Epistemology of Early Childhood Education from The Montessori View

Authors

  • Fuadul Mustofa Pascasarjana PIAUD, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
  • Maemonah Maemonah Pascasarjana PIAUD, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.774

Abstract

Perkembangan anak pada usia TK memiliki perkembangan yang sangat pesat sehingga perkembangannya dapat melibatkan aspek pengetahuan, perasaan dan tindakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan epistemologi filsafat Montesori untuk anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur research deskripsi untuk menjelaskan epistemologi filsafat Montesori untuk anak usia dini. Hasil dalam penelitian ini dapat dilihat bahwa prinsip-prinsip Montessori berpusat pada penghormatan terhadap individualitas dan perkembangan anak-anak serta keyakinan bahwa anak-anak memiliki kapasitas alami untuk belajar dan berkembang. Metode Montessori juga menekankan kerja mandiri, di mana anak-anak diberi tanggung jawab untuk mengatur waktu dan kegiatan mereka. Penilaian dalam epistemologi Montessori lebih formatif dan berfokus pada perkembangan individu daripada perbandingan antara anak-anak. Pendekatan epistemologis Montessori untuk anak usia dini memberikan landasan yang kuat untuk mempromosikan eksplorasi, kreativitas, dan kemandirian dalam proses belajar anak-anak. Ini menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan kognitif, sosial, dan emosional yang seimbang. Dengan demikian, epistemologi Montessori menawarkan alternatif yang berarti dalam pendidikan anak usia dini yang berpusat pada perkembangan holistik anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfadil, Habibie, Pengenalan Aurat bagi Anak Usia Dini dalam Pandangan Islam, Jurnal Pendidikan: Early Childhood, Vol. 1 No 2, November 2017, e-issn2579-7190

ANNE E. GEORGE, The Montessori Method, ( New York: Frederick A. Stokes Company, 1912.)

Ars Eko Nursanty, Pedagogy Dalam Praktik, (Semarang: UNTAG PRESS 2023.

Erikson, Erik H. Childhood and Society, (London: Paladin Books, 1977)

Freud, Sigmun, Memperkenalkan Psiko analisa, op, cit, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006), hlm. Xxx

Freud, Sigmund. Mourning and Melancholi. The Standart Edition of The Complete Psychologycal Works of Sigmund Freud, Volume XIV (1914- 1916) : On the History of the Psycho-Analytic Movement, Papers on Metapsychology and Other Works. (Diterjemahkan oleh James Strachey). (London : The Hogart Press and The Institute of Psycho- Analysis, 1917).

Freud, Sigmund. Pengantar Umum Psikoanalisis, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006)

Goleman. Destructive Emotions: A Scientific Dialogue with the Dalai Lama, (Bantam Books, 2003)

Habibie, Alfadil. Pengenalan Aurat bagi Anak Usia Dini dalam Pandangan Islam, Jurnal Pendidikan: Early Childhood, Vol. 1 No 2, November 2017, e-issn2579-7190, hlm. 5

Inu Kencana Syafi’i. Al-Qur’an Adalah Filsafat. Jakarta: PT. Perca, 2003.

Jaka Siswanta, Pengembangan Karakter Kepribadian Anak Usia Dini (Studi Pada MI Terpadu Di Kabupaten Magelang Tahun 2015), Jurna Penelitian Keagamaan INFERENSI, Vol. 11, No. 1, 2017, DOI : http://dx.doi.org/10.18326/infsl3.v11i1.97-118 Jakarta, 2018)

Jamaris, Martini. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan (Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor, 2013)

Lickona, T. Character Matters (Persoalan Karakter) (Penerbit PT Bumi Aksara.

Machfudzlbawi. “Modus Dialog Di Perguruan Tinggi Islam” Dalam Amin Husnie Citra Kampus Religius Urgensi Dialog Konsep Teoritik Empirik Dengan Konsep Normatif Agama. Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1986.

Makki, Makki. “Epistemologi Pendidikan Islam: Memutus Dominasi Barat Terhadap Pendidikan Islam.” Al-Musannif 1, no. 2 (2019): 110–124.

Megawangi, Ratna. Pengembangan Program Pendidikan Karakter di Sekolah; Pengalaman Sekolah Karakter. (Jakarta: IHF, 2010)

Megawangi, Ratna. Pengembangan Program Pendidikan Karakter di Sekolah; Pengalaman Sekolah Karakter. (Jakarta: IHF, 2010)

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Rosdakarya, 2018)

Montesorri, Maria. (2008). The Absorbent Mind, terj. Dariyanto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Montesorri, Maria. (2013). Montessori Method, terj. Gerald Lee Gutek (ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Mufid, Fathul. Filsafat Ilmu Islam. Kudus: Buku Daros STAIN Kudus Press, 2008.

Muhadjir, Noeng. Filsafat Ilmu (Positivisme, Post Positivisme, Dan Post Modernisme). Yogyakarta: Reksadana, 2001.

Mulkhan, Abdul Munir. (1994). Runtuhnya Mitos Politik Santri, Yogyakarta: Sipress.

Mulyasa, H. E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nuryatno, M. Agus dan Najmuddin Muhammad, dalam Mahmud Arif. (2013). Antologi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar Islam. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Pamuji, S., & Limei, S. (2023). The Managerial Competence Of The Madrasa Head In Improving Teacher Professionalism And Performance At Mi Al-Maarif Bojongsari, Cilacap District. Pengabdian: Jurnal Abdimas, 1(2), 66–74. https://doi.org/10.55849/abdimas.v1i2.158

Pamuji, S., & Wiyani, N. A. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Information and Communication Technology. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 173–181. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.42726

Pamuji, S. (2023). Implementation of Academic Supervision through Islamic Religious Education Supervisors in Improving the Performance of Arabic Language Education Teachers at MTs Anwarul Hidayah. Journal of Modern Islamic Studies and Civilization, 2(01), 58–67. https://doi.org/10.59653/jmisc.v2i01.427

Pamuji, S., & Nurfuadi. (2022). The Role of Madrasah Principal in Developing the Innovation of The Tahfidzul Qur’an Juz 30 Program. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 424–432. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.43279

Prawira, Purwa Atmaja. (2012). Psikologi Umum Dengan Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.mor 2

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Mustofa, F., & Maemonah , M. (2024). Epistemology of Early Childhood Education from The Montessori View. Journal of Education Research, 5(1), 276–284. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.774

Issue

Section

Articles

Citation Check