Implementasi Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.737Keywords:
Children Learning in Science, IPA, Sekolah Dasar, CLISAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Children Learning in Science di singkat dengan CLIS dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Model pembelajaran ini dikembangkan dengan mempertimbangkan karakteristik perkembangan anak serta memfasilitasi proses pembelajaran yang interaktif dan partisipatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan melibatkan tiga belas siswa kelas V gugus dua puluh satu wilayah lima Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui observasi dan evaluasi hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptip kuantitatif untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang dampak implementasi model CLIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru setiap pertemuan mengalami peningkatan aktivitas sehingga masuk dalam kategori tinggi. Rata-rata aktivitas belajar siswa setelah pelaksanaan model pembelajaran CLIS meningkat dan diklasifikasikan dalam kriteria aktivitas belajar yang tinggi, begitupun dengan hasil belajarnya yaitu dapat dilihat dari mean post test kelas eksperimen dengan mean pre test siswa. Terlihat rata-rata post test siswa lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pre test siswa sebelum Implementasi model CLIS dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dampak positif CLIS dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa, dan pembelajaran lebih efektif.
Downloads
References
Amal, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Mi Tarbiyah Takalar. Celebes Education Review, 3(2), 90-96. https://doi.org/10.37541/cer.v3i3.619.
Amal, A., Nur, A. M., & S, M. I. (2022). Pengaruh Modul Praktikum Konsep Dasar IPA Terintegrasi Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam Pembentukan Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(1), 1098–1106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2174.
Amrah, Lutfi B, & Ana Haerunnisa. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SD Inpres Balang-Balang Kab. Gowa. Jurnal Inovasi Pedagogik Dan Teknologi, 1(2), 1–8. Retrieved from https://journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jiptek/article/view/68.
Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran childrens learning in science (CLIS) berbantuan media lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(2), 124-132. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774.
Astiti, N. P. M., Ardana, I. K., & Wiarta, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science Berbasis Budaya Penyelidikan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(2), 86-93. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11744.
Budiarto, F. (2015). Keefektifan Modelpembelajaran Clis (Children Learning In Science) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa. Journal of Elementary Education, 4(1), 53-60. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/7537.
Ginanjar, A. A., Handoko, S., & Sukmana, R. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (ClIS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA. Educare, 132-137. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/253
Hidayati, H., Hartono, H., & Mujamil, J. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 2(1), 23-34. https://doi.org/10.36706/jppk.v2i1.2875.
Ismail, A. (2008). Implementasi Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). Retrieved from https://repository.upi.edu/83672/
Jaya, I. K. M., Sulastri, M., & Sudarma, I. K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sangsit. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.702.
Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 138-151. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258.
Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138–151. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258.
Kurniawati, R. W., & Atmojo, S. E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Children Learning In Science Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V. Kognisi: Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 25-29. https://doi.org/10.56393/kognisi.v1i1.67.
Puji, M. (2015). Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dalam Pembentukan Konsep Fisika Siswa SMA di Kabupaten Jember (Materi Pokok Elastisitas Zat Padat dan Hukum Hooke). Retrieved from https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66373.
Ristiana, E., Herminar, H., & Nasrul, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Budaya Tudang Sipulung Terhadap Penguasaan Konsep IPA Kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 2(1), 48-53. https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i1.2058.
Rositayani, N. P. E., & Abadi, I. B. G. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Children’S Learning in Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 24(1), 63-72. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17452.
Widiyanto, B., Sidiq, M. A. H., & Darwis, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Berbantu Media Audio Visual. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(1), 59-74. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i1.878.
Widiyarti. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dalam Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Fisika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Darsanianti, Syarifuddin Kune, Evi Ristiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).