Strategi Ketua Jurusan PAI Kampus Universitas Ahmad Dahlan dalam Mengembangkan Kampus Merdeka untuk Mutu Lulusan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.764Keywords:
Strategi, Pendidikan, Kurikulum, Merdeka Belajar Kampus MengajarAbstract
Pembelajaran ialah alat penting buat mensukseskan pembangunan nasional. Tidak hanya itu pembelajaran pula ialah perlengkapan ataupun alat buat mencerdaskan kehidupan bangsa, bagus itu pembelajaran agama ataupun pembelajaran biasa paling utama dalam bertumbuhnya kurikulum MBKM yang mana dalam pelaksanaannya tidak seluruh mahasiswa bisa menjajaki keiatan MBKM itu sendiri. Riset ini bermaksud buat mengenali strategi yang digunakan pimpinan bidang PAI UAD dalam meningkatkan kampus merdeka buat tingkatkan kualitas alumnus. Penelitia ini mengenakan tata cara riset deskritif kualitatif dengan tata cara pengumpulan informasi dengan metode pemantauan, tanya jawab serta riset kesusastraan. Hasil dalam riset ini membuktikan kalau ada dua aplikasi dalam kebijaksanaan kurikulum MBKM dalam meingkatkan kualitas alumnus ialah Pengembangan kurikulum sesuai kebijaksanaan MBKM serta aplikasi aktivitas MBKM yang dicocokkan dengan profil lulusan serta capaian profil lulusan di Prodi PAI Universitas Ahmad Dahlan yakni Asistensi Membimbing, serta Riset atau Studi. Sehingga peneliti dapat menyimpulkan bahwa dalam mengembangkan MBKM dapat dilakukan dengan tiga langkah yaitu penyusunan kurikulum, penyusunan penataran, serta penilaian program penataran
Downloads
References
Aan, W., Saidatul, I., & Kholida, F. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1).
Baharun, H. (2017). Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum PAI). Yogyakarta: Cantik Pustaka.
Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Saku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Kemendikbud RI.
Fuadi, T. ., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan Dan Kedala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta Di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614.
Hasan, M. S. (2018). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Terpadu. Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 11(4).
J. Moleong, L. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi, Ce). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1133305
Kurniawati, F., Ambarwati, L., & Lukman El Hakim. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis E-Learning. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.21009/jrpms.061.01
Lutfi, I., & Mardianai, R. (2020). Merdeka Belajar Kampus Merdeka Policy: How Does It Affect the Sustainability on Accounting Education in Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 15(2), 243–253.
Prabawati, I., Rahaju, T., Oktariyanda, T., & Megawati, S. (2021). Pengaruh implementasi daring terhadap Optimalisasi Capaian belajar mahasiswa dalam pandemi covid 19. Jurnal UNIPA Surabaya, 73(1).
Puspitasari, R., & Nugroho, R. (2021). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA FISIP UPN VETERAN JAWA TIMUR. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(4).
Ramadhan, S., & Megawati, S. (2022). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Meningkatkan kualitas Pendidikan Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Ejournal Unesa, Vol 11, 1581–1592.
Ramli, I., Nurasia, N., & Khaerati, K. (2022). Implementasi Bentuk Kegiatan Pembelajaran Riset. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(3), 278–284.
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41.
Sulistiyani, E., Khamida, K., Soleha, U., Amalia, R., Hartatik, S., Putra, R. S., Budiarti, R. P., & Andini, A. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Fakultas Kesehatan dan Non Kesehatan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 686–698. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1943
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view
Turmudi, I. (2014). Strategi Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Cet. 1). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185–201.
Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Umi Kalsum, Zulkarnen Zulkarnen, Topan Iskandar, Satriyadi Satriyadi, Putri Syahri, Mesiono Mesiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).