Manajemen Pembelajaran Berbasis Field Trip melalui Kegiatan Kunjungan ke Penerbit Mizan untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di RA Alif Cileunyi Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.751Keywords:
Field Trip, Kompetensi PedagogikAbstract
Pembelajaran field trip bagi anak usia dini merupakan perwujudan dari pembelajaran menyenangkan sambil bermain di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru RA Alif melalui kegiatan field trip ke penerbit Mizan. Metode penelitian ini adalah jenis dekriptif kualitatif, subyek penelitian yaitu partisipan guru-guru RA Alif Cileunyi Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua partisipan berada pada kategori baik skala nilai tiga. Partisipan telah menunjukkan pemahaman dan kemampuan yang baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi field trip, serta integrasi pengalaman tersebut ke dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh kompetensi pedagogis di Indonesia, termasuk perbedaan latar belakang pendidikan di antara para guru. Kunjungan lapangan ke penerbit Mizan terbukti mampu meningkatkan kompetensi pedagogik melalui perolehan pengetahuan baru, memperluas jaringan, dan merefleksikan praktik mengajar. Diharapkan guru PAUD, TK atau RA selalu mendapatkan pelatihan atau workshop secara berkelanjutan untuk mengembangkan kemampuan pedagogik dan memperkuat integrasi pengalaman field trip ke dalam kurikulum dan pembelajaran sehari-hari sebagai fokus pengembangan kompetensi guru.
Downloads
References
Abdullah, N., & Ali, S. (2016). Improving Pedagogical Skills of Early Childhood Educators: A Systematic Review. Journal of Early Childhood Teacher Education, 37(3), 280-297.
Alviani Sum, Theresia. 2019. Kompetensi Guru PAUD dalam Pembelajaran di PAUD di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggrai. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 2, No.1, Januari 2019. Program Studi PG PAUD STKIP Santo Paulus, Ruteng, Flores.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :Penerbit Rineka Cipta.
_________________. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dian Purnama Putri, Ragil. Implementasi Nilai Karakter pada Anak Usia Dini melalui Metode Pembelajaran Field Trip. Jurnal Ilmiah. SemNas Call for Paper: Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. Universitas Ahmad Dahlan. ISSN: 2655-6189.
Ellis Ormord, Jeanne. Psikologi Pendidikan. Cetakan 14 Penerbit Erlangga: Percetakan PT Gelora Aksara Pratama.
Gardner, Howard. 2003. Multiple Intelligencies: Teori dalam Praktik. Batam Center: Interaksara.
Hadi, S. (2018). The Impact of Field Trips on Early Childhood Education. Journal of Educational Research and Development, 46(2), 189-204.
Lim, K. (2017). Managing Educational Field Trips for Effective Learning Outcomes. Educational Management, Administration & Leadership, 45(1), 120-135.
Mamahit, Henny C., dkk. (2019) Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Ilmu Keguruan dan Pendidikan: “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru PAUD di Kecamatan Cabang Bungin Kabupaten Bekasi” Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Jakarta. www.trilogi.ac.id
Muhammad, Hamid. 2008. Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini. Buletin PADU Edisi Khusus. Jakarta: Direktur Jenderal PNFI, Depdiknas.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Patmonodewo, Soemiarti. 2008. Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009
Santrock, John W., 2015. Psikologi Pendidikan. Cetakan ke-6. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Standar Kompetensi PTK PNF & Sistem Penilaian Tahun 2009.
Wibowo, A. (2020). Enhancing Pedagogical Competence through Experiential Learning: A Case Study of Primary School Teachers. International Journal of Educational Development, 35(4), 567-580.
Wulandari, Ratna Sari Wulandari., Wiwin Hendriani, Wiwin Hendriani. Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Vol 7, No 1 (2021) https://ejournal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/3152
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Rita Sulastini, Elis Ela Susia, Nani Utami Adiningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).