Penerapan Model Pembelajaran RADEC untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Aisah Hasibuan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Putri Hana Pebriana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Mohammad Fauziddin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.741

Keywords:

Keterampilan membaca pemahaman, model Read, Answer, Discuss, Explain, dan Create (RADEC)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa pada materi teks bacaan. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, dan Create. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada materi teks bacaan dengan menerapkan model pembelajaran RADEC. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang mana pada setiap siklus nya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah dua puluh lima orang siswa, jumlah siswa laki-laki sepuluh orang dan siswa perempuan lima belas orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa salah satu solusi untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa dengan penerapan model RADEC

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M., Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Rosidah, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Radec Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa PGSD. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 140-152.

Alfiansyah, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1), 85-93.

Aprinawati, I. (2018). Penggunaan model peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan pemahaman membaca wacana siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140-147.

Ambarwati, W. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode SQ3R Di SDN 01 Pajerukan. Tarling: Journal of Language Education, 2(1), 109-122.

Annida, A. I., St Y, S., & Winarni, R. The Effect Of Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Learning Strategy And Reading Interest For Reading Comprehension Ability. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 1, No. 1).

Barokah, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Media Komik Edukasi pada Siswa Kelas V. Basic Education, 8(19), 1-901.

Fani, S. P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Radec Terhadap Kemamapuan Numerik Ditinjau Dari IQ Siswa (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Hidayah, N., Sari, A. D. N., Khalwattiyah, K., Anggraini, D. A., Gusniati, W., Syahfitri, E., ... & Dari, S. W. (2022). Memotivasi Dan Memberi Edukasi Membaca dan Menulis untuk Anak Usia Dini Dalam Rangka Membangun Regenerasi Desa Yang Cerdas. RAMBATE, 2(2), 294-299.

KAKA, K. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas Vii 7 Smp Negeri 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).

Kartika, O. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Komalasari, M. D. (2015). Metode multisensori untuk meningkatkan kemampuan membaca pada peserta didik disleksia di sekolah dasar.

Kurniawan, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Kritis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Vii Mts N 13 Jakarta Selatan (Bachelor's thesis).

Lestari, Y. A. Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2018). Penerapan metode CIRC (cooperative integrated reading and composition) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 23-34.

Ningtyas, M. (2021, December). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN 1 Panjer Melalui Problem Based Learning. In Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP UAD (Vol. 1, No. 1).

Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191-203.

Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Hidayah, Y. (2019). RADEC Learning Model (Read-Answer-Discuss-Explain And Create): The Importance of Building Critical Thinking Skills In Indonesian Context. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 109-115.

Renaldi, B. (2021). Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur, Kaidah Kebahasaan, Dan Menyajikan Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain And Create (RADEC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Muqowamah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Restika, F. (2019). Penerapan Metode Survey, Question, read, Recite, Review (SQ3R) untuk meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa. Basic Education, 8(11), 1-057.

Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2019). Kemampuan menulis teks eksplanasi dan penguasaan konsep siswa sekolah dasar melalui implementasi model pembelajaran RADEC. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 130.

Silvia, S., Pebriana, P. H., & Sumianto, S. (2021). Penerapan Metode Silaba Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 7-12.

Sukmawati, D., Sopandi, W., & Sujana, A. (2020, March). The application of read-answer-discuss-explain-and create (radec) models to improve student learning outcomes in class v elementary school on human respiratory system. In International Conference on Elementary Education (Vol. 2, No. 1, pp. 1734-1742).

Sundari, R. R., Halidjah, S., & Marli, S. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Teknik SQ3R Dalam Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(9).

Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Radec Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47-56.

Zakiyatunnisa, N. A., Syaripudin, T., & Heryanto, D. (2019). Penerapan metode CIRC untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 256-264.

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Hasibuan, A., Pebriana, P. H., & Fauziddin, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran RADEC untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(3), 2458–2466. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.741

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check