Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.770Keywords:
Guru PAI, Karakter Religius Siswa, StrategiAbstract
Di era disrupsi Indonesia dihadapkan berbagai problematika yang rumit dan tidak kunjung selesai, terutama dalam ranah pendidikan diantaranya yaitu penurunan karakter religius siswa. Salah satunya ialah berkata kasar, tidak beradap dan lainnya. Baik kepada teman, bahkan guru dan orangtuanya. Hal seperti ini yang menyebabkan merosot nilai-nilai karakter religius yang tertanam dalam norma agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru Pai dalam meningkatkan karakter religius siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. dengan mengorganisasikan dan menyajikan data, dapat diambil kesimpulan yang memberikan gambaran rinci mengenai strategi yang digunakan untuk meningkatkan karakter religius siswa di sekolah. Hasil penelitian sebagai berikut: Dengan menerapkan strategi ekspositori pada Mts Azzaniyah satu pada guru pai, kita mampu meningkatkan pemahaman dan partisipasi siswa. Hal ini diwujudkan dengan meningkatkan minat dan kedisiplinan siswa melalui diskusi aktif. Kesimpulannya, metode ekspositori efektif dan relevan dalam konteks pembelajaran tokoh agama di sekolah. Penerapan strategi pembiasaan berikut oleh guru PAI MTs Azzainiyah I Randumerak membiasakan datang sekolah tepat waktu, disiplin, membiasakan tiga S yaitu senyum,sapa,salam, membiasakan membaca Surah Yasin dan Asmaul Husna. Memberikan rekomendasi dan teori pendidikan karakter keagamaan serta menegaskan komitmen sekolah dalam menciptakan lingkungan holistik yang mendukung pengembangan karakter siswa. Penggunaan strategi ekspositori dalam pembelajaran Pai di sekolah sejalan dengan konsep pembelajaran yang efektif dan sistematis, khususnya dalam hal penguatan karakter keagamaan siswa. Praktek lapangan secara umum mencerminkan kesesuaian yang baik antara teori dan implementasi strategi pembelajaran
Downloads
References
Sirojuddin, A., Ashlahuddin, A., & Aprilianto, A. (2022). Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intellegences di Pondok Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), Art. 1.
’Arnando, T. (2019). Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di Sma N 6 Seluma. Skripsi, 1–72.
Arifin, Z., Mansyur, M. H., Abidin, J., & Mukhtar, U. (2022). Pendidikan Dan Kesehatan Mental Bagi Remaja Dalam Persfektip Islam. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 188–194. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1918
Assingkily, M. S., Heriadi, H., & Utara, S. A. L. (2022). Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Anak Bunayya : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. III(4), 303–315.
Buchari, A., & Saleh, E. M. (2017). Merancang Pengembangan Madrasah Unggul. Journal of Islamic Education Policy, 1(2), 95–112. https://doi.org/10.30984/j.v1i2.429
Burhanuddin, H. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al Qur’an. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.36840/alaufa.v1i1.217
Daheri, M., & Warsah, I. (2019). Pendidikan Akhlak: Relasi Antara Sekolah Dengan Keluarga. At-Turats, 13(1), 3. https://doi.org/10.24260/at-turats.v13i1.1285
Dahlia, Atsani, K. L. G. M. Z., & Nasri, U. (2022). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 99–104.
Fathoni, T. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Agama Islam Orang Tua Terhadap Karakter Religius Peserta Didik. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Fathoni, T. (2022). Strategi Komunikasi dalam Pembinaan Akhlak Santri Madrasah Diniah Imaaniyyah Bedingin Sambit Ponorogo. Journal of Communication Studies, 2(2), 120–130.
Guru, P., Era, D. I., Dalam, U., Mutu, M., & Pendidikan, L. (n.d.). PROFESIONALISME GURU DI ERA DIGITAL ; UPAYA DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN. 2(November 2022), 712–731.
Hakim, D. A. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam melalui Metode Pembiasaan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 1(12), 1231–1251. https://doi.org/10.36418/comserva.v1i12.197
Hasanah, F., & Munif, M. (2023). GLOBAL EDUCATION Implementasi Pendidikan Karakter pada Sekolah Berbasis Pesantren ( Studi Kasus di MA Nurul Jadid Paiton dan MA Bustanul Faizin
Inco, B., & Rofiq, M. H. (2022). Chalim Journal of Teaching and Learning Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Religius. 2, 35–44. https://doi.org/10.31538
Islam, J. K., Napitupulu, D. S., & Situmorang, H. B. (2022). AL-QALAM AL-QALAM. 2, 92–97.
Kusoy Anwarudin, G. S. A. (2022). Penerapan Fungsi Psikologi Pembelajaran Dalam Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Pada Era Merdeka Belajar. 11(1), 1327–1336. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2919
Lubis, N. A., & Murniyetti, M. (2023). Strategi Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMA Negeri Binsus Dumai. Islamika, 5(3), 913–924. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i3.3285
Maghfiroh, D., & Aisyah, N. (2023). GLOBAL EDUCATION Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Religius. 1(4), 415–429.
Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549
Muhammad Fahri, N. M. S. (2019). Staregi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di Smp Negeri 14 Bogor. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 4(2), 537–542. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v4i2.335
Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. Fondatia, 5(2), 163–179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1409
Musthofiyah, A. N., & Sholihah, H. (2019). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Anak Inklusi Di Sd Hj Isriati Baiturahman 1 Semarang Tahun 2018. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 11. https://doi.org/10.30659/jspi.v2i2.5148
Nababan, D., & Mika, P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 792–800.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
Rahmawati, A. Y. (2020). Landasan Teori. Pengertian Strategi. July, 1–23.
Sabaria. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Sebagai Pengembangan Motivasi Belajar Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Ix Di Smp Negeri 2 Seko. 2–79.
Safriadi. (2017). Prosedur Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Ekspositori. Jurnal MUDARRISUNA, 7(1), 62.
Sahuri, M. S. (2022). A Strategi Guru PAI Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di SMP Al Baitul Amien Jember. IJIT: Indonesian Journal of Islamic Teaching, 5(2), 205–218. https://doi.org/10.35719/ijit.v5i2.1555
Samsudin, S. (2021). Strategi Pembelajaran Ekspositori Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 29–35. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.759
Sirojuddin, A., Amirullah, K., Rofiq, M. H., Kartiko, A., Tarbiyah, F., Pesantren, I., Abdul, K. H., Pacet, C., & Indonesia, M. (2022). DARUSSALAM PACET MOJOKERTO. 3(1), 19–33.
Sumiati, S. (2018). Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 145–164. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1599
Taufik, M. I., Latipah, S., & ... (2023). Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Pelajaran PAI di SMP Vijaya Kusuma Kota Bandung. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 209–224. http://ojsnew2023.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/permata/article/view/1213
Warsah, I. (2018). Pendidikan Keimanan Sebagai Basis Kecerdasan Sosial Peserta Didik: Telaah Psikologi Islami. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.19109/psikis.v4i1.2156
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nur Aisyah, Nada Fitriyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).