Penggunaan Media Cola Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Bulat Kelas VI
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.76Keywords:
Hasil Belajar, Pengurangan Bilangan Bulat, Coin BilanganAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu dengan media coin bilangan mampu meningkatkan hasil belajar pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas VI SDN Darurejo II. Rendahnya nilai siswa kelas VI SDN Darurejo II pada materi pengurangan bilangan bulat menjadi dasar penelitian ini dilakukan. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih menggunakan metode ceramah yang berakibat hasil belajar siswa tidak maksimal sehingga perlu adanya media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut. Dengan menggunakan media, konsep dan simbol matematika yang tadinya bersifat abstrak menjadi konkret. Sehingga seorang guru dapat memberikan pengenalan konsep dan simbol matematika, disesuaikan dengan taraf berfikir anak. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK dengan pendekatan campuran yakni kantitatif dan kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Darurejo II yang berjumlah lima siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen nya adalah lembar observasi, angket dan lembar tes. Sebelum diberi tindakan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media coin bilangan dapat meningkatkan hasil belajar pengurangan bilangan bulat siswa kelas VI SDN Darurejo II.
Downloads
References
Giarti, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pbl Terintegrasi Penilaian Autentik Pada Siswa Kelas Vi Sdn 2 Bengle, Wonosegoro. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(3), 13. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2014.v4.i3.p13-27
Hawa, S. (2014). Teori Belajar Bruner. In Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.
Hikmah, N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Alat Peraga Mistar Bilangan Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 80–85.
Karyati, F. (2017). Pengembangan Media Gambar Dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 3(April), 312–320.
Lina, U. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Operasi Pengurangan Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Garis Bilangan Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4398%0Ahttps://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/4398/pdf
Mawardi, Tandi, H. Y., & Rizal. (2017). Peranan Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN No 2 Kalukubula. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(8), 36–45.
Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10.
Primayanti, L. P. D., & Dewi, P. Y. A. (2021). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Semester I Sekolah Dasar Triamerta Tahun Pelajaran 2020/2021. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 45–54. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi
Puspaningrum, A. S., Suaidah, S., & Laudhana, A. C. (2020). Media Pembelajaran Tenses Untuk Anak Sekolah Menengah Pertama Berbasis Android Menggunakan Construct 2. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 25–35.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. AS-SABIQUN, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
Wahyuningtyas, D. T. (2012). Penggunaan Media Mobil Mainan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1, 587–592.
Wulandari, L. S., & Nurteti, L. (2017). Penggunaan Media Mistar Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bilangan Bulat. In Bestari| Jurnal Studi Pendidikan Islam (Vol. 14).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Ari Rohmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).