Peran Filsafat Dalam Mewujudkan Peserta Didik yang Berprofil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.742Keywords:
Filsafat, Profil PancasilaAbstract
Profil lulusan pada kurikulum merdeka saat ini adalah profil pelajar pancasila. Karakter profil pelajar Pancasila adalah karakter siswa yang diharapkan berkembang setelah pembelajaran dilakukan. Ada enam karakter yang termasuk dalam karakter profil pelajar Pancasila yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, Berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Pada saat ini banyaknya kasus terjadi didunia pendidikan, mulai dari tingkat bullying yang meningkat, kasus intoleransi, kasus tidak peduli lingkungan, dan masih banyak kasus-kasus lain. Pemerintah saat ini menggalakan dengan banyaknya kasus tersebut apakah filsafat berperan untuk mewujudkan peserta didik berprofil Pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literature jurnal, khususnya yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa filsafat dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang Pancasila, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan mengembangkan sikap toleransi dan menghargai perbedaan. Dengan peran filsafat ini, diharapkan peserta didik akan menjadi generasi yang berkarakter Pancasila, yaitu menjadi pribadi yang berilmu, berakhlak mulia, dan cinta tanah air, generasi yang memiliki nilai-nilai Pancasila dalam diri mereka.
Downloads
References
"SMA di Kulon Progo Dirusak, Polisi Kumpulkan 20 Batu Andesit". Kompas (16/08/2023) https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/08/16/111454478/sma-di-kulon-progo-dirusak-polisi-kumpulkan-20-batu-andesit.
Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. (2017). Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama
Irawati, Dini. Dkk (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
Lagno, Kristogonus T, Largus Nadeak, Yogi Sinurat. (2023). Pancasila Sebagai Landasan Moral Kebebasan Beragama Di Indonesia. Seminar Nasional Filsafat Teologi (SNFT). Medan: LPPM Universitas Katolik Santo Thomas
Marjuni. (2021). Filsafat Pendidikan Pancasila Dalam Perspektif Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Aqidah-Ta, VII(1), 82
Naufal , M. (2022) Aksi Intoleran di Sekolah Jakarta, Guru Larang Murid Pilih Ketua OSIS Nonmuslim hingga Paksa Siswi Berjilbab.https://megapolitan.kompas.com/read/2022/08/11/08400201/aksi-intoleran-di-sekolah-jakarta-guru-larang-murid-pilih-ketua-osis?page=all.
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187.
Rapar, Jan Hendrik. (2016). Pengantar Filsafat. 16th ed. Yogyakarta: Kanisius.
Ritaudin, M. S. "Mengenal Filsafat Dan Karakteristiknya." Kalam, vol. 9, no. 1, 2015, pp. 127-144.
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Sesady, Muliati. 2019. Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Trust Media Publishing.
Utami, A., & Prabowo, M. (2023). Internalisasi Filsafat Pancasila Melalui Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Paris Langkis, 3(2), 119-128.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Nurhayati, Leny Hartati, Henny Suharyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).