Islamic Education in Q.S. Luqman Verses 12-19 and its Relevance With the Aim of Islamic Religious Education

Authors

  • Galih Latiano Universitas IsIam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Novan Ardy Wiyani Pascasarjana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.775

Abstract

Tujuan penelitian ini membahas materi pendidikan Islam dalam Q.S. Luqman ayat 12-19 dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif berdasarkan pendekatan pewahyuan Q.S Luqman Ayat 12-19. Penelitian ini memiliki dua jenis data yang disebut data primer dari Al-Quran dan tafsir Surah Luqman Ayat 12-19. Data sekunder diambil dari berbagai sumber tertulis seperti makalah, majalah, literatur pendidikan, dan beberapa sumber yang terkait erat dengan penelitian ini. Teknik analisis data dilakukan dengan mengolah, mengkategorikan, menafsirkan dan menarik kesimpulan. Mengacu pada pentingnya pendidikan Islam di Indonesia, maka perlu dikaji materi-materi yang harus dijadikan pedoman dan dasar pendidikan Islam. Materi pendidikan Islam adalah pengalaman belajar agama Islam yang disusun sedemikian rupa untuk disajikan atau disampaikan kepada siswa. Artikel ini menyimpulkan bahwa materi pendidikan Islam yang tercatat dalam Q.S. Luqman ayat 12-19 memiliki relevansi dengan tujuan pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd al-Qadir al-Raziy, Muhammad ibn Abi Bakr (2014). Mukhtar al-Shihah. Beirut, Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Al-maraghi, Ahmad Musthafa (2013). Tafsir Al-Maraghi, Terj. Anshori Umar Sitanggal, dkk. Semarang, Karya Toha Putra, cet. Ke-2.

al-Shabuniy, Muhammad Ali, t.t. Shafwat al-Tafasir, Jilid III. Beirut, Dar al-Fikr.

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V1i1.28

An-Nahlawi, Abdurrahman (2012). Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Bandung, C.V. Diponegoro.

Bagir, H. (2019). Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia: Meluruskan Kembali Falsafah Pendidikan Kita. Bandung: Mizan.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta, Balai Pustaka.

Djumransjah, Amrullah, Abdul Malik Karim (2017). Pendidikan Islam: Menggali Tradisi Meneguhkan Eksistensi. Malang, UIN-Malang Press.

Hafidz, Imad Zuhair (2020). Al-Qashash Al-Qur’aniy Bayna Al-Abai wa Al-Abnai. Beirut: Dar Al-Qalam, Cet. I.

Ibn Katsir, Abu al-Fida Isma’il., t.t. Tafsir Al-Qur’an al-Adhim, Juz III. Semarang, Toha Putra.

Ibn Zakariya, Ibn Faris (2014). Al-Maqayis fi al-Lughah. Beirut, Dar al-Fikr.

Iis Arifudin, (2021). Pengembangan Dan Pembaharuan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Di Indonesia: Gagasan Dan Implementasinya, al-Afkar, Journal for Islamic Studies Vol. 4, No. 2

Medhy Aginta Hidayat, (2012). Menggugat Modernisme, Mengenali Rentang Pemikiran Postmodernisme Jean Baudrillard (Yogyakarta: Jalasutra)

Muh. Yunus, (2020) “Integrasi Agama Dan Sains: Merespon Kelesuan Tradisi Ilmiah Di PTAI,” di Jurnal Insania, Vol. 19, No. 2, Juli, 291

Pamuji, S. (2023). Implementation of Academic Supervision through Islamic Religious Education Supervisors in Improving the Performance of Arabic Language Education Teachers at MTs Anwarul Hidayah. Journal of Modern Islamic Studies and Civilization, 2(01), 58–67. https://doi.org/10.59653/jmisc.v2i01.427

Pamuji, S., & Limei, S. (2023). The Managerial Competence Of The Madrasa Head In Improving Teacher Professionalism And Performance At Mi Al-Maarif Bojongsari, Cilacap District. Pengabdian: Jurnal Abdimas, 1(2), 66–74. https://doi.org/10.55849/abdimas.v1i2.158

Pamuji, S., & Nurfuadi. (2022). The Role of Madrasah Principal in Developing the Innovation of The Tahfidzul Qur’an Juz 30 Program. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 424–432. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.43279

Pamuji, S., & Wiyani, N. A. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Information and Communication Technology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 173–181. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.42726

Putri Nazma Maharani, (2018). Studi Integrasi Islam, Sains Dan Budaya Nusantara Di Madrasah Ibtidaiyah, Raushan Fikr Vol. 7 No. 2

Rokhimin (2018). Tafsir Tarbawi: Kajian Analisis dan Penerapan Ayat-Ayat Pendidikan. Yogyakarta, Penerbit Nusa Media.

Roqib, Muhamad (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta, PT. LKiS Printing Cemerlang.

Shihab, M. Quraisy (2022). Tafsir Al mishbah, Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Tangerang, Lentera Hati.

Sonedi, (2018). Strategi Pengembangan Manajemen Perguruan Tinggi Swasta, Anterior Jurnal, Volume 17 Issue 2

Thoha, Chabib, Zuhri, Saifuddin, Yahya, Syamsudin (2014). Metodologi Pengajaran Agama. Semarang, Pustaka Pelajar Offset.

Wardani Wardani, (2016) “Agenda Pengembangan Studi Islam Di Perguruan Tinggi: Mempertimbangkan Berbagai Tawaran Model Integrasi Ilmu,” Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 13, no. 2 :255–82.

Yiyin Isgandi, (2021). Model Integrasi Nilai Islam dan Sains, Journal KALIMAH.Vol. 19 No. 1

Zainuddin Syarif, (2019). Ma’had Internasional: Integrasi Agama- Sains Berbasis Moderasi Islam ISLAMIKA INSIDE: Jurnal Keislaman dan Humaniora Volume 5, Nomor 2.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Latiano, G., & Wiyani, N. A. (2024). Islamic Education in Q.S. Luqman Verses 12-19 and its Relevance With the Aim of Islamic Religious Education. Journal of Education Research, 5(1), 285–293. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.775

Issue

Section

Articles

Citation Check