Peran Yayasan dalam Mengatasi Problematika Manajemen Sarana Prasarana dan Kurikulum
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.71Abstract
Tujuan dari artikel yang dibuat adalah untuk menganalisis problematika manajemen sarana prasarana dan kurikulum. Penelitian ini ini menggunakan jenis metodelogi penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitiannya yaitu studi kasus. Subjek dan objek penelitian yaitu Kepala Sekolah dari lembaga TK. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan melalui wawancara secara langsung dan disertai dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data yaitu sumber datanya sama akan tetapi teknik pengumpulan data berbeda penletiti melakukan simpulan awal dan akhir untuk kevalidan data yang diperoleh. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat problematika antara yayasan dengan lembaga sekolah terkait optimalisasi manajemen sarana prasaran dan kurikulum. Oleh karena itu, peneliti akan menganalisis lebih lanjut problematika yang terjadi untuk memperoleh solusi yang tepat.
Downloads
References
Amiruddin, A. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Di Raudhathul Atfhal Perwanida 1 Lipu Kabupaten Majene. Al-Qalam, 20(1), 109.
Ampel, U. S. (2020). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Efektivitas Belajar Siswa Kelas 3 Tingkat Wustha. 10, 15.
Fatmawati, I. (2020). Hukum Yayasan Pendidikan (Prinsip Transparansi Pengelolaan Kegiatan Usaha Yayasan Menurut Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 Jo Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004. Cv Budi Utama.
Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.
Lisnawati, R. (2018). Fungsi Manajemen Kepala Sekolah, Motivasi, Dan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 143. Https://Doi.Org/10.26740/Jp.V2n2.P143-149
Malaya S, Ike. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jurnal Islamic Education Management. Vol 4, No. 1.
Muhammad, A. (2020) Manajemen Pendidikan Islam
Nur, M., Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2016). Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Sdn Dayah Guci Kabupaten Pidie. 11.
Rahayuningtyas, S. R., & Yulianto, A. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pengelolaan Yayasan, Fasilitas Sekolah, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk. 14.
Rosyadi, Y. I., & Pardjono, P. (2015). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp 1 Cilawu Garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 124–133.
Salman, I., & Widodo, A. (2020). Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan Raudhatul Athfal Dalam Telaah Renstra Kemenag 2015-2019. Modeling : Jurnal Program Studi Pgmi, 7(2), 18.
Sumarni, M.Si, S. (2018). Peran Dan Fungsi Yayasan Dalam Pengelolaan Pendidikan Madrasah. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2).
Taufik, A. ( 2019 ). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal El-Ghiroh. Vol 17, No 02.
Universitas Muhammadiyah Ponorogo, & Fadlillah, M. (2016). Komparasi Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Dengan Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 Dalam Pembelajaran Paud. Jurnal Indria (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 1(1).
Yahya, F. A. (2015). Problem Manajemen Pesantren, Sekolah Dan Madrasah: Problem Mutu dan Kualitas Input-Proses-Output. el-Tarbawi, 8(1).
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Silvia Umarotuz Zahro, Desta Nuzul Nur Safitri, Eko Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).