Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Memenuhi Kebutuhan IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja)
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.769Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi manajemen kurikulum dalam memenuhi kebutuhan industri dunia usaha dan dunia kerja, dengan studi kasus pada Prodi Sekretaris ASM Ariyanti di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus berpendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan analisis dokumen. Hasil kajian pustaka menunjukkan bahwa manajemen kurikulum yang efektif memainkan peran penting dalam memastikan responsivitas terhadap perubahan dalam dunia usaha dan dunia kerja yang cepat berkembang. Implementasi manajemen kurikulum yang baik harus mampu mengakomodasi perubahan teknologi, tuntutan pasar kerja, dan memastikan lulusan memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri. Penelitian ini memberikan pengetahuan tentang teknik Prodi Sekretaris ASM Ariyanti dalam mengelola implementasi manajemen kurikulum dan sejauh mana kurikulum responsif terhadap kebutuhan industri dan dunia kerja. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi perguruan tinggi serupa dalam meningkatkan manajemen kurikulum mereka dan memastikan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja yang dinamis dan berubah.
Downloads
References
Anam, N. (2021). Manajemen Kurikulum Pembelajaran PAI. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 129–143. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v1i2.10
Andini, G. T. (2019). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2), 42–52. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5008
Arif Nurfadli, L. & R. P. (2020). Analisis Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan kepada Siswa menggunakan Metode CSI dan SERVQUAL. Analisis Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan Kepada Siswa Menggunakan Metode CSI Dan SERVQUAL, 300–306. https://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/1250%0Ahttps://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/viewFile/1250/1013
Azizi, H. M. (2019). Analisis Servqual Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Barang Pada PT. Buah Candra Dewi. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, 1–17. http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6358
Cahyanti, S. D., Indriayu, M., & Sudarno. (2018). Implementasi Program Link and Match dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri pada Lulusan Pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta. Pendidikan Bisnis Dan Ekonomo, 4(1), 23–26. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/12143
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. April, 1–6.
Deviana, D., Suyoto, S., Mahjudin, M., & Permana, F. A. (2021). Analisis Mutu Pelayanan Pendidikan Dengan Model Service Quality. Jurnal Riset Entrepreneurship, 4(1), 19. https://doi.org/10.30587/jre.v4i1.2281
Disas, E. P. (2018). Link and Match sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan Link and Match as a Vocational Education Policy. Jurnal Penelitian Pendidikan, 231–242.
Firman, M., Ginanjar, H., & Nugraha, D. (2022). Pengaruh Disiplin Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Glenindo Citra Abadi Di Jakarta. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(2), 161. https://doi.org/10.32493/jee.v4i2.17114
Hakim, A., & Herlina, N. H. (2018). Manajemen Kurikulum Terpadu di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 111. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.157
Hamidah, A. Z., Warisno, A., & Hidayah, N. (2021). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(02), 1–15. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/88
Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113
Juliati, J., Firman, M., & Nugraha, D. (2018). Improving Mathematical Communication Capabilities By Realistic Mathematics Approach. (Jiml) Journal of Innovative Mathematics Learning, 1(3), 338. https://doi.org/10.22460/jiml.v1i3.p338-344
Katuuk, D. A. (2014). Manajemen Implementasi Kurikulum: Strategi Penguatanimplementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 13–26. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1858
Kriswandari, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan the Factors That Influenced Consumer Satisfaction of. Jurnal Managemen Dan Bianis Universitas Bandar Lampung, 1–15.
Moleong, J. L. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. 32–36.
Nugraha, D. (2023). Pengaruh metode simulasi demonstrasi terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Pena Edukasi, 10(1), 1–8.
Samsidar, S. (2017). Manajemen Pemberdayaan Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 1(1), 56–77. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.106
Sirojuddin, A., Ashlahuddin, A., & Aprilianto, A. (2022). Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intellegences di Pondok Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.143
Suryana, Y., & Ismi, F. M. (2019). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 257–266. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6026
Syahlan, F., & Nugraha, D. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Prestasi Belajar Mahasiswa. Journal of Education and Culture, 53(9), 1689–1699.
Syam, A. R. (2017). Posisi Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan. MUADDIB:Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(1), 33–46. https://doi.org/10.24269/muaddib.v7n1.2017.33-46
Triwoelandari, R., Fahri, M., Journal, A., Elementary, O., & Giarti, S. (2018). MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN SD SOLIHUDDIN SCHOOL THAILAND Noerlitasari, Retno Triwoelandari, Muhammad Fahri. Satya Widya, 32(2), 117.
Y Septiani, E Arribe, R. D. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurbab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), 131–143.
Yuhasnil, Y. (2020). Manajemen Kurikulum dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 214–221. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.1580
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Wawan Hermawan, Paojan Zam’an, Reny Jabar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).