Pemikiran Rasionalisme: Tinjauan Epistemologi terhadap Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Manusia

Authors

  • Karimaliana Karimaliana Universitas Negeri padang, Indonesia
  • M Zaim Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Harris Effendi Thahar Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.768

Keywords:

Pemikiran, Rasionalisme, Epistomologi, Ilmu Pendidikan , Pengetahuan Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan epistemologis terhadap dasar-dasar ilmu pengetahuan manusia melalui perspektif pemikiran rasionalisme. Rasionalisme, sebagai salah satu aliran pemikiran dalam filsafat, menekankan penggunaan akal budi dan deduksi sebagai sarana utama untuk memperoleh pengetahuan yang sahih. Dalam kajian ini, peneliti menggali akar pemikiran rasionalisme, memahami konsep-konsep kunci seperti ide, deduksi, dan pengetahuan apriori yang menjadi pondasi bagi epistemologi rasionalisme. Metode Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan mengumpulkan data dari sumber kepustakaan. Sumber kepustakaan yang digunakan terdiri dari sumber primer dan sekunder. Sumber primer terdiri dari buku-buku dalam bidang filsafat ilmu, sedangkan sumber sekunder terdiri dari artikel-artikel jurnal yang berkaitan dengan topik penelitian dan memberikan pemetaan kerangka sumber ilmu pengetahuan. Untuk sampai pada kesimpulan, hasil data dianalisis (Darmalaksana, 2020). Hasil ditemukan melalui proses sistematis kerangka ilmu pengetahuan. Metode penelitian ini melibatkan analisis kritis terhadap karya-karya tokoh-tokoh rasionalisme klasik seperti René Descartes, Baruch Spinoza, dan Gottfried Wilhelm Leibniz. Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi perkembangan pemikiran rasionalisme dalam konteks sejarah perkembangan ilmu pengetahuan manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasionalisme memberikan kontribusi signifikan dalam membentuk dasar-dasar ilmu pengetahuan manusia. Penggunaan akal budi sebagai alat utama dalam mencapai kebenaran memiliki dampak yang mendalam pada perkembangan epistemologi dan metodologi ilmiah. Meskipun rasionalisme mengalami tantangan dan kritik dari aliran pemikiran lain seperti empirisme, kontribusinya tetap relevan dalam memahami sumber, validitas, dan batasan pengetahuan manusia. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang peran rasionalisme dalam pembentukan dasar-dasar ilmu pengetahuan manusia, serta memicu diskusi lebih lanjut tentang dinamika hubungan antara akal budi dan pengalaman empiris dalam mengembangkan pengetahuan yang komprehensif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrah, M. N., & Radiana, U. (2022). Filsafat Rasionalisme Sebagai Dasar Ilmu Pengetahuan. Jurnal Filsafat Indonesia, 5.

Arsi, A., Ode, W., Fail, N., Pembimbing, D., & Sainuddin, I. H. (n.d.-a). FILSAFAT RASIONALISME.

Arifandy, M. (2018). Perbandingan Epistimologi Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan Menurut Islam dan Barat.

Fikri, M., & Negeri Walisongo Semarang Abstrak, I. (2018). Rasionalisme Descartes dan Implikasinya Terhadap Pemikiran Pembaharuan Islam Muhammad Abduh Descartes’s rationalism and its implications for the Islamic Renewal Thought of Muhammad Abduh. 3(2).

Faizi, N. (2023). Metodologi Pemikiran Rene Descartes (Rasionalisme) Dan David Hume (Empirisme) Dalam Pendidikan Islam. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(3), 1007-1020.

Hayati, R., Marzuki, M., Fachrurazi, F., Karim, A., Pratiwi, S. H., & Dewi, R. (2023). PENERAPAN FILSAFAT PENDIDIKAN OLEH TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 10(1, April), 35-48.

Hapipah, R. (2022). Implementasi Pemikiran Filsuf pada Rasionalisme, Empirisme, dan Pendidikan IPS. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 269-279.

Sumantri ,S, Jujun.2003. Filsafat ilmu , Sebuah Pengantar Populer. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Kurniawan, F. (2019). Pengembangan Teori Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Jawwad Ridla (Religius Konservatif, Religius Rasional, Pragmatis Instrumental). At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 223-242.

Masykur, F. (2019). Metode Dalam Mencari Pengetahuan: Sebuah Pendekatan Rasionalisme Empirisme dan Metode Keilmuan. Tarbawi: Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 1(1), 57-68.

Pendidikan dan Studi Islam, J., & Studi Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, P. (2023). Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Metodologi Pemikiran Rene Descartes (Rasionalisme) Dan David Hume (Empirisme) Dalam Pendidikan Islam Nur Faizi://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0). https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.554

Rusli, S. M., Zaim, M., & Hum, M. (n.d.). Penerapan Filsafat Pendidikan Dengan Inovasi Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/index

Sari, N. (n.d.). PERAN FILSAFAT BAHASA DALAM KOMUNIKASI DAN SASTRA.

Setia Kurniawan, D. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Youtube Berdasarkan Filsafat Ilmu. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1).

Teng, M. B. A. (2016). Rasionalis dan Rasionalisme dalam Perspektif Sejarah. Jurnal Ilmu Budaya.

Vera, S., & Hambali, R. Y. A. (2021). Aliran Rasionalisme dan Empirisme dalam Kerangka Ilmu Pengetahuan. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1(2), 59–73. https://doi.org/10.15575/jpiu.12207

Vera, S., & Hambali, R. Y. A. (2021). Aliran rasionalisme dan empirisme dalam kerangka ilmu pengetahuan. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1(2), 59-73.

Yanti, A. F., & Hambali, R. Y. A. (2023, May). Aliran Rasionalisme Filsuf Abad Modern (Rene Descartes). In Gunung Djati Conference Series (Vol. 19, pp. 870-878).

Wahana, Paulus. 2016. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta : Pustaka Diamond, Yogyakarta

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Karimaliana, K., Zaim, M., & Thahar, H. E. (2023). Pemikiran Rasionalisme: Tinjauan Epistemologi terhadap Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Manusia. Journal of Education Research, 4(4), 2486–2496. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.768

Issue

Section

Articles

Citation Check