Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Art Therapy terhadap Kontrol Diri Penggemar Drama Korea
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.739Keywords:
Kontrol Diri, Drama Korea, Art TherapyAbstract
Drama Korea mempunyai dampak positif maupun negatif dalam proses pendidikan di Indonesia. Dampak negatif yang timbul tidak dapat dibiarkan begitu saja. Perilaku dipengaruhi oleh faktor eksternal. Namun sekuat apapun stimulus dan faktor eksternal, manusia masih dapat mengaturnya melalui proses kontrol diri. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu SMA di Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa yang gemar menonton drama Korea dengan kriteria menonton lebih dari lima episode per hari. Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat pengaruh bimbingan kelompok dengan metode art therapy terhadap kontrol diri penggemar drama Korea. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif, uji Wilcoxon, dan uji Spearman Rank. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan kelompok dengan art therapy terhadap kontrol diri penggemar drama Korea
Downloads
References
Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Buchalter, S. (2014). Raising self-esteem in adults: an eclectic approach with art therapy, CBT and DBT based techniques. Jessica Kingsley Publishers.
Dede, R. H. (2018). Konseling di Sekolah: Pendekatan-Pendekatan Kontemporer. Jakarta: Prenamedia Group
Ernawati, I., & Ahzani, A. P. (2023). 20. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Pengendalian Diri Siswa Kelas VIII SMP. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(02), 349-357.
Etikasari, Y. (2018). Kontrol diri remaja penggemar k-pop (k-popers)(studi pada penggemar k-pop di Yogyakarta). Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 190-202.
Febiola, A., & Wicaksono, L. (2023). Studi Kasus Untuk Mengatasi Perilaku Fanatik Akibat Kecanduan Menonton Idol Kpop Pada Peserta Didik Melalui Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-Control. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 544-566.
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2010). Teori-Teori Psikologi.
Hartanti, J. (2022). Bimbingan kelompok. Tulungagung: UD Duta Sablon
Khoiruniisa, T. (2020). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Mts Muta’allimin Cadasari.
Liese, E., & Van den Bulck, J. (2017). Binge viewing, sleep, and the role of pre-sleep arousal. Journal of Clinical Sleep Medicine, 13(8), 1001-1008.
Malchiodi, C. A. (Ed.). (2011). Handbook of art therapy. Guilford Press.
Mahardika, Bagus. (2017). Implementasi metode art therapy dalam mencerdaskan emosional siswa. utile: Jurnal Kependidikan, 3(2), 114-125.
Oktadianti, R., Umari, T., & Yakub, E. (2018). Perilaku kecanduan menonton drama Korea dan self control (kontrol diri) siswa SMAN 7 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 462-475.
Prasanti, R. P., & Dewi, A. I. N. (2020). Dampak Drama Korea (Korean Wave) terhadap Pendidikan Remaja. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 256-269.
Sisca, F., & Bolo, R. I. (2021). Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bandung: Mujahid Press
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (ed.)). Alfabeta.CV
Suzanne Haeyen, Marlous Kleijberg & Lisa Hinz (2018) Art therapy for patients diagnosed with personality disorders cluster B/C: A thematic analysis of emotion regulation from patient and art therapist perspectives, International Journal of Art Therapy, 23:4, 156-168.
Yakub, E., Umari, T. & Munawir, M. (2023). Adjustment of college students and high school students who like watching Korean dramas. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 11(3), 224-232
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Salsabila Yundanita Putri Panggabean, Elni Yakub, Khairiyah Khadijah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).