Manajemen Pembelajaran Berbasis Field Trip melalui Kegiatan Kunjungan ke Penerbit Mizan untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di RA Alif Cileunyi Kabupaten Bandung

Authors

  • Rita Sulastini Program Studi Doktor Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Elis Ela Susia Program Studi Doktor Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Neni Utami Adiningsih Program Studi Doktor Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.751

Keywords:

Field Trip, Kompetensi Pedagogik

Abstract

Pembelajaran field trip bagi anak usia dini merupakan perwujudan dari pembelajaran menyenangkan sambil bermain di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru RA Alif melalui kegiatan field trip ke penerbit Mizan. Metode penelitian ini adalah jenis dekriptif kualitatif, subyek penelitian yaitu partisipan guru-guru RA Alif Cileunyi Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua partisipan berada pada kategori baik skala nilai tiga. Partisipan telah menunjukkan pemahaman dan kemampuan yang baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi field trip, serta integrasi pengalaman tersebut ke dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh kompetensi pedagogis di Indonesia, termasuk perbedaan latar belakang pendidikan di antara para guru. Kunjungan lapangan ke penerbit Mizan terbukti mampu meningkatkan kompetensi pedagogik melalui perolehan pengetahuan baru, memperluas jaringan, dan merefleksikan praktik mengajar. Diharapkan guru PAUD, TK atau RA selalu mendapatkan pelatihan atau workshop secara berkelanjutan untuk mengembangkan kemampuan pedagogik dan memperkuat integrasi pengalaman field trip ke dalam kurikulum dan pembelajaran sehari-hari sebagai fokus pengembangan kompetensi guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, N., & Ali, S. (2016). Improving Pedagogical Skills of Early Childhood Educators: A Systematic Review. Journal of Early Childhood Teacher Education, 37(3), 280-297.

Alviani Sum, Theresia. 2019. Kompetensi Guru PAUD dalam Pembelajaran di PAUD di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggrai. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 2, No.1, Januari 2019. Program Studi PG PAUD STKIP Santo Paulus, Ruteng, Flores.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :Penerbit Rineka Cipta.

_________________. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dian Purnama Putri, Ragil. Implementasi Nilai Karakter pada Anak Usia Dini melalui Metode Pembelajaran Field Trip. Jurnal Ilmiah. SemNas Call for Paper: Membangun Sinergitas Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. Universitas Ahmad Dahlan. ISSN: 2655-6189.

Ellis Ormord, Jeanne. Psikologi Pendidikan. Cetakan 14 Penerbit Erlangga: Percetakan PT Gelora Aksara Pratama.

Gardner, Howard. 2003. Multiple Intelligencies: Teori dalam Praktik. Batam Center: Interaksara.

Hadi, S. (2018). The Impact of Field Trips on Early Childhood Education. Journal of Educational Research and Development, 46(2), 189-204.

Lim, K. (2017). Managing Educational Field Trips for Effective Learning Outcomes. Educational Management, Administration & Leadership, 45(1), 120-135.

Mamahit, Henny C., dkk. (2019) Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Ilmu Keguruan dan Pendidikan: “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru PAUD di Kecamatan Cabang Bungin Kabupaten Bekasi” Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Jakarta. www.trilogi.ac.id

Muhammad, Hamid. 2008. Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini. Buletin PADU Edisi Khusus. Jakarta: Direktur Jenderal PNFI, Depdiknas.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Patmonodewo, Soemiarti. 2008. Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009

Santrock, John W., 2015. Psikologi Pendidikan. Cetakan ke-6. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Standar Kompetensi PTK PNF & Sistem Penilaian Tahun 2009.

Wibowo, A. (2020). Enhancing Pedagogical Competence through Experiential Learning: A Case Study of Primary School Teachers. International Journal of Educational Development, 35(4), 567-580.

Wulandari, Ratna Sari Wulandari., Wiwin Hendriani, Wiwin Hendriani. Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Vol 7, No 1 (2021) https://ejournal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/3152

Downloads

Published

2024-01-14

How to Cite

Sulastini, R., Susia, E. E., & Adiningsih, N. U. (2024). Manajemen Pembelajaran Berbasis Field Trip melalui Kegiatan Kunjungan ke Penerbit Mizan untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di RA Alif Cileunyi Kabupaten Bandung. Journal of Education Research, 5(1), 70–75. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.751

Issue

Section

Articles

Citation Check