Analisis Tantangan Meningkatkan Minat Belajar di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.762Keywords:
Minat Belajar, Siswa, Sekolah Dasar, SolusiAbstract
Artikel ini mengkaji minat belajar pada tingkat sekolah dasar dengan fokus pada materi pembelajaran, faktor-faktor yang memengaruhi peningkatan prestasi siswa, serta teknik untuk meningkatkan minat belajar. Dengan menggunakan metode analisis naratif dan deskriptif kualitatif, penelitian ini menyoroti peran penting proses pembelajaran terhadap hasil belajar. Hasilnya menunjukkan bahwa faktor seperti peran guru, sumber belajar, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah berkontribusi pada minat belajar siswa. Rekomendasi yang diberikan mencakup pemahaman terhadap tujuan pembelajaran siswa, penggunaan insentif, pendorong motivasi, bantuan saat belajar, dan pemanfaatan media yang sesuai. Disarankan agar para guru menerapkan temuan ini dalam praktik pembelajaran di sekolah dasar.
Downloads
References
Aini, A., & Alfan Hadi. (2023). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(2), 208–224. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v2i2.104
Aini, Y. I. (2021). Pemanfaatan Rumah Belajar Pada Pembelajaran Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Teknodik, 25(1), 81. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.785
Aisy, A. R., & Adzani, H. N. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Primagama. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 141–148. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28813
Andini, S. R., Putri, V. M., & Fitria, Y. (2021). Prinsip – Prinsip Dasar dalam Penilaian yang Terdapat di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 298–307. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1932
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.
Dyah Anungrat Herzamzam. (2018). Peningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Pada Siswa Sekolah Dasar. Visipena Journal, 9(1), 67–80. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.430
Firdaus, C. B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika di MTs Ulul Albab. Journal on Education, 2(1), 191–198. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.298
Hayati, N. N., & Syahrul, S. (2021). The Development of Matching Game as Media to Teach Vocabulary for Elementary School Students. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 97–106. https://doi.org/10.17509/ebj.v3i2.32630
Hendrizal. (2019). Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sd Dan Solusinya. Jurnal PPKn & Hukum, 14(2), 54–62. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/download/7869/6755
Hendrizal, H. (2020). Masalah Minat Belajar Murid Sekolah Dasar Dan Solusinya. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 86–97. https://doi.org/10.37301/jcp.v8i2.62
Irmawanty, I., Sumantri, M. S., Marini, A., & Juniardi, Y. (2020). Kebijakan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 72–79. https://doi.org/10.17509/ebj.v1i2.26511
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Fatimah, A. Z., Fitriani, D., Laksita, E. C., & Ramanda, N. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 1594–1602. https://www.researchgate.net/profile/Isnaini-Wulandari/publication/339551635_Problematika_Penerapan_Kurikulum_2013_di_Sekolah_Dasar/links/5e588f85299bf1bdb840b8cf/Problematika-Penerapan-Kurikulum-2013-di-Sekolah-Dasar.pdf
Muhammad Hashemi Maulida, Siraj, Taufiq, & Sayni Nasrah. (2022). Efektivitas Manajemen Pembelajaran Melalui Perancangan E-Modul pada Sekolah Menegah Kejuruan. Journal of Social Interactions and Humanities, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.55927/jsih.v1i1.438
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96
Pramusinta, Y., & Dewi, L. P. (2023). Peran Rumah Inspirasi Belajar dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Desa. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1398–1405. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3182
Pramusinta, Y., & Faizah, S. N. (2022). The Effect of Learning Motivation and Parents’ Role on the Achievement Index in Pgmi Students’ Online Learning. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i1a1.2022
Pramusinta, Y., & Ummah, A. N. R. (2023). Peningkatan kreativitas guru sekolah dasar melalui pelatihan pembuatan e book. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(1), 27–36. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.18757
Putri, F. M., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Tarbiyah, F., & Batusangkar, M. Y. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Nageri 12 Baruh-Bukit Factors Causing the Low Interest of Students in Learning Mathematics Class VI elementary School Nageri 12 Baruh-Bukit. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 66–77.
Riyanto, A., Junaidi, J., Firdaus, I., & Sembiring, S. (2021). Peningkatan peran rumah belajar garasi dalam menjaga semangat belajar anak-anak di masa pandemi. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(2), 233–244. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i2.4007
Zaki Al Fuad, & Zuraini. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN Kute Padang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 54. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/625
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Efrita Zulaiha, Dwi Novita Sari, Marzuki Rahmat, Dwi Azzahra, Dinda Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).