Implementasi Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar

Authors

  • Darsanianti Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Syarifuddin Kune Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Evi Ristiana Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.737

Keywords:

Children Learning in Science, IPA, Sekolah Dasar, CLIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Children Learning in Science  (CLIS) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar. Model pembelajaran ini dikembangkan dengan mempertimbangkan karakteristik perkembangan anak serta memfasilitasi proses pembelajaran yang interaktif dan partisipatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan melibatkan 13 siswa kelas V gugus 21 wilayah 5 Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui observasi dan evaluasi hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptip kuantitatif untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang dampak implementasi model CLIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru setiap pertemuan mengalami peningkatan aktivitas sehingga masuk dalam kategori tinggi. Rata-rata aktivitas belajar siswa setelah pelaksanaan model pembelajaran CLIS meningkat dan diklasifikasikan dalam kriteria aktivitas belajar yang tinggi, begitupun dengan hasil belajarnya yaitu dapat dilihat dari mean post test kelas eksperimen dengan mean pre test siswa. Terlihat rata-rata post test siswa lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pre test siswa sebelum Implementasi model CLIS dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dampak positif CLIS dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa, dan pembelajaran lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amal, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Mi Tarbiyah Takalar. Celebes Education Review, 3(2), 90-96. https://doi.org/10.37541/cer.v3i3.619.

Amal, A., Nur, A. M., & S, M. I. (2022). Pengaruh Modul Praktikum Konsep Dasar IPA Terintegrasi Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam Pembentukan Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(1), 1098–1106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2174.

Amrah, Lutfi B, & Ana Haerunnisa. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SD Inpres Balang-Balang Kab. Gowa. Jurnal Inovasi Pedagogik Dan Teknologi, 1(2), 1–8. Retrieved from https://journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jiptek/article/view/68.

Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran childrens learning in science (CLIS) berbantuan media lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(2), 124-132. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774.

Astiti, N. P. M., Ardana, I. K., & Wiarta, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science Berbasis Budaya Penyelidikan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(2), 86-93. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11744.

Budiarto, F. (2015). Keefektifan Modelpembelajaran Clis (Children Learning In Science) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa. Journal of Elementary Education, 4(1), 53-60. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/7537.

Ginanjar, A. A., Handoko, S., & Sukmana, R. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (ClIS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA. Educare, 132-137. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/253

Hidayati, H., Hartono, H., & Mujamil, J. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 2(1), 23-34. https://doi.org/10.36706/jppk.v2i1.2875.

Ismail, A. (2008). Implementasi Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). Retrieved from https://repository.upi.edu/83672/

Jaya, I. K. M., Sulastri, M., & Sudarma, I. K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sangsit. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.702.

Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 138-151. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258.

Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138–151. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258.

Kurniawati, R. W., & Atmojo, S. E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Children Learning In Science Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V. Kognisi: Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 25-29. https://doi.org/10.56393/kognisi.v1i1.67.

Puji, M. (2015). Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dalam Pembentukan Konsep Fisika Siswa SMA di Kabupaten Jember (Materi Pokok Elastisitas Zat Padat dan Hukum Hooke). Retrieved from https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66373.

Ristiana, E., Herminar, H., & Nasrul, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Budaya Tudang Sipulung Terhadap Penguasaan Konsep IPA Kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 2(1), 48-53. https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i1.2058.

Rositayani, N. P. E., & Abadi, I. B. G. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Children’S Learning in Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 24(1), 63-72. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17452.

Widiyanto, B., Sidiq, M. A. H., & Darwis, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Berbantu Media Audio Visual. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(1), 59-74. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i1.878.

Widiyarti. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dalam Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Fisika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Darsanianti, Kune, S., & Ristiana, E. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar . Journal of Education Research, 5(1), 189–196. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.737

Issue

Section

Articles

Citation Check