Tinjauan Filosofis: Membangun Landasan Etika dan Pengetahuan dalam Filsafat Pendidikan Kontemporer
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.755Keywords:
Filosofis, Landasan etika, Pengetahuan, , Pendidikan kontemporerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan filosofis terhadap pembangunan landasan etika dan pengetahuan dalam filsafat pendidikan kontemporer. Dengan melibatkan perspektif sejumlah filsuf. Pendidikan dianggap sebagai investasi strategis dalam membentuk generasi masa depan, tetapi isu-isu seperti kurangnya integrasi nilai etika dalam kurikulum dan ketidakseimbangan prioritas masih menjadi tantangan. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan fokus pada studi literatur, menggali berbagai pandangan filsafat pendidikan dan pendekatan kontemporer yang diterapkan dalam pengembangan keterampilan dan pengetahuan praktis. Sumber data utama berasal dari buku-buku filsafat pendidikan yang relevan dengan topik penelitian, serta artikel jurnal yang mendukung analisis filosofis terhadap paradigma pendidikan kontemporer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat pendidikan, sebagai landasan pemikiran dan moral pendidikan kontemporer, memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan integritas siswa. Berbagai aliran filsafat pendidikan, seperti progresivisme, rekonstruksionisme, liberalisme, dan kritisisme, dijelaskan dalam konteks perkembangan keterampilan dan pengetahuan praktis. Pentingnya landasan etika dalam pendidikan terungkap melalui penerapan pendidikan karakter. Fokus pada nilai-nilai akhlak terpuji dan pengembangan keterampilan kritis dan kreatif menjadi landasan untuk menciptakan lingkungan pendidikan holistik. Isu-isu aktual, seperti perilaku dan etika guru, juga menjadi perhatian utama, menekankan pentingnya peran guru dalam membentuk karakter siswa.
Downloads
References
Ahida, R. (2005). Liberalisme dan Komunitarianisme: Konsep tentang Individu dan Komunitas. Jurnal Demokrasi, 4(2).
Ali, Hasmiyati Gani. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Quantum Teaching Ciputat Press Group.
Anwar, K. (2019). Pendidikan Islam Kontemporer: Antara Konsepsi dan Aplikasi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Choiri, M. M., & Fitriani, A. (2021, December). Makna Pendidikan dalam Perubahan: Studi Komparasi Aliran Pendidikan Kritis dan Liberalisme Pendidikan. In PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar (Vol. 1, No. 1, pp. 353-360).
Handayani, M. D., & Sujatmiko, W. (2019). Filsafat Konstruktivisme Wadah Implementasi Kurikulum 2013. Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019.
Mubin, F. (2020). Pemikiran Filosofis dan Teori Kontemporer Tentang Pendidikan.
Muhammadiyah, Mas’ud. 2020. Berkenalan dengan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Azkiya Publishing.
Nuraida, N. (2022). Pendidikan Karakater Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2), 663-669.
Sugesti, s. (2022). Konsep etika guru dan peserta didik menurut hadratusyaikh kh. M. Hasyim asy’ari dalam terjemahan kitab adabul ‘alim wal muta’allimdan relevansinyadengan pendidikan akhlak kontemporer (doctoral dissertation, uin raden intan lampung).
Tanyid, M. (2014). Etika dalam pendidikan: Kajian etis tentang krisis moral berdampak pada pendidikan. Jurnal Jaffray, 12(2), 235-250.
Thabrani, Abdul Muis. 2015. Filsafat dalam Pendidikan. Jember: IAIN Jember Pers.
UNDARI, M. (2022). Pandangan Aliran Rekonstruksionisme terhadap Gaya Belajar dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1252-1261.
Widodo, G. S. (2017). Penggunaan Isu-Isu Pendidikan Terkini Dalam Mata Kuliah Profesi Keguruan di Universitas Islam Malang. JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 1(2), 29-34.
Yunus, H. A. (2016). Telaah aliran Pendidikan progresivisme dan esensialisme dalam perspektif filsafat Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(1).
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 nelvia susmita, M Zaim, Harris Effendi Thahar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).