Manajemen Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.719Keywords:
Manajemen Kepemimpinan, Peran Kepala Sekolah, Sekolah Menengah Kejuruan, Kualitas Pendidikan, Pendekatan Systematic Literature ReviewAbstract
Penelitian ini betujuan mengetahui peran kepala sekolah dalam menjalankan manajemen kepemimpinannya guna meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Systematic Literature Review dari beberapa sumber sebagai data penelitian. Kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikannya memainkan peran ganda sebagai edukator, manajer, administrator, dan supervisor yang mengarahkan pendidik dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan dengan efektif. Kepala sekolah memiliki kemampuan mengikat dan mengharmonisasi berbagai aspek, serta menjalankan manajemen kepemimpinannya melalui beberapa aspek yakni manajemen pelayanan peserta didik, memberikan motivasi dan mewujudkan sinergi, manajemen keuangan, manajemen sarana dan prasarana, serta melaksanakan peran kepala sekolah. Untuk mengoptimalkan manajemen kepala sekolah, maka perlu menerapkan pendekatan system, input manajemen, serta meningkatkan kemampuan manajerial. Dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah mampu mengikat dan mengharmonisasi, serta mendorong pemanfaatan potensi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dengan peran holistik ini, kepala sekolah menjadi kunci membentuk lingkungan belajar berkualitas dan berdaya saing di SMK
Downloads
References
Dewi, Y. K., Zamroni, & Kadir, I. M. (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Miftahul Ulum Samarinda. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 201–207. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.3169
Diana, R., Kristiawan, M., & Wardiah, D. (2021). Pengaruh Kepemimpinan dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pembelajaran. Journal Educatio, 7(3), 769–777. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1221
Dirawat, Lamberi, Busro, Fachrudi, I., & Soekarto. (2010). Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Usaha Nasional.
Hadi, M. (2017). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Min Buengcala Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Intelektualita: Journal of Education Science and Teacher Training, 5(2), 17–26. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/4443
Harliansyah, & Amon, L. (2022). Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 147–162. http://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jimak
Hartono, S., & Achmad, H. (2021). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 15 Samarinda. Jurnal Pendidikan Islam, 04(02), 348–357. http://jurnal.staiannawawi.com/index.php/At-Tarbiyat/article/view/336
Haudi. (2022). Manajemen Kepemimpinan Pendidikan di Sekolah. Jurnal Ikraith-Humaniora, 6(1), 24–30. https://doi.org/10.51700/manajemen.v2i1.260
Hendarman. (2015). Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. PT. Indeks Puri Media.
Husaini, & Happy Fitria. (2019). Manajemen Kepemimpinan Pada LembagaPendidikan Islam. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 43–54.
Istanto, Fakhruddin, Yanto, H., Pramono, S. E., Rozik, M. W., & Lubis, E. S. D. D. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menyiapkan Lulusan yang Berkompeten di Dunia Kerja Di Era Revolusi Industri. Seminar Nasional Pascasarjana 2019.
Ja’far. (2019). Inovasi Kepemimpinan Kepala Madrasah Kreatif dalam Meningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Journal EVALUASI, 3(1), 74–103. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v3i1.215
Komara, E., Mulyanto, A., Miladiah, S. S., Sugandi, N., & Suganda, A. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di SMK Bina Warga Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1552–1558. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5194
Krisbiyanto, A. (2019). Efektifitas Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Mutu Pendidikan MTsN 2 Mojokerto. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 52–69. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.182
Ningsih, N. (2018). Manajemen Pembaharuan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 1(2), 83–91. https://doi.org/doi.org/10.31539/alignment.v1i2.484
Sabila, N. H., Bahtiar, B., & Yakin, N. (2023). Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah. Academy of Education Journal, 14(2), 226–236. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1223
Setiyowati, Y. (2021). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan. Media Manajemen Pendidikan, 3(3), 351–362. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i3.4590
Shobirin, M. (2016). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengelola Sekolah Menengah Kejuruan Unggulan Nurul Islam Larangan Brebes. OASIS (Objective And Accurate Sources of Islamic Studies), 1(1), 33–57.
Sukma, O., & Hasanah, E. (2021). Best Practice Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Nilai Akreditasi di SMPN 5 Airgegas Bangka Belitung. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 147–158.
Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272
Yarham, Kadri, H. Al, Yahya, & Irsyad. (2022). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 11(2), 115–120. https://doi.org/doi.org/10.24036/jbmp.v11i2
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Enjang Suhaedin, Muhammad Giatman, Hasan Maksum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).