Islamic Education in Q.S. Luqman Verses 12-19 and its Relevance With the Aim of Islamic Religious Education
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.775Abstract
Tujuan penelitian ini membahas materi pendidikan Islam dalam Q.S. Luqman ayat dua belas sampai sembilan belas dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif berdasarkan pendekatan pewahyuan Q.S Luqman Ayat dua belas sampai sembilan belas. Penelitian ini memiliki dua jenis data yang disebut data primer dari Al-Quran dan tafsir Surah Luqman Ayat dua belas sampai sembilan belas. Data sekunder diambil dari berbagai sumber tertulis seperti makalah, majalah, literatur pendidikan, dan beberapa sumber yang terkait erat dengan penelitian ini. Teknik analisis data dilakukan dengan mengolah, mengkategorikan, menafsirkan dan menarik kesimpulan. Mengacu pada pentingnya pendidikan Islam di Indonesia, maka perlu dikaji materi-materi yang harus dijadikan pedoman dan dasar pendidikan Islam. Materi pendidikan Islam adalah pengalaman belajar agama Islam yang disusun sedemikian rupa untuk disajikan atau disampaikan kepada siswa. Artikel ini menyimpulkan bahwa materi pendidikan Islam yang tercatat dalam Q.S. Luqman ayat dua belas sampai sembilan belas memiliki relevansi dengan tujuan pendidikan Islam.
Downloads
References
Abd al-Qadir al-Raziy, Muhammad ibn Abi Bakr (2014). Mukhtar al-Shihah. Beirut, Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Al-maraghi, Ahmad Musthafa (2013). Tafsir Al-Maraghi, Terj. Anshori Umar Sitanggal, dkk. Semarang, Karya Toha Putra, cet. Ke-2.
al-Shabuniy, Muhammad Ali, t.t. Shafwat al-Tafasir, Jilid III. Beirut, Dar al-Fikr.
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V1i1.28
An-Nahlawi, Abdurrahman (2012). Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Bandung, C.V. Diponegoro.
Bagir, H. (2019). Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia: Meluruskan Kembali Falsafah Pendidikan Kita. Bandung: Mizan.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta, Balai Pustaka.
Djumransjah, Amrullah, Abdul Malik Karim (2017). Pendidikan Islam: Menggali Tradisi Meneguhkan Eksistensi. Malang, UIN-Malang Press.
Hafidz, Imad Zuhair (2020). Al-Qashash Al-Qur’aniy Bayna Al-Abai wa Al-Abnai. Beirut: Dar Al-Qalam, Cet. I.
Ibn Katsir, Abu al-Fida Isma’il., t.t. Tafsir Al-Qur’an al-Adhim, Juz III. Semarang, Toha Putra.
Ibn Zakariya, Ibn Faris (2014). Al-Maqayis fi al-Lughah. Beirut, Dar al-Fikr.
Iis Arifudin, (2021). Pengembangan Dan Pembaharuan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Di Indonesia: Gagasan Dan Implementasinya, al-Afkar, Journal for Islamic Studies Vol. 4, No. 2
Medhy Aginta Hidayat, (2012). Menggugat Modernisme, Mengenali Rentang Pemikiran Postmodernisme Jean Baudrillard (Yogyakarta: Jalasutra)
Muh. Yunus, (2020) “Integrasi Agama Dan Sains: Merespon Kelesuan Tradisi Ilmiah Di PTAI,” di Jurnal Insania, Vol. 19, No. 2, Juli, 291
Pamuji, S. (2023). Implementation of Academic Supervision through Islamic Religious Education Supervisors in Improving the Performance of Arabic Language Education Teachers at MTs Anwarul Hidayah. Journal of Modern Islamic Studies and Civilization, 2(01), 58–67. https://doi.org/10.59653/jmisc.v2i01.427
Pamuji, S., & Limei, S. (2023). The Managerial Competence Of The Madrasa Head In Improving Teacher Professionalism And Performance At Mi Al-Maarif Bojongsari, Cilacap District. Pengabdian: Jurnal Abdimas, 1(2), 66–74. https://doi.org/10.55849/abdimas.v1i2.158
Pamuji, S., & Nurfuadi. (2022). The Role of Madrasah Principal in Developing the Innovation of The Tahfidzul Qur’an Juz 30 Program. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 424–432. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.43279
Pamuji, S., & Wiyani, N. A. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Information and Communication Technology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 173–181. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.42726
Putri Nazma Maharani, (2018). Studi Integrasi Islam, Sains Dan Budaya Nusantara Di Madrasah Ibtidaiyah, Raushan Fikr Vol. 7 No. 2
Rokhimin (2018). Tafsir Tarbawi: Kajian Analisis dan Penerapan Ayat-Ayat Pendidikan. Yogyakarta, Penerbit Nusa Media.
Roqib, Muhamad (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta, PT. LKiS Printing Cemerlang.
Shihab, M. Quraisy (2022). Tafsir Al mishbah, Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Tangerang, Lentera Hati.
Sonedi, (2018). Strategi Pengembangan Manajemen Perguruan Tinggi Swasta, Anterior Jurnal, Volume 17 Issue 2
Thoha, Chabib, Zuhri, Saifuddin, Yahya, Syamsudin (2014). Metodologi Pengajaran Agama. Semarang, Pustaka Pelajar Offset.
Wardani Wardani, (2016) “Agenda Pengembangan Studi Islam Di Perguruan Tinggi: Mempertimbangkan Berbagai Tawaran Model Integrasi Ilmu,” Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 13, no. 2 :255–82.
Yiyin Isgandi, (2021). Model Integrasi Nilai Islam dan Sains, Journal KALIMAH.Vol. 19 No. 1
Zainuddin Syarif, (2019). Ma’had Internasional: Integrasi Agama- Sains Berbasis Moderasi Islam ISLAMIKA INSIDE: Jurnal Keislaman dan Humaniora Volume 5, Nomor 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Galih Latiano, Novan Ardy Wiyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).