Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Memenuhi Kebutuhan IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja)

Authors

  • Wawan Hermawan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Islam Nusantara, Indonesia, Indonesia
  • Paojan Zam’an PKBM Masagi Edupreuner, Indonesia , Indonesia
  • Reny Jabar Badan Narkotika Nasional, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.769

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi manajemen kurikulum dalam memenuhi kebutuhan industri dunia usaha dan dunia kerja, dengan studi kasus pada Prodi Sekretaris ASM Ariyanti di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus berpendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan analisis dokumen. Hasil kajian pustaka menunjukkan bahwa manajemen kurikulum yang efektif memainkan peran penting dalam memastikan responsivitas terhadap perubahan dalam dunia usaha dan dunia kerja yang cepat berkembang. Implementasi manajemen kurikulum yang baik harus mampu mengakomodasi perubahan teknologi, tuntutan pasar kerja, dan memastikan lulusan memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri. Penelitian ini memberikan pengetahuan tentang teknik Prodi Sekretaris ASM Ariyanti dalam mengelola implementasi manajemen kurikulum dan sejauh mana kurikulum responsif terhadap kebutuhan industri dan dunia kerja. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi perguruan tinggi serupa dalam meningkatkan manajemen kurikulum mereka dan memastikan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja yang dinamis dan berubah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, N. (2021). Manajemen Kurikulum Pembelajaran PAI. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 129–143. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v1i2.10

Andini, G. T. (2019). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2), 42–52. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5008

Arif Nurfadli, L. & R. P. (2020). Analisis Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan kepada Siswa menggunakan Metode CSI dan SERVQUAL. Analisis Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan Kepada Siswa Menggunakan Metode CSI Dan SERVQUAL, 300–306. https://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/1250%0Ahttps://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/viewFile/1250/1013

Azizi, H. M. (2019). Analisis Servqual Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Barang Pada PT. Buah Candra Dewi. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, 1–17. http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6358

Cahyanti, S. D., Indriayu, M., & Sudarno. (2018). Implementasi Program Link and Match dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri pada Lulusan Pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta. Pendidikan Bisnis Dan Ekonomo, 4(1), 23–26. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/12143

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. April, 1–6.

Deviana, D., Suyoto, S., Mahjudin, M., & Permana, F. A. (2021). Analisis Mutu Pelayanan Pendidikan Dengan Model Service Quality. Jurnal Riset Entrepreneurship, 4(1), 19. https://doi.org/10.30587/jre.v4i1.2281

Disas, E. P. (2018). Link and Match sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan Link and Match as a Vocational Education Policy. Jurnal Penelitian Pendidikan, 231–242.

Firman, M., Ginanjar, H., & Nugraha, D. (2022). Pengaruh Disiplin Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Glenindo Citra Abadi Di Jakarta. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(2), 161. https://doi.org/10.32493/jee.v4i2.17114

Hakim, A., & Herlina, N. H. (2018). Manajemen Kurikulum Terpadu di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 111. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.157

Hamidah, A. Z., Warisno, A., & Hidayah, N. (2021). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(02), 1–15. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/88

Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113

Juliati, J., Firman, M., & Nugraha, D. (2018). Improving Mathematical Communication Capabilities By Realistic Mathematics Approach. (Jiml) Journal of Innovative Mathematics Learning, 1(3), 338. https://doi.org/10.22460/jiml.v1i3.p338-344

Katuuk, D. A. (2014). Manajemen Implementasi Kurikulum: Strategi Penguatanimplementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 13–26. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1858

Kriswandari, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan the Factors That Influenced Consumer Satisfaction of. Jurnal Managemen Dan Bianis Universitas Bandar Lampung, 1–15.

Moleong, J. L. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. 32–36.

Nugraha, D. (2023). Pengaruh metode simulasi demonstrasi terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Pena Edukasi, 10(1), 1–8.

Samsidar, S. (2017). Manajemen Pemberdayaan Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 1(1), 56–77. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.106

Sirojuddin, A., Ashlahuddin, A., & Aprilianto, A. (2022). Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intellegences di Pondok Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.143

Suryana, Y., & Ismi, F. M. (2019). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 257–266. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6026

Syahlan, F., & Nugraha, D. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Prestasi Belajar Mahasiswa. Journal of Education and Culture, 53(9), 1689–1699.

Syam, A. R. (2017). Posisi Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan. MUADDIB:Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(1), 33–46. https://doi.org/10.24269/muaddib.v7n1.2017.33-46

Triwoelandari, R., Fahri, M., Journal, A., Elementary, O., & Giarti, S. (2018). MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN SD SOLIHUDDIN SCHOOL THAILAND Noerlitasari, Retno Triwoelandari, Muhammad Fahri. Satya Widya, 32(2), 117.

Y Septiani, E Arribe, R. D. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurbab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), 131–143.

Yuhasnil, Y. (2020). Manajemen Kurikulum dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 214–221. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.1580

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Hermawan, W., Zam’an, P., & Jabar, R. (2024). Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Memenuhi Kebutuhan IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja). Journal of Education Research, 5(1), 248–255. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.769

Issue

Section

Articles

Citation Check