Analisis Tantangan Meningkatkan Minat Belajar di Sekolah Dasar

Authors

  • Efrita Zulaiha Program studi PGSD, Universitas Muslim Nusantara, Indonesia
  • Dwi Novita Sari Program studi PGSD, Universitas Muslim Nusantara, Indonesia
  • Marzuki Rahmat Program studi PGSD, Universitas Muslim Nusantara, Indonesia
  • Dwi Azzahra Program studi PGSD, Universitas Muslim Nusantara, Indonesia
  • Dinda Lestari Program studi PGSD, Universitas Muslim Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.762

Keywords:

Minat Belajar, Siswa, Sekolah Dasar, Solusi

Abstract

Artikel ini mengkaji minat belajar pada tingkat sekolah dasar dengan fokus pada materi pembelajaran, faktor-faktor yang memengaruhi peningkatan prestasi siswa, serta teknik untuk meningkatkan minat belajar. Dengan menggunakan metode analisis naratif dan deskriptif kualitatif, penelitian ini menyoroti peran penting proses pembelajaran terhadap hasil belajar. Hasilnya menunjukkan bahwa faktor seperti peran guru, sumber belajar, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah berkontribusi pada minat belajar siswa. Rekomendasi yang diberikan mencakup pemahaman terhadap tujuan pembelajaran siswa, penggunaan insentif, pendorong motivasi, bantuan saat belajar, dan pemanfaatan media yang sesuai. Disarankan agar para guru menerapkan temuan ini dalam praktik pembelajaran di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, A., & Alfan Hadi. (2023). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(2), 208–224. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v2i2.104

Aini, Y. I. (2021). Pemanfaatan Rumah Belajar Pada Pembelajaran Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Teknodik, 25(1), 81. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.785

Aisy, A. R., & Adzani, H. N. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Primagama. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 141–148. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28813

Andini, S. R., Putri, V. M., & Fitria, Y. (2021). Prinsip – Prinsip Dasar dalam Penilaian yang Terdapat di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 298–307. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1932

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Dyah Anungrat Herzamzam. (2018). Peningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Pada Siswa Sekolah Dasar. Visipena Journal, 9(1), 67–80. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.430

Firdaus, C. B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika di MTs Ulul Albab. Journal on Education, 2(1), 191–198. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.298

Hayati, N. N., & Syahrul, S. (2021). The Development of Matching Game as Media to Teach Vocabulary for Elementary School Students. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 97–106. https://doi.org/10.17509/ebj.v3i2.32630

Hendrizal. (2019). Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sd Dan Solusinya. Jurnal PPKn & Hukum, 14(2), 54–62. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/download/7869/6755

Hendrizal, H. (2020). Masalah Minat Belajar Murid Sekolah Dasar Dan Solusinya. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 86–97. https://doi.org/10.37301/jcp.v8i2.62

Irmawanty, I., Sumantri, M. S., Marini, A., & Juniardi, Y. (2020). Kebijakan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 72–79. https://doi.org/10.17509/ebj.v1i2.26511

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Fatimah, A. Z., Fitriani, D., Laksita, E. C., & Ramanda, N. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 1594–1602. https://www.researchgate.net/profile/Isnaini-Wulandari/publication/339551635_Problematika_Penerapan_Kurikulum_2013_di_Sekolah_Dasar/links/5e588f85299bf1bdb840b8cf/Problematika-Penerapan-Kurikulum-2013-di-Sekolah-Dasar.pdf

Muhammad Hashemi Maulida, Siraj, Taufiq, & Sayni Nasrah. (2022). Efektivitas Manajemen Pembelajaran Melalui Perancangan E-Modul pada Sekolah Menegah Kejuruan. Journal of Social Interactions and Humanities, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.55927/jsih.v1i1.438

Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96

Pramusinta, Y., & Dewi, L. P. (2023). Peran Rumah Inspirasi Belajar dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Desa. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1398–1405. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3182

Pramusinta, Y., & Faizah, S. N. (2022). The Effect of Learning Motivation and Parents’ Role on the Achievement Index in Pgmi Students’ Online Learning. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i1a1.2022

Pramusinta, Y., & Ummah, A. N. R. (2023). Peningkatan kreativitas guru sekolah dasar melalui pelatihan pembuatan e book. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(1), 27–36. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.18757

Putri, F. M., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Tarbiyah, F., & Batusangkar, M. Y. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Nageri 12 Baruh-Bukit Factors Causing the Low Interest of Students in Learning Mathematics Class VI elementary School Nageri 12 Baruh-Bukit. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 66–77.

Riyanto, A., Junaidi, J., Firdaus, I., & Sembiring, S. (2021). Peningkatan peran rumah belajar garasi dalam menjaga semangat belajar anak-anak di masa pandemi. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(2), 233–244. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i2.4007

Zaki Al Fuad, & Zuraini. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN Kute Padang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 54. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/625

Downloads

Published

2024-03-03

How to Cite

Zulaiha, E., Sari, D. N., Rahmat, M., Azzahra, D., & Lestari, D. (2024). Analisis Tantangan Meningkatkan Minat Belajar di Sekolah Dasar . Journal of Education Research, 5(1). https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.762

Issue

Section

Articles

Citation Check