Peran Yayasan dalam Mengatasi Problematika Manajemen Sarana Prasarana dan Kurikulum

Authors

  • Silvia Umarotuz Zahro Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Desta Nuzul Nur Safitri Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Eko Setiawan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.71

Abstract

Tujuan dari artikel yang dibuat adalah untuk menganalisis problematika manajemen sarana prasarana dan kurikulum. Penelitian ini ini menggunakan jenis metodelogi penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitiannya yaitu studi kasus. Subjek dan objek penelitian yaitu Kepala Sekolah dari lembaga TK. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan melalui wawancara secara langsung dan disertai dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data yaitu sumber datanya sama akan tetapi teknik pengumpulan data berbeda penletiti melakukan simpulan awal dan akhir untuk kevalidan data yang diperoleh. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat problematika antara yayasan dengan lembaga sekolah terkait optimalisasi manajemen sarana prasaran dan kurikulum. Oleh karena itu, peneliti akan menganalisis lebih lanjut problematika yang terjadi untuk memperoleh solusi yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiruddin, A. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Di Raudhathul Atfhal Perwanida 1 Lipu Kabupaten Majene. Al-Qalam, 20(1), 109.

Ampel, U. S. (2020). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Efektivitas Belajar Siswa Kelas 3 Tingkat Wustha. 10, 15.

Fatmawati, I. (2020). Hukum Yayasan Pendidikan (Prinsip Transparansi Pengelolaan Kegiatan Usaha Yayasan Menurut Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 Jo Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004. Cv Budi Utama.

Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Lisnawati, R. (2018). Fungsi Manajemen Kepala Sekolah, Motivasi, Dan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 143. Https://Doi.Org/10.26740/Jp.V2n2.P143-149

Malaya S, Ike. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jurnal Islamic Education Management. Vol 4, No. 1.

Muhammad, A. (2020) Manajemen Pendidikan Islam

Nur, M., Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2016). Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Sdn Dayah Guci Kabupaten Pidie. 11.

Rahayuningtyas, S. R., & Yulianto, A. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pengelolaan Yayasan, Fasilitas Sekolah, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk. 14.

Rosyadi, Y. I., & Pardjono, P. (2015). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Smp 1 Cilawu Garut. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 124–133.

Salman, I., & Widodo, A. (2020). Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan Raudhatul Athfal Dalam Telaah Renstra Kemenag 2015-2019. Modeling : Jurnal Program Studi Pgmi, 7(2), 18.

Sumarni, M.Si, S. (2018). Peran Dan Fungsi Yayasan Dalam Pengelolaan Pendidikan Madrasah. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2).

Taufik, A. ( 2019 ). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal El-Ghiroh. Vol 17, No 02.

Universitas Muhammadiyah Ponorogo, & Fadlillah, M. (2016). Komparasi Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Dengan Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 Dalam Pembelajaran Paud. Jurnal Indria (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 1(1).

Yahya, F. A. (2015). Problem Manajemen Pesantren, Sekolah Dan Madrasah: Problem Mutu dan Kualitas Input-Proses-Output. el-Tarbawi, 8(1).

Downloads

Published

2022-04-08

How to Cite

Zahro, S. U. ., Safitri, D. N. N. ., & Setiawan, E. . (2022). Peran Yayasan dalam Mengatasi Problematika Manajemen Sarana Prasarana dan Kurikulum. Journal of Education Research, 3(1), 22–27. https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.71

Issue

Section

Articles

Citation Check