Kepribadian Pendidik Muslim dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam

Authors

  • Maulidah Hasnah Anas STAI Al-Hikmah Medan, Indonesia
  • Salminawati Salminawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Usiono Usiono Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.713

Keywords:

Kepribadian, Pendidik Muslim

Abstract

Pendidik berkarakter sangatlah penting. Dalam pembelajaran peranan utamanya adalah  pendidik. Proses  pendidikan mempengaruhi hasil pendidikan. Kepribadian akan menjadi teladan, cerminan bagi peserta didik. Berkarakter baik akan mempermudah mendidik dan mengajar karena dialah  dahulu memberi contoh dan mengamalkan kebaikan tersebut. Bahkan anak sebagai peniru dapat meniru dan memaknai apa yang disampaikan dengan lebih cermat. Kepribadian pendidik khususnya pendidik muslim mempunyai peranan dalam membentuk kepribadian anak, mempersiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia, serta kesejahteraan masyarakat, kemajuan negara dan bangsa. Dari pembahasan di atas muncul beberapa rumusan permasalahan yaitu siapa pendidik, apa kedudukan pendidik dan bagaimana karakter pendidik muslim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepribadian pendidik muslim dengan melihat pandangan dari filsafat pendidikan Islam dan untuk mengetahui sisi baik pendidik muslim bagi perkembagan dan mutu pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah  kepustakaan, dengan mempelajari berbagai referensi dan hasil-hasil penelitian serupa sebelumnya untuk memperoleh landasan teori mengenai permasalahan yang akan diamati. Hasil observasi menunjukkan bahwa pendidik dapat menerapkan sifat-sifat Allah SWT yang berhubungan dengan pendidik dan dapat mengambil pelajaran dari hukum alam sunatullah dan diantara sifat-sifat Allah  pada Asmaul Husna.  Dan pada akhirnya menjadi seorang pendidik itu tidaklah hanya belajar dan mengajar saja. Pendidik juga harus menjadi pribadi yang sesuai dengan yang termaktub dalam petunjuk Islam, khususnya Kitabullah Al-Qur'an dan As-Sunnah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Bakar Muhammad Ibnu Ishak Ibnu Khuzaimah, Sahih Ibnu Khuzaimah. Beirut: AlMaktab Al-Islami

Abu Hamid al-Ghazali, Ihya 'ulumuddin.Mesir: Darul Ghad al-Jadid, 2005

Abu Hamid al-Ghazali, Ayyuhal Walad, cet.4. Beirut : Darul Basya'ir al-Islamiyah, 2010

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008

Eka SB, BT dan Baidlawie, MH Pendidik dalam perspektif Pendidikan Islam . ALIKHTIIBAR (Jurnal Ilmu Pendidikan), 2018.5(2)

Fitriyani, Yani dkk. Motivasi siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jawa Barat: Universitas Pendidikan Indonesia. 2021

Hadi Podo, Joseph J Sullivan, Kamus Komprehensif Indonesia Inggris, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2000

Hasan Asari, Kota Pemikiran Islam Klasik, Gagasan Pendidikan Abu Hamid AlGhazali. Medan: IAIN PRESS, 2012

Hasan bin Ali bin Hasan al-Hajjaji, Al-Fikru al-Tarbawiy 'inda Ibnu al-Qoyyim. Riyadh: Dar Hafizh, 1408 H/ 1988 M

Imam Musbikin, Guru Besar, Jogjakarta: Buku Biru, 2010

Mohd. Athiyah Al-Abrasy. Prinsip pendidikan Islam. Ibukota Jakarta. Bulan Bintang. 1969

Muhaimin, M. Strategi belajar mengajar dan penerapannya dalam pembelajaran PAI. Surabaya: Citra Media. 1996

Ngainun Naim, Menjadi guru inspiratif untuk memberdayakan dan mengubah gaya hidup siswa, Yogyakarta: Perpustakaan Siswa, 2011

Radinal Mukhtar Harahap, Mengelola pembentukan karakter muslim dalam perspektif filsafat pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, Vol .6, No.2. 2017

Sarah Lailatil Fadla. Model manajemen kepala sekolah bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pribadi guru. Jurnal informasi Managemen dan Strategi keagamaan : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKAMAS, 2 (1), 2022

Usman Effendi, Psikologi Konsumen, Jakarta: Rajawali Persada, 2016

Yadi Purwanto, Mengintegrasikan Psikologi Kepribadian Perspektif Nafsiyah dan Aqliyah pada Psikologi Islam (Surakarta: Refika Aditama: 2007)

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Anas, M. H., Salminawati, S., & Usiono, U. (2023). Kepribadian Pendidik Muslim dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Journal of Education Research, 4(4), 2579–2587. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.713

Issue

Section

Articles

Citation Check