Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa

Authors

  • Nur Aisyah Universitas Nurul Jadid, Indonesia
  • Nada Fitriyah Universitas Nurul Jadid , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.770

Keywords:

Guru PAI, Karakter Religius Siswa, Strategi

Abstract

Di era disrupsi Indonesia dihadapkan berbagai problematika yang rumit dan tidak kunjung selesai, terutama dalam ranah pendidikan diantaranya yaitu penurunan karakter religius siswa. Salah satunya ialah berkata kasar, tidak beradap dan lainnya. Baik kepada teman, bahkan guru dan orangtuanya. Hal seperti ini yang menyebabkan merosot nilai-nilai karakter religius yang tertanam dalam norma agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru Pai dalam meningkatkan karakter religius siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. dengan mengorganisasikan dan menyajikan data, dapat diambil kesimpulan yang memberikan gambaran rinci mengenai strategi yang digunakan untuk meningkatkan karakter religius siswa di sekolah. Hasil penelitian sebagai berikut: a) Dengan menerapkan strategi ekspositori pada Mts Azzaniyah 1 pada guru pai, kita mampu meningkatkan pemahaman dan partisipasi siswa. Hal ini diwujudkan dengan meningkatkan minat dan kedisiplinan siswa melalui diskusi aktif. Kesimpulannya, metode ekspositori efektif dan relevan dalam konteks pembelajaran tokoh agama di sekolah. b) Penerapan strategi pembiasaan berikut oleh guru PAI  MTs Azzainiyah I Randumerak membiasakan datang sekolah tepat waktu, disiplin, membiasakan 3S (senyum,sapa,salam), membiasakan membaca Surah Yasin dan Asmaul Husna. Memberikan rekomendasi dan teori pendidikan karakter keagamaan serta menegaskan komitmen sekolah dalam menciptakan lingkungan holistik yang mendukung pengembangan karakter siswa. c) Penggunaan strategi ekspositori dalam pembelajaran Pai di sekolah  sejalan dengan konsep pembelajaran yang efektif dan sistematis, khususnya dalam hal penguatan karakter keagamaan siswa. Praktek lapangan secara umum mencerminkan kesesuaian yang baik antara teori dan implementasi strategi pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sirojuddin, A., Ashlahuddin, A., & Aprilianto, A. (2022). Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intellegences di Pondok Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), Art. 1.

’Arnando, T. (2019). Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di Sma N 6 Seluma. Skripsi, 1–72.

Arifin, Z., Mansyur, M. H., Abidin, J., & Mukhtar, U. (2022). Pendidikan Dan Kesehatan Mental Bagi Remaja Dalam Persfektip Islam. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 188–194. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1918

Assingkily, M. S., Heriadi, H., & Utara, S. A. L. (2022). Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Anak Bunayya : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. III(4), 303–315.

Buchari, A., & Saleh, E. M. (2017). Merancang Pengembangan Madrasah Unggul. Journal of Islamic Education Policy, 1(2), 95–112. https://doi.org/10.30984/j.v1i2.429

Burhanuddin, H. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al Qur’an. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.36840/alaufa.v1i1.217

Daheri, M., & Warsah, I. (2019). Pendidikan Akhlak: Relasi Antara Sekolah Dengan Keluarga. At-Turats, 13(1), 3. https://doi.org/10.24260/at-turats.v13i1.1285

Dahlia, Atsani, K. L. G. M. Z., & Nasri, U. (2022). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 99–104.

Fathoni, T. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Agama Islam Orang Tua Terhadap Karakter Religius Peserta Didik. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Fathoni, T. (2022). Strategi Komunikasi dalam Pembinaan Akhlak Santri Madrasah Diniah Imaaniyyah Bedingin Sambit Ponorogo. Journal of Communication Studies, 2(2), 120–130.

Guru, P., Era, D. I., Dalam, U., Mutu, M., & Pendidikan, L. (n.d.). PROFESIONALISME GURU DI ERA DIGITAL ; UPAYA DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN. 2(November 2022), 712–731.

Hakim, D. A. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam melalui Metode Pembiasaan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 1(12), 1231–1251. https://doi.org/10.36418/comserva.v1i12.197

Hasanah, F., & Munif, M. (2023). GLOBAL EDUCATION Implementasi Pendidikan Karakter pada Sekolah Berbasis Pesantren ( Studi Kasus di MA Nurul Jadid Paiton dan MA Bustanul Faizin

Inco, B., & Rofiq, M. H. (2022). Chalim Journal of Teaching and Learning Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Religius. 2, 35–44. https://doi.org/10.31538

Islam, J. K., Napitupulu, D. S., & Situmorang, H. B. (2022). AL-QALAM AL-QALAM. 2, 92–97.

Kusoy Anwarudin, G. S. A. (2022). Penerapan Fungsi Psikologi Pembelajaran Dalam Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Pada Era Merdeka Belajar. 11(1), 1327–1336. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2919

Lubis, N. A., & Murniyetti, M. (2023). Strategi Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMA Negeri Binsus Dumai. Islamika, 5(3), 913–924. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i3.3285

Maghfiroh, D., & Aisyah, N. (2023). GLOBAL EDUCATION Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Religius. 1(4), 415–429.

Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549

Muhammad Fahri, N. M. S. (2019). Staregi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di Smp Negeri 14 Bogor. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 4(2), 537–542. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v4i2.335

Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. Fondatia, 5(2), 163–179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1409

Musthofiyah, A. N., & Sholihah, H. (2019). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Anak Inklusi Di Sd Hj Isriati Baiturahman 1 Semarang Tahun 2018. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 11. https://doi.org/10.30659/jspi.v2i2.5148

Nababan, D., & Mika, P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 792–800.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Rahmawati, A. Y. (2020). Landasan Teori. Pengertian Strategi. July, 1–23.

Sabaria. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Sebagai Pengembangan Motivasi Belajar Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Ix Di Smp Negeri 2 Seko. 2–79.

Safriadi. (2017). Prosedur Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Ekspositori. Jurnal MUDARRISUNA, 7(1), 62.

Sahuri, M. S. (2022). A Strategi Guru PAI Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di SMP Al Baitul Amien Jember. IJIT: Indonesian Journal of Islamic Teaching, 5(2), 205–218. https://doi.org/10.35719/ijit.v5i2.1555

Samsudin, S. (2021). Strategi Pembelajaran Ekspositori Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Multikultural. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 29–35. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.759

Sirojuddin, A., Amirullah, K., Rofiq, M. H., Kartiko, A., Tarbiyah, F., Pesantren, I., Abdul, K. H., Pacet, C., & Indonesia, M. (2022). DARUSSALAM PACET MOJOKERTO. 3(1), 19–33.

Sumiati, S. (2018). Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 145–164. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1599

Taufik, M. I., Latipah, S., & ... (2023). Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Pelajaran PAI di SMP Vijaya Kusuma Kota Bandung. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 209–224. http://ojsnew2023.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/permata/article/view/1213

Warsah, I. (2018). Pendidikan Keimanan Sebagai Basis Kecerdasan Sosial Peserta Didik: Telaah Psikologi Islami. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.19109/psikis.v4i1.2156

Downloads

Published

2024-02-04

How to Cite

Aisyah, N., & Fitriyah, N. (2024). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa . Journal of Education Research, 5(1), 301–313. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.770

Issue

Section

Articles

Citation Check