Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Manajemen Proses Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.73Keywords:
Sinergitas Guru dan Orang tua,, Home Visit, Manajemen Proses PendidikanAbstract
Penelitian ini membahas terkait peran atau pentingnya serta bentuk kerjasama antara guru dan orang tua dalam proses pendidikan anak baik ketika di rumah maupun di sekolah. Ttujuan penelitian ini yaitu untuk mengulas terkait manfaat home visit bagi guru dan orang tua yaitu untuk memahami tingkat perkembangan dan kendala yang dihadapi oleh anak ketika proses belajar, serta memudahkan dalam mengambil keputusan terkait pengambilan keputusan dalam mencari solusi atas gangguan perkembangan pada anak yang tidak bisa diatasi baik oleh guru maupun orang tua. Hal tersebut menjadi perhatian peneliti karena kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengatasi gangguan perkembangan pada anak yaitu karena terbatasnya informasi yang didapatkan terkait anak. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni wawancara secara mendalam. Hasil penelitian ini yaitu kegiatan home visit sangat dianjurkan untuk diterapkan oleh guru pedidikan anak usia dini, karena selain mempererat hubungan silaturahim antara guru dan orang tua, juga bisa membantu guru atau orang tua untuk mengetahui secara detail informasi terkait anak. Sehingga hal tersebut menjadi dasar yang bisa memudahkan dalam mengantisipasi dan mengatasi gangguan perkembangan yang dialami oleh anak
Downloads
References
Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif: Journal of Education Research, 4(1), 10.
Jannah Hafidatul, E. (n.d.). Pelaksanaan Program Home Visit di RA Ulul Albab Jember Tahun Pelajaran 2019-2020. http://repository.unmuhjember.ac.id/
Kafi Aunul, F., & Yuniarti Latifah, D. (2021). Penerapan Home Visit dengan Strategi Controlled Home Learning pada Siswa RA Miftahul Ulum Kepanjen Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNWAHAS, 6(2).
Karymiyanti, R., Sagala Dewi, C. A., & Purwadi. (2019). Analisis Home Visit terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1).
Komalasari, E. (2015). Layanan Home Visit Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Anak Kurang Sejahtera. 18(1).
Kurniasih, I., & Hernawati. (2021). Pentingnya Kolaborasi Antara Guru Dan Orang Tua Siswa Serta Masyarakat Pada Pendidikan Taman Kanak-Kanak. Fastabiq : Jurnal Studi Islam, 02(02), 10. https://doi.org/10.47281/fas.v2i2.36
Listyawati Winda, B., Hanif, M., & Anggraheni, I. (2021). Problematika Pembelajaran Home Visit di Raudhatul Athfal Darul Falah Karangploso Malang. Dewantara : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1).
Maesaroh, S. E., Setiawan, R., & Munawaroh, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Home Visit terhadap Peningkatan Kognitif Anak Didik (Penelitian di SDN Balewangi 1 Cisurupan Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 15(2). www.journal.uniga.ac.id
Mukarromah, A. (2022). Pendidikan dan Moral Pada Anak Usia Dini. JSER Journal of Science and Education Research, 1(1), 7.
Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin Rizki, R., & Hadi Alfian, Y. (2021). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529
Sari Permata, N., & Juniarti, Y. (2019). Evaluasi Peserta Didik menggunakan Kunjungan Rumah/Home Visit. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud
Sari Yunia, D., & Rahma, A. (2019). Meningkatkan Pemahaman Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Anak dengan Pendekatan STEAM melalui Program Home Visit. Jurnal Tunas Siliwangi, 5.
Suminah, S., Pusari, R. W., & Karmila, M. (2022). Manfaat Media Sosial Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi. Wawasan Pendidikan, 2(1), 199–206. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9558
Taulany, H. (2020). Manajemen Proses Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Pasca Pandemi Covid-19. 8.
Windayani, N. L. I., & Putra, K. T. H. (2021). Kolaborasi Whatsapp Group dan Home Visit sebagai Strategi Belajar Efektif dan Efisien pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 2(1). http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Pria Dita Anis Wari, Eko Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).