Teori-Teori Pendidikan dan Pengaruhnya Terhadap Pembelajaran Bahasa Abad ke-21

Authors

  • Kurnia Budiyanti Pendidikan Bahasa Inggris, UIN SUSKA RIAU, Indonesia
  • M Zaim Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Harris Effendi Thahar Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.761

Keywords:

: Teori-teori bahasa, fisafat, pembelajaran bahasa

Abstract

Teori-teori pendidikan dan aliran-aliran filsafat memberikan pengaruh besar terhadap dunia pendidikan, termasuk pembelajaran bahasa. Penelitian ini memaparkan sejauh apa pengaruh aliran-aliran filsafat itu melalui pendekatan-pendekatan filosofis terhadap pembelajaran bahasa di abad ke dua puluh satu. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan. Data sekunder dikumpulkan dari berbagai sumber online yaitu buku, artikel, dan blog. Hasil yang dapat disimpulkan adalah bahwa aliran-aliran filsafat secara sadar ataupun tidak memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pembelajaran bahasa abad ke dua puluh satu. Pengaruh ini salah satunya terlihat dalam pembelajaran Bahasa sebagai aplikasi dari teori behavioristik, kognitif, dan konstruktif. Penerapan teori-teori belajar dalam pembelajaran terlihat dalam bentuk metode, teknik, strategi, dan model pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M. Irfan Taufan Asfar, A.M Iqbal Akbar Asfar, & Halamury, M. F. (2019). Teori behaviorisme. Researchgate, February, 0–32. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34507.44324

Aiwan, A., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Teori-teori muncul bersamaan dengan teori belajar kognitif. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), 302–311. https://doi.org/10.37304/jikt.v14i2.238

Amseke, F. V., Wulandari, R. W., Nasution, L. R., & Handayani, E. S. (2021). Teori dan aplikasi Psikologi perkembangan. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 135(4).

Anidar, J. (2017). Teori belajar menurut aliran kognitif serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(2), 8–16. https://doi.org/10.15548/atj.v3i2.528

Anwar, C. (2017). Teori-teori pendidikan klasik hingga kontemporer. IRCiSoD. https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Terlengkap_Teori_Teori_Pendidikan_K/2nhWEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=teori+pendidikan+klasik+sampai+kontemporer+Anwar&pg=PA4&printsec=frontcover

Badi’ah Zahrotul. (2021). Implikasi teori belajar kognitif J. Piaget dalam pembelajaran bahasa Arab dengan metode audiolongual. Attractive: Innovative Education Journal, 3(1).

Buchori, S., & Dkk. (2023). Perkembangan peserta didik. In Get Press Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/PERKEMBANGAN_PESERTA_DIDIK/N9HPEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=Thorndike,+behavioristik&pg=PA62&printsec=frontcover

Etnawati, S. (2022). Implementasi teori Vygotsky terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824

Firliani, Ibad, N., Nauval, & Nurhikmayati, I. (2019). Teori Throndike dan implikasinya dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA, 823–838.

Fuady, A., & Idham, G. (2021). Perkembangan psikologis anak.

Habsy, B. A., Fitriano, L., Sabrina, N. A., Mustika, A. L., & Surabaya, U. N. (2023). Tinjauan teori kognitif dan konstruktivisme dalam pembelajaran. 4, 751–769.

Hamid, M. A., Hilmi, D., & Mustofa, M. S. (2019). Pengembangan bahan ajar bahasa Arab berbasis teori belajar konstruktivisme untuk mahasiswa. Arabi: Journal of Arabic Studies, 4(1), 100. https://doi.org/10.24865/ajas.v4i1.107

Harasim, L. (2017). Learning theory and online technologies. Routledge. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=vEYlDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Harasim,+L.+(2017).+Learning+Theory+and+Online+Technologies.+Routledge.+New+York&ots=h2Er_7eZpH&sig=aw-uUsYN01g7ZRroRBJMV1e4niI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Hastuti, S., & Neviyarni, N. (2021). Teori Belajar Bahasa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 8–13. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.179

Hatija, M. (2023). Implementasi teori-teori belajar dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. 17(02).

Herliana, I. C., Kurniasih, & Heryanto, D. (2019). Penerapan metode drill untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 155–166.

Hermansyah. (2020). Analisis teori Behavioristik (Edward Thordike) dan implementasinya Dalam pembelajaran SD/MI. Jurnal Program Studi PGMI, 7(1), 15–25.

Isnaini, N. A., Rosyida, N. I., & Wulandari, R. (2023). Dari stimulus-respon hingga modifikasi perilaku; tinjauan teori behaviorisme John B . Watson dan realisasinya dalam pembelajaran. 6, 10062–10070.

Isti’adah, F. N. (2020). Teori-teori belajar dalam pendidikan. In Edu Publisher. https://www.google.co.id/books/edition/TEORI_TEORI_BELAJAR_DALAM_PENDIDIKAN/pInUDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=Thorndike,+behavioristik&pg=PR4&printsec=frontcover

Mardiyani, K. (2022). Tujuan dan penerapan teori behaviorisme Dalam pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 2(5), 260–271. http://jipkl.com/index.php/JIPKL/article/view/30

Muhammadiah, M. (2020). Berkenalan dengan pendidikan filsafat.

Nafila, A., Utami, D., & Mardani, D. (2023). Teori belajar behaviorisme Ivan Pavlov dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri. Journal on Education, 5(4), 12332–12344. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2207

Putra, A., Harahap, T. H., Panggabean, E. M., Utara, M. S., & Info, A. (2023). Kelebihan dan kekurangan teori belajar behavioristik dalam penerapan pembelajaran. 17(1), 1–8. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.17835

Rahayu, T. T. (2024). Optimalisasi hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan media gambar pada tema 1 kelas III sekolah dasar pendahuluan. 12(2), 83–94.

Rahmah, S., Khoiriyah, I., & Jambi, M. (2022). Teori kognitivisme serta aplikasinya dalam pembelajaran. Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(3), 23–34. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/skula

Rinawati, & Dayanty, A. D. (2021). Psychological studies of the reality of the student development: Reviewed from the theory of of Jean Piaget, Lev Vygotsky, Jerome Bruner, & David Paul Ausubel. 4(5), 1444–1452. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Rini, A., & Fauziati, E. (2021). Model pembelajaran RADEC dalam perspektif filsafat konstruktivisme Vygotsky. 3(2), 103–111.

Saputra, A., & Suryandi, L. (2020). Perkembangan kognitif anak usia dini dalam perspektif vygotsky dan implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Pelangi: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2).

Saputro, N. A., & Pakpahan, P. (2021). Mengukur keefektifan teori konstruktivisme dalam pembelajaran. JOEAI(Journal of Education and Instruction), 4, 24–39.

Sari, S. M., Sari, D. P., & Sari, R. P. (2023). Penerapan Teori Belajar Melalui Pendekatan Behavioristik. Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 11576–11584. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Shahbana, E. B., Kautsar farizqi, F., & Satria, R. (2020). Implementasi teori belajar behavioristik dalam pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249

Sholihah, M. A., & Laela, F. N. (2021). Penggunaan negative reinforcement sebagai model pola asuh dalam meningkatkan perilaku disiplin anak usia dini di TPQ Daarul Qur’an Wonosari. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 11(1), 78–93. https://doi.org/10.29080/jbki.2021.11.1.78-93

Sidik, F. (2020). Actualization of the Jean Piaget cognitive development theory in learning. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(6), 1106–1111. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i6.8055

Silalahi, R. M. (2019). Understanding Vygotsky’s zone of proximal development for learning. 15(2), 169–186.

Simanjuntak, R. (2019). Mengenal teori-teori belajar. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 47–60. iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/4%0A

Sriwahyuniati, F. (2017). Belajar motorik (pertama). UNY Press.

Subagiya, B. (2022). Pengembangan kurikulum dan teori-teori belajar di program studi Pendidikan Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 3(2), 69. https://doi.org/10.32832/itjmie.v3i2.7639

Sundari, S., & Fauziati, E. (2021). Implikasi teori belajar Bruner dalam model pembelajaran kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 128–136. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206

Supardan, H. D. (2016). Teori dan praktik pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran. Jurnal Edunomic, 4 No.1.

Suputra, P. I. M. (2023). Teori belajar behavioristik dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi (JPST), 2(2), 332–336. http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/article/view/845

Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan, F.-U. (n.d.). Ilmu dan aplikasi pendidikan Bagian I: Ilmu pendidikan teoretis - Google Books. Retrieved December 24, 2023, from https://www.google.co.id/books/edition/ILMU_DAN_APLIKASI_PENDIDIKAN_Bagian_I_Il/TkqF8C8ffK4C?hl=en&gbpv=1&dq=ilmu+dan+aplikasi+pendidikan&pg=PA3&printsec=frontcover

Umar, U. (2018). Analisis konstruktif teori belajar behaviorisme dalam proses pembelajaran di sekolah. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 41–52. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v2i1.236

Wisman, Y. (2020). Teori belajar kognitif dan implementasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 209–215. https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.88

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Budiyanti, K., Zaim, M., & Thahar, H. E. (2023). Teori-Teori Pendidikan dan Pengaruhnya Terhadap Pembelajaran Bahasa Abad ke-21. Journal of Education Research, 4(4), 2471–2479. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.761

Issue

Section

Articles

Citation Check