Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Materi Bentuk Pecahan

Authors

  • Indah Rahmawati Sekolah Dasar Negeri Ploso, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.77

Keywords:

problem based learning, keterampilan berpikir kritis, matematika, HOTS

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV dalam materi bentuk pecahan dengan model pembelajaran problem based learning. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan campuran kuantitatif dan kualitatif berorientasi HOTS memasukkan keterampilan abad dua puluh satu, terutama keterampilan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ploso sejumlah dua puluh tujuh orang. Teknik analisis data diambil dari hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal. hasil penelitian tersebut, model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Ploso dalam materi bentuk pecahan ditandai dengan kenaikan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, I. D. G., Suardana, I. N., & Rapi, N. K. (2022). E-Modul IPA dengan Model STEM-PjBL Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 120. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.42657

Ani Widayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93.

Ariansyah, K. (2017). Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Liwa Lampung Barat. Skripsi, 1, 10. https://www.zonareferensi.com/pengertian-hasil-belajar/

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamromi, Z. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan, 1–87.

Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999–1015.

Iknatius. (2017). Biolearning Journal. Identifikasi Anatomi Tumbuhan, 8(2), 50–55.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. 4, 147–173.

Kiswara, A. B., Murwaningsi, T., & Susantiningrum. (2019). Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis HOTS Pada Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 123(4), 46–52.

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Maghfiroh, Y., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 272–281. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.997

Nanda Afrita Hagi, Henny Dewi Koeswanti, E. H. R. (2019). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 3(4), 53–59.

Nurdiansyah, dan Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Pgmi Umsida, 1, 1–8.

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Redhana, I. W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(1), 76–86.

Reta, I. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1), 1–17.

Sitorus, R. A. (2016). Tantangan Dan Harapan Pendidikan Kejuruan Di Indonesia Dalam Mewujudkan Sekolah Menengah Kejuruan Yang Memiliki Daya Saing Ketenagakerjaan. Sistem Informasi UKM, September, 1–20. http://simposium.gtk.kemdikbud.go.id/karya/files/tendik_1/RITAANDRIANISITORUS,S.Sos_16112016004200.pdf

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Rahmawati, I. . (2022). Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Materi Bentuk Pecahan . Journal of Education Research, 3(2), 62–70. https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.77

Issue

Section

Articles

Citation Check