Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres Pengasuhan pada Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Puspa Rahayu Utami Rahman Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
  • Cempaka Putrie Dimala Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
  • Irwan Tourniawan Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia
  • Regi Ramadan Universitas Buana Perjuangan Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.771

Keywords:

Dukungan Sosial, Efikasi Diri, Resiliensi, Stres Pengasuhan, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Pengasuhan anak bukan tugas yang mudah untuk dilakukan sehingga dapat menimbulkan stres. Stres pengasuhan adalah situasi penuh tekanan yang terjadi pada pelaksanaan tugas pengasuhan anak yang dapat berdampak buruk bagi perkembangan anak terlebih anak berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial, efikasi diri, dan resiliensi terhadap stres pengasuhan pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Populasi penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Karawang. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sebanyak 334 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan empat skala yaitu Parental Stress Scale (PSS), Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS), General Self-Efficacy Scale (GSES), The Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC). Hasil penelitian menunjukan nilai sig. 0,001 < 0,05 yaitu Ha diterima dan H0 ditolak, artinya ada pengaruh dukungan sosial, efikasi diri, dan resiliensi terhadap stres pengasuhan pada orang tua dengan anak berkebutuhan khusus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (II ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Batool, Syeda. S., & Khursid, Sumaira. (2015). Factor Associated with Stress Among Parents of Children with Autism. Journal of The College of Physicians and Surgeons Pakistan. 25(10), 752-756

Bloomfield, L., & Kendal, K. (2012). Parenting self-efficacy, parenting stress and child behavior before and after a parenting programme. Primary Health Care Research & Development, 13, 364-372. Doi: 10.10.17/S1463423612000060.

Berry, J.O., & Jones, W. H. (1995) The parental stress scale: Initial psychometric evidence. Journal of Social and Personal Relationships, 12(3), 463-472. https://doi.org/10.1177/0265407595123009

Bandura A. (2005). Theories of Personality 6th Edition. The Mc Graw-Hill Companies.

Connor, K.M., & Davidson, J.R.T. (2003). Development of a New Resilience Scale The Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18:76-82.

Deater-Deckard, K. (2004). Parenting stress (Current perspectives in psychology). London: Yale University Press.

Desiningrum, R. D. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Depdiknas, 1–149

Fatimah, Siti. (2015). Pengaruh Parenting Self Efficacy dan Dukungan Sosial terhadap Parenting Stres Pada Orang Tua dengan Anak Berkebutuhan Kkusus. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Furqon, M. A. (2013). Dinamika Resiliensi Pada Janda. Retrieved from Etheses UIN Malang: http://etheses.uin-malang.ac.id/1749/1/09410177

Kumalasari, D., Gani, I. A., & Fourianalistyawati, E. (2020). Adaptasi dan Properti Psikometri Parental Stress Scale Versi Bahasa Indonesia. Jurnal Psikologi Ulayat, 9(2), 332-353. https://doi.org/10.24854/jpu527

Kusnadi, S.K., dkk. (2022). Dukungan Sosial dengan Stres Pengasuhan pada Ibu yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal on Teacher Education, 4(2), 1474-1483

Laksmita, O.D., Chung M-H., Liao Y-M., Chang P-C. (2020). Multidimensional Scale of Perceived Social Support in Indonesian Adolescent Disaster Survivor: A Psychometric Evaluation. PLoS ONE 15(3): e0229958. https://doi.org/10.1371/journal.pone. 022958

Lemeshow, S., Hosmer, D. W., Klar, J., & Lwanga, S. K. (1997). Adequacy of Sample Size in Health Studies. New York : John Willey && Sons

Lestari S. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Yogyakarta: Kencana

Louw, G. j., & Viviers, A. (2010). An evaluation of a psychososial stress and coping model. SA Journal of Industrial Psychology, 36(1).

Nafila, M. (2021). Hubungan regulasi diri dalam belajar dengan resiliensi akademik pada siswa kelas XII program akselerasi Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Malang. Retrieved from Etheses UIN Malang: http://etheses.uin-malang.ac.id/27795/

Novrianto, R., Marettih, A. K. E., & Wahyudi, H. (2019). Validitas konstruk instrumen general self efficacy scale versi Indonesia. Jurnal Psikologi, 15(1), 1. https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.6943

Papalia, D., & Feldman, R. (2017). Menyelami Perkembangan Manusia Edisi 12 Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Paramitha, H., & Widiasavitri, P. N. (2018). Gambaran Kelekatan pada Remaja Akhir Putri di Panti Asuhan Tunas Bangsa. Jurnal Psikologi Udayana, Vol.5, No.2, 518-535.

Ramadhany S.D., Larasati TA., Soleha T.U. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat stres pengasuhan pada ibu yang memiliki anak tunagrahita di SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi. Jurnal Agromed Unila, Vol.4, No.2, 287-292.

Saputri, K. A., DYP., Sugiharto (2019). Hubungan Antara Self Efficacy dan Social Support dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Penyusunan Skripsi di FIP UNNES Tahun 2019. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Conseling, 4 (1).

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuminati, R., & Uyun Z. (2020). Hubungan antara resiliensi dan dukungan sosial dengan stres pengasuhan pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Yu, X., & Zhang, J. (2007). Factor Analysis And Psychometric Evaluation Of Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC) With Chinnese People. Social Behaviour And Personality, 35 (1), 19-30.

Zimet, G. D. (1988). The multi dimentional scale of preceived social support. Journal of personality assesment, 52(1), 30-41

Downloads

Published

2024-02-04

How to Cite

Rahman, P. R. U., Dimala, C. P., Tourniawan, I., & Ramadan, R. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres Pengasuhan pada Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus. Journal of Education Research, 5(1), 294–300. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.771

Issue

Section

Articles

Citation Check