Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Manajemen Proses Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Pria Dita Anis Wari Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Eko Setiawan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.73

Keywords:

Sinergitas Guru dan Orang tua,, Home Visit, Manajemen Proses Pendidikan

Abstract

Penelitian ini membahas terkait peran atau pentingnya serta bentuk kerjasama antara guru dan orang tua dalam proses pendidikan anak baik ketika di rumah maupun di sekolah. Ttujuan penelitian ini yaitu untuk mengulas terkait manfaat home visit bagi guru dan orang tua  yaitu untuk memahami tingkat perkembangan dan kendala yang dihadapi oleh anak ketika proses belajar, serta memudahkan dalam mengambil keputusan terkait pengambilan keputusan dalam mencari solusi atas gangguan perkembangan pada anak yang tidak bisa diatasi baik oleh guru maupun orang tua. Hal tersebut menjadi perhatian peneliti karena kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengatasi gangguan perkembangan pada anak yaitu karena terbatasnya informasi yang didapatkan  terkait anak. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni wawancara secara mendalam. Hasil penelitian ini yaitu kegiatan home visit sangat dianjurkan untuk diterapkan oleh guru pedidikan anak usia dini, karena selain mempererat hubungan silaturahim antara guru dan orang tua, juga bisa membantu guru atau orang tua untuk mengetahui secara detail informasi terkait anak. Sehingga hal tersebut menjadi dasar yang bisa memudahkan dalam mengantisipasi dan mengatasi gangguan perkembangan yang dialami oleh anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif: Journal of Education Research, 4(1), 10.

Jannah Hafidatul, E. (n.d.). Pelaksanaan Program Home Visit di RA Ulul Albab Jember Tahun Pelajaran 2019-2020. http://repository.unmuhjember.ac.id/

Kafi Aunul, F., & Yuniarti Latifah, D. (2021). Penerapan Home Visit dengan Strategi Controlled Home Learning pada Siswa RA Miftahul Ulum Kepanjen Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNWAHAS, 6(2).

Karymiyanti, R., Sagala Dewi, C. A., & Purwadi. (2019). Analisis Home Visit terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1).

Komalasari, E. (2015). Layanan Home Visit Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Anak Kurang Sejahtera. 18(1).

Kurniasih, I., & Hernawati. (2021). Pentingnya Kolaborasi Antara Guru Dan Orang Tua Siswa Serta Masyarakat Pada Pendidikan Taman Kanak-Kanak. Fastabiq : Jurnal Studi Islam, 02(02), 10. https://doi.org/10.47281/fas.v2i2.36

Listyawati Winda, B., Hanif, M., & Anggraheni, I. (2021). Problematika Pembelajaran Home Visit di Raudhatul Athfal Darul Falah Karangploso Malang. Dewantara : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1).

Maesaroh, S. E., Setiawan, R., & Munawaroh, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Home Visit terhadap Peningkatan Kognitif Anak Didik (Penelitian di SDN Balewangi 1 Cisurupan Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 15(2). www.journal.uniga.ac.id

Mukarromah, A. (2022). Pendidikan dan Moral Pada Anak Usia Dini. JSER Journal of Science and Education Research, 1(1), 7.

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin Rizki, R., & Hadi Alfian, Y. (2021). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529

Sari Permata, N., & Juniarti, Y. (2019). Evaluasi Peserta Didik menggunakan Kunjungan Rumah/Home Visit. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud

Sari Yunia, D., & Rahma, A. (2019). Meningkatkan Pemahaman Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Anak dengan Pendekatan STEAM melalui Program Home Visit. Jurnal Tunas Siliwangi, 5.

Suminah, S., Pusari, R. W., & Karmila, M. (2022). Manfaat Media Sosial Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi. Wawasan Pendidikan, 2(1), 199–206. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9558

Taulany, H. (2020). Manajemen Proses Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Pasca Pandemi Covid-19. 8.

Windayani, N. L. I., & Putra, K. T. H. (2021). Kolaborasi Whatsapp Group dan Home Visit sebagai Strategi Belajar Efektif dan Efisien pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 2(1). http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Wari, P. D. A. ., & Setiawan, E. . (2022). Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Manajemen Proses Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(1), 28–34. https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.73

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)