Peran Filsafat Dalam Mewujudkan Peserta Didik yang Berprofil Pelajar Pancasila

Authors

  • Nurhayati Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Leny Hartati Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Henny Suharyati Universitas Pakuan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.742

Keywords:

Filsafat, Profil Pancasila

Abstract

Profil lulusan pada kurikulum merdeka saat ini adalah profil pelajar pancasila. Karakter profil pelajar Pancasila adalah karakter siswa yang diharapkan berkembang setelah pembelajaran dilakukan. Ada enam karakter yang termasuk dalam karakter profil pelajar Pancasila yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, Berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Pada saat ini banyaknya kasus terjadi didunia pendidikan, mulai dari tingkat bullying yang meningkat, kasus intoleransi, kasus tidak peduli lingkungan, dan masih banyak kasus-kasus lain. Pemerintah saat ini menggalakan dengan banyaknya kasus tersebut apakah filsafat berperan untuk mewujudkan peserta didik berprofil Pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literature jurnal, khususnya yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa filsafat dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang Pancasila, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan mengembangkan sikap toleransi dan menghargai perbedaan. Dengan peran filsafat ini, diharapkan peserta didik akan menjadi generasi yang berkarakter Pancasila, yaitu menjadi pribadi yang berilmu, berakhlak mulia, dan cinta tanah air, generasi yang memiliki nilai-nilai Pancasila dalam diri mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

"SMA di Kulon Progo Dirusak, Polisi Kumpulkan 20 Batu Andesit". Kompas (16/08/2023) https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/08/16/111454478/sma-di-kulon-progo-dirusak-polisi-kumpulkan-20-batu-andesit.

Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. (2017). Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama

Irawati, Dini. Dkk (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Lagno, Kristogonus T, Largus Nadeak, Yogi Sinurat. (2023). Pancasila Sebagai Landasan Moral Kebebasan Beragama Di Indonesia. Seminar Nasional Filsafat Teologi (SNFT). Medan: LPPM Universitas Katolik Santo Thomas

Marjuni. (2021). Filsafat Pendidikan Pancasila Dalam Perspektif Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Aqidah-Ta, VII(1), 82

Naufal , M. (2022) Aksi Intoleran di Sekolah Jakarta, Guru Larang Murid Pilih Ketua OSIS Nonmuslim hingga Paksa Siswi Berjilbab.https://megapolitan.kompas.com/read/2022/08/11/08400201/aksi-intoleran-di-sekolah-jakarta-guru-larang-murid-pilih-ketua-osis?page=all.

Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187.

Rapar, Jan Hendrik. (2016). Pengantar Filsafat. 16th ed. Yogyakarta: Kanisius.

Ritaudin, M. S. "Mengenal Filsafat Dan Karakteristiknya." Kalam, vol. 9, no. 1, 2015, pp. 127-144.

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Sesady, Muliati. 2019. Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Trust Media Publishing.

Utami, A., & Prabowo, M. (2023). Internalisasi Filsafat Pancasila Melalui Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Paris Langkis, 3(2), 119-128.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Nurhayati, Leny Hartati, & Henny Suharyati. (2023). Peran Filsafat Dalam Mewujudkan Peserta Didik yang Berprofil Pelajar Pancasila. Journal of Education Research, 4(4), 2604–2609. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.742

Issue

Section

Articles

Citation Check