadap Berbangsa Dan Bernegara, Dalam Islam sendiri, akhlak sangatlah mendesak dalam kehidupan masyrakat, keberadaan akhlak sangat luas sebagai barometer moralitas, perbuatannya mencerminkan aspirasi orang yang melaksanakannya. Selain itu, akhlak merupakan simbol penderitaan dan kesusahan manusia karena tidak ada satu orang pun yang melampaui akhlak. Kemanusiaan tidak akan ada lagi selama Jiwa dan Tindakkannya terus menunjukkan hal-hal yang spesifik dan terukur.
Downloads
References
Ahmad Izzan dan Saehuddin. (2016).Tafsir Pendidikkan. Bandung : Humaniora
Athiyah Alabrasyi, Muhammad. (1974). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang
Al-Abrasyi Athiyah, Muhammad.(1987).Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam terj. Bustami
A. Ghani. Jakarta : Bulan Bintang
Daden Soepandi dan Andina Soepandi.(2021). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : Deepublish Diriwayatkan Al-Bukhari, Kitab Al –Iman, Bab Minal Iman an Yuhibba liakhihi ma Yuhibbu
Linafsihi, 13; Muslim, Kitab Al-Iman, Bab Ad-Dalil ala anna Min Khishal Al-Iman an Yudhibba Iiakhihi ma Yuhibbu Linafsihi minal khai
Fitria Dwi Cahyani, Fitria. (2021). Akidah Akhlak. Jombang : LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Hamka. (2020). Tafsir Al-Azhar.. Depok :Gema Insani
Ibnu Al-Jauzy. (1404). Zad Al-Mair. Juz 8. Beirut: Al-Maktab Al-Islami
Ilyas, Yunahar. (2000). Kuliah Akhlak Yogyakarta, LPPI
Jennah, Rodhatul dkk. (2021). Isu-Isu Dunia Islam Kontemporer. Yogyakarta: K Media
Khoirun Nasik, dkk. (2020). Kajian Akhlak. Malang : MNC Publishing
Kurniawan, Andri. (2023). Kebijakan Pendidikan. Padang : Global Eksekutif Teknologi
Kurniawan. Syamsyul. (2021). Isu-Isu Kontemporer Tentang Islam dan Pendidikan Islam. Kalimantan Barat : Ayunindya
Munir Amin, Samsul. (2016). Ilmu Akhlak. Jakarta : Bumi Aksara
Moelono, Djokosantoso.(2011). Beyond Leadership. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Nata, Abudin. (2014). Akhlak Tasawuf dan Karakter Jakarta: Rajawali Pers
Rifqi Hanif dan Abdul Khobir. (2013)Konsep Akhlak Peserta Didik dalam Mencari Ilmu Menurut Kiai Ahmad Sakhowi Amin. Forum Tarbiyah. Vol 11, No 1.
Samiun Jazuli, Ahzami (2006).Hijrah dalam Pandangan Alquran. Jakarta : Gema Insani
Syafril dan Zelhendri. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.2017. Depok : Pranata Media
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidkan Nasional. Bandung : Citra Umbara
Yusuf Al-Qaradhawi, Syaikh. (2017). Akhlak Islam. Jakarta : Pustaka Al-KautsarZainuddin,
Muhammad. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Nilai Pancasila dan Ahlusunnah Waljamaah. Jepara :UNISNU Press
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ira Wahyuni Parapat, Elida Saragih, Ainun Nur Hilmy Harahap, Ira Suryani, Sapri Sapri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).