Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres Pengasuhan pada Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.771Keywords:
Dukungan Sosial, Efikasi Diri, Resiliensi, Stres Pengasuhan, Anak Berkebutuhan KhususAbstract
Pengasuhan anak bukan tugas yang mudah untuk dilakukan sehingga dapat menimbulkan stres. Stres pengasuhan adalah situasi penuh tekanan yang terjadi pada pelaksanaan tugas pengasuhan anak yang dapat berdampak buruk bagi perkembangan anak terlebih anak berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial, efikasi diri, dan resiliensi terhadap stres pengasuhan pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Populasi penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Karawang. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sebanyak tiga ratus tiga puluh empat responden. Teknik pengumpulan data menggunakan empat skala yaitu Parental Stress Scale, Multidimensional Scale of Perceived Social Support, General Self-Efficacy Scale, The Connor-Davidson Resilience Scale. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh dukungan sosial, efikasi diri, dan resiliensi terhadap stres pengasuhan pada orang tua dengan anak berkebutuhan khusus.
Downloads
References
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (II ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Batool, Syeda. S., & Khursid, Sumaira. (2015). Factor Associated with Stress Among Parents of Children with Autism. Journal of The College of Physicians and Surgeons Pakistan. 25(10), 752-756
Bloomfield, L., & Kendal, K. (2012). Parenting self-efficacy, parenting stress and child behavior before and after a parenting programme. Primary Health Care Research & Development, 13, 364-372. Doi: 10.10.17/S1463423612000060.
Berry, J.O., & Jones, W. H. (1995) The parental stress scale: Initial psychometric evidence. Journal of Social and Personal Relationships, 12(3), 463-472. https://doi.org/10.1177/0265407595123009
Bandura A. (2005). Theories of Personality 6th Edition. The Mc Graw-Hill Companies.
Connor, K.M., & Davidson, J.R.T. (2003). Development of a New Resilience Scale The Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18:76-82.
Deater-Deckard, K. (2004). Parenting stress (Current perspectives in psychology). London: Yale University Press.
Desiningrum, R. D. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Depdiknas, 1–149
Fatimah, Siti. (2015). Pengaruh Parenting Self Efficacy dan Dukungan Sosial terhadap Parenting Stres Pada Orang Tua dengan Anak Berkebutuhan Kkusus. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Furqon, M. A. (2013). Dinamika Resiliensi Pada Janda. Retrieved from Etheses UIN Malang: http://etheses.uin-malang.ac.id/1749/1/09410177
Kumalasari, D., Gani, I. A., & Fourianalistyawati, E. (2020). Adaptasi dan Properti Psikometri Parental Stress Scale Versi Bahasa Indonesia. Jurnal Psikologi Ulayat, 9(2), 332-353. https://doi.org/10.24854/jpu527
Kusnadi, S.K., dkk. (2022). Dukungan Sosial dengan Stres Pengasuhan pada Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal on Teacher Education, 4(2), 1474-1483
Laksmita, O.D., Chung M-H., Liao Y-M., Chang P-C. (2020). Multidimensional Scale of Perceived Social Support in Indonesian Adolescent Disaster Survivor: A Psychometric Evaluation. PLoS ONE 15(3): e0229958. https://doi.org/10.1371/journal.pone. 022958
Lemeshow, S., Hosmer, D. W., Klar, J., & Lwanga, S. K. (1997). Adequacy of Sample Size in Health Studies. New York : John Willey && Sons
Lestari S. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Yogyakarta: Kencana
Louw, G. j., & Viviers, A. (2010). An evaluation of a psychososial stress and coping model. SA Journal of Industrial Psychology, 36(1).
Nafila, M. (2021). Hubungan regulasi diri dalam belajar dengan resiliensi akademik pada siswa kelas XII program akselerasi Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Malang. Retrieved from Etheses UIN Malang: http://etheses.uin-malang.ac.id/27795/
Novrianto, R., Marettih, A. K. E., & Wahyudi, H. (2019). Validitas konstruk instrumen general self efficacy scale versi Indonesia. Jurnal Psikologi, 15(1), 1. https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.6943
Papalia, D., & Feldman, R. (2017). Menyelami Perkembangan Manusia Edisi 12 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.
Paramitha, H., & Widiasavitri, P. N. (2018). Gambaran Kelekatan pada Remaja Akhir Putri di Panti Asuhan Tunas Bangsa. Jurnal Psikologi Udayana, Vol.5, No.2, 518-535.
Ramadhany S.D., Larasati TA., Soleha T.U. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat stres pengasuhan pada ibu yang memiliki anak tunagrahita di SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi. Jurnal Agromed Unila, Vol.4, No.2, 287-292.
Saputri, K. A., DYP., Sugiharto (2019). Hubungan Antara Self Efficacy dan Social Support dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Penyusunan Skripsi di FIP UNNES Tahun 2019. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Conseling, 4 (1).
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuminati, R., & Uyun Z. (2020). Hubungan antara resiliensi dan dukungan sosial dengan stres pengasuhan pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Yu, X., & Zhang, J. (2007). Factor Analysis And Psychometric Evaluation Of Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC) With Chinnese People. Social Behaviour And Personality, 35 (1), 19-30.
Zimet, G. D. (1988). The multi dimentional scale of preceived social support. Journal of personality assesment, 52(1), 30-41
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Puspa Rahayu Utami Rahman, Cempaka Putrie Dimala, Irwan Tourniawan, Regi Ramadan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).