Pengembangan Instrumen Higher Order Thinking Skill Mata Pelajaran Matematika Dengan Rasch Model

Authors

  • Heni Hadiyanti Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Purwo Susongko Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Munadi Munadi Program Studi Magister Pedagogi, Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.765

Keywords:

Higher Order Thinking Skill (Hots), Rasch Model

Abstract

Higher Order Thinking Skill peserta didik di SMK Ma’arif NU Talang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengidentifikasi kebutuhan tes-tes Matematika bagi Guru dan Peserta Didik; Membangun konstruksi tes Mata Pelajaran Matematika berbasis HOTS; Menguji validitas aspek isi tes Mata Pelajaran Matematika berbasis HOTS; Menguji kualitas aspek psikometri butir-butir tes Mata Pelajaran Matematika berbasis HOTS; dan Menguji validitas konstrak tes Mata Pelajaran Matematika berbasis HOTS. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti melaksanakan penelitian menggunakan pendekatan Analysis, Design, Development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat kebutuhan pengembangan tes Matematika bagi Guru dan Peserta Didik; Konstruksi tes telah mengacu pada indikator soal HOTS; Intrumen tes telah memenuhi validitas dari aspek isi; instrumen tes telah memenuhi validitas aspek psikometrik; dan hasil analisis validitas konstrak menunjukan bahwa terdapat  dua butir soal tidak terpakai dan delapan belas butir soal layak dimanfaatkan untuk mengukur Hots

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduh, M. (2019). Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

Agus Budiman., J. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Mata Pelajaran Matematika Smp Kelas Viii Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 1 - Nomor 2, November 2014, 139-151.

Anisa. (2013). Perbandingan Penskoran Dikotomi dan Politomi dalam Rasch Model untuk Pengembangan Bank Soal Mata Kuliah Matematika Dasar. JUrnal Matematika, Statistika, & KOmputasi Vo. 9. No. 2. Januari 2013, 95-113.

Artha Mahindra Diputera. (2018). Analisis IRT Menggunakan Wingen 3: Rasch Model & Aplikasi. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Cindy Priscilla., D. Y. (2021). Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan UNESCO. Asatiza: Jurnal Pendidikan n Vol 2 No 1 (2021), 64-76.

Didana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Orer Thingking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan Skolah Menengah Atas Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

DPR RI. (2016). Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: DPR RI.

Fradia Mayang Intan, E. K. (2020). Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Volum 5 Nomor 1 bulan Maret 2020 , 6-10.

Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press.Huriaty, D. (2015). Metode Kalibrasi Dan Desain Tes Berdasarkan Teori Respons Butir (IRT). Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1, No. 3, September - Desember 2015, 191-199.

Komarudin., S. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Rizqita Publishing & Printing.

Kemendikbud Dirjen Diksar dan Menengah . (2017). Pengembangan butir soal Higher-Order Thinking Skills Higher-Order Thinking Skills(HOTS). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Maryani,Ika (2022). Pengembangan Pembelajaran IPA Model Mishe (Metacognition in Science for Higher Education) Untuk Meningkatkan Higher-Order Thinking Skills Mahasiswa.

Melly Elvia, S. H. (2015). Karakter BUtir Soal Ujian Semester dan Kemampuan Siswa SMA di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Evaluasi Pendidikan Vol. 4. NO.1, Maret 2015, 58-68.

PISA Governing Board Indonesia. (2019). Pendidikan Di Indonesia Belajar dari hasil PISA 2018. Jakarta : Pusat pengembangan pendidikan bidang penelitian dan pendidikan Kmendikbud.

Retnawati, H. (2014). TEORI RESPONS BUTIR DAN PENERAPANNYA Untuk Peneliti, Praktisi Pengukuran dan PengujianJ Mahasiswa Pascasarjana. Yogyakarta: Nuha Madika.

Rohim, D. C. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTs pada Pembelajaran Matematika SD. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Volume 4 Nomor 4, November 2019, 436-446.

Sainuddin, S. (2018). Analisis Karakter Butir Tes Matematika Pada Tes Buatan MGMP Matematika KOta Makassar Berdasarkan Teori MOderen (Rasch Model ). PROXIMA: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1-164.

Sugiharto. (2016). Perbedaan Ketidakwajaran Skor Berdasarkan Rasch Model Ditinjau Dari Model Penskoran Jawaban Siswa Smp Se Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, Volume 16 Nomor 1, Desember 2016 , 28–39.

Supriadi, G. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Sleman: Aswaja Pressindo.

Susongko,P.(2016).Aplikasi Model Rasch dalam Pengukuran Pendidikan Berbasis Program R. Tegal:Badan Penerbitan Universitas Pancasakti Tegal (BPUPS)

Susongko,P.(2017).Penilaian Hasil Belajar. Tegal:Badan Penerbitan Universitas Pancasakti Tegal (BPUPS)

Tim Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidika.

Winaryati. E., M. M. (2021). Cercular Model of RD&D (Model RD&D Pendidikan dan Sosial). Bantul: Penerbit KBM Indonesia

Wiwik Setiawati, d. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.

Wahid, A. H. (2018). Integrasi higher order thinking skill (hots) dengan model creative problem solving. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI Volume 5, Nomor 1, Maret 2018, 82-98.

Downloads

Published

2024-02-04

How to Cite

Hadiyanti, H., Susongko, P., & Munadi, M. (2024). Pengembangan Instrumen Higher Order Thinking Skill Mata Pelajaran Matematika Dengan Rasch Model. Journal of Education Research, 5(1), 399–407. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.765

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>