Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Augmented Reality

Authors

  • Samsu Somadayo Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Khairun, Indonesia
  • Mohamad Jamil Teknik Informatika Universitas Khairun, Indonesia
  • Kodrat Hi Karim Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Khairun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.733

Keywords:

Media Pembelajaran, Augmented Reality MDLC, Android, Black-box

Abstract

Proses pembelajaran yang baik haruslah memuat aspek interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi dan memberikan ruang yang lebih bagi siswa untuk dapat mengembangkan kreativitas dan kemandirian, sesuai dengan bakat dan minat siswa. Tujuan utama dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teknologi Augmented reality. Penelitian ini menggunakan metode MDLC atau Multimedia Design Life Cycle. Tahapan dari Metode Multimedia Development Life Cycle terdiri dari Concept, Design, Obtaining Material, Assembly, Testing, Distribution. Hasil pengujian fungsional dengan menggunakan metode black-box diperoleh bahwa sistem yang dikembangkan dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran Bahasa Indonesia bagi para siswa dalam proses pembelajaran dengan menampilkan berbagai kegiatan pembelajaran dari modul pendalaman materi bahasa indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, P., & Darmawel, P. S. (2020). Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Anak Tunagrahita. Majalah Ilmiah UNIKOM, 18(2), 51–58. https://doi.org/10.34010/miu.v18i2.3936

Darmawan, R. A., & Parhan, M. (2023). Development Of Social Studies Learning Media Based On Augmented Reality ( AR ) As A Historical Literacy Medium. 06(01), 5544–5553.

Kanti, L., Rahayu, S. F., Apriana, E., & Susanti, E. (2022). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Model POE2WE Pada Materi Teori Kinetik Gas: Literature Review. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 2(1), 75. https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1731

Kurniawan, M. H., & Julianto. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis AR “Augmented Reality” pada Materi Sistem Tata Surya Kelas 6 SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(06), 1401–1414. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47331

Listiawan, T., Hayuningrat, S., & Anwar, M. K. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 8(2), 1–10. https://doi.org/10.29100/jp2m.v8i2.3637

Meilindawati, R., Zainuri, Z., & Hidayah, I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL e-DuMath, 9(1), 55–62. https://doi.org/10.52657/je.v9i1.1941

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 299–322. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525

Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis Augmented Reality. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6462–6468. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3408

Nurmaena, S., & Gumiandari, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa. Jurnal Edukasia Nonformal, 2(2), 189–196.

Oktaviani, P., Talentiano, R., Theo, Y. A., & Indrapangastuti, D. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 588. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71182

Pramesila, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Materi IPA Untuk Siswa Kelas IV SD. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v4i2.2617

Suganda, S., & Fahmi, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 2(2), 50–57. https://urbangreen.co.id/proceeding/index.php/library/article/view/3

Untari, R. S., Hasanah, F. N., Wardana, M. D. K., & Jazuli, M. I. (2022). Pengembangan Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 7(5), 190. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i5.15238

Usmaedi, U., Fatmawati, P. Y., & Karisman, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Aplikasi Augmented Reality Dalam Meningkatkan Proses Pengajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 489–499. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.595

Downloads

Published

2024-02-18

How to Cite

Somadayo, S., Jamil, M., & Hi Karim, K. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Augmented Reality. Journal of Education Research, 5(1), 562–569. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.733

Issue

Section

Articles

Citation Check