Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Augmented Reality
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.733Keywords:
Media Pembelajaran, Augmented Reality MDLC, Android, Black-boxAbstract
Proses pembelajaran yang baik haruslah memuat aspek interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi dan memberikan ruang yang lebih bagi siswa untuk dapat mengembangkan kreativitas dan kemandirian, sesuai dengan bakat dan minat siswa. Tujuan utama dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teknologi Augmented reality. Penelitian ini menggunakan metode MDLC atau Multimedia Design Life Cycle. Tahapan dari Metode Multimedia Development Life Cycle terdiri dari Concept, Design, Obtaining Material, Assembly, Testing, Distribution. Hasil pengujian fungsional dengan menggunakan metode black-box diperoleh bahwa sistem yang dikembangkan dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran Bahasa Indonesia bagi para siswa dalam proses pembelajaran dengan menampilkan berbagai kegiatan pembelajaran dari modul pendalaman materi bahasa indonesia
Downloads
References
Ambarwati, P., & Darmawel, P. S. (2020). Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Anak Tunagrahita. Majalah Ilmiah UNIKOM, 18(2), 51–58. https://doi.org/10.34010/miu.v18i2.3936
Darmawan, R. A., & Parhan, M. (2023). Development Of Social Studies Learning Media Based On Augmented Reality ( AR ) As A Historical Literacy Medium. 06(01), 5544–5553.
Kanti, L., Rahayu, S. F., Apriana, E., & Susanti, E. (2022). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Model POE2WE Pada Materi Teori Kinetik Gas: Literature Review. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(1), 75. https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1731
Kurniawan, M. H., & Julianto. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis AR “Augmented Reality” pada Materi Sistem Tata Surya Kelas 6 SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(06), 1401–1414. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47331
Listiawan, T., Hayuningrat, S., & Anwar, M. K. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 8(2), 1–10. https://doi.org/10.29100/jp2m.v8i2.3637
Meilindawati, R., Zainuri, Z., & Hidayah, I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL e-DuMath, 9(1), 55–62. https://doi.org/10.52657/je.v9i1.1941
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 299–322. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525
Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis Augmented Reality. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6462–6468. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3408
Nurmaena, S., & Gumiandari, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa. Jurnal Edukasia Nonformal, 2(2), 189–196.
Oktaviani, P., Talentiano, R., Theo, Y. A., & Indrapangastuti, D. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 588. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71182
Pramesila, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Materi IPA Untuk Siswa Kelas IV SD. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v4i2.2617
Suganda, S., & Fahmi, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 2(2), 50–57. https://urbangreen.co.id/proceeding/index.php/library/article/view/3
Untari, R. S., Hasanah, F. N., Wardana, M. D. K., & Jazuli, M. I. (2022). Pengembangan Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 7(5), 190. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i5.15238
Usmaedi, U., Fatmawati, P. Y., & Karisman, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Aplikasi Augmented Reality Dalam Meningkatkan Proses Pengajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 489–499. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.595
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Samsu Somadayo, Mohamad Jamil, Kodrat Hi Karim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).