Konseptual Teoritis Kurikulum Pendidikan dalam Perspektif Secara Pragmatis dalam Islam

Authors

  • Erni Susilawati UIN Sunan Gunung Jati Bandung1, Indonesia
  • Ani Fatimah Zahra Saifi UIN Sunan Gunung Jati Bandung, Indonesia
  • Euis Komala UIN Sunan Gunung Jati Bandung, Indonesia
  • Izuddin Izuddin UIN Sunan Gunung Jati Bandung, Indonesia
  • Ateng Ruhendi UIN Sunan Gunung Jati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.705

Keywords:

Konseptual Teoritis, Kurikulum Pendidikan, Perspektif Islam

Abstract

Kurikulum dalam pendidikan Islam dikenal dengan kata manhaj yang memiliki arti jalan yang terang yang dilalui oleh pendidik dan peserta didik untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, keterampilan serta sikapKurikulum pendidikan dalam konsepsi Islam adalah: suatu sistem kebenaran, standar, dan nilai-nilai ilahi sekunder, dan variabel pengetahuan, pengalaman, dan pengalaman manusia. dan ketrampilan yang dibekali oleh lembaga pendidikan Islam kepada peserta didiknya, dengan tujuan membawa mereka pada tingkat kesempurnaan yang telah Allah persiapkan bagi mereka, sehingga mereka dapat menunaikan hak khilafah di muka bumi dengan memberikan kontribusi yang positif dan efektif dalam pembangunan dan pembangunannya. kemajuan kehidupan di permukaannya sesuai dengan metode Tuhan. Ciri ciri yang menjadi cirinya pemahaman kurikulum menurut Dr. Yusuf Al-Qaradawi, yaitu Metode atau kurikulum pendidikan islam sistem sumber dari gambaran islam untuk alam semesta, manusia dan kehidupan, beserta pemahaman dan ciri cirinya, dan dasar bangunan atau kontruksinya, dan pokoknya merupakan satu kesatuan yang utuh, yang setiap bagiannya dipengaruhi oleh bagian bagian yang lain, dan mempengaruhi bagian-bagian lainnya. Dan pemahaman ini untuk kurikulum pendidikan islam, dibedakan dalam serangkaian dari ciri ciri karakteristik. Ahmad Madkuri dua ribu dua Menurut Dr Yusuf Al-Qaradawi mengatakan bahwa Konsep yang pertama yaitu konsep Ketuhanan. Yang dimaksud dengan Ketuhanan di sini ada dua hal: Asal dan sumber ketuhanan, Arah dan tujuan ketuhanan. Menurut Dr Yusuf Al-Qaradawi mengatakan bahwa Konsep yang kedua yaitu konsep ketauhidan.  Ciri kurikulum pendidikan Islam yang kedua adalah ciri tauhid, Tauhid merupakan komponen pertama dari sistem Islam, karena merupakan fakta dasar atau fundafental dalam keimanan. Melalui tauhid, sistem atau pendekatan Islam menjadi unik di antara semua sistem dan pendekatan keyakinan dan filsafat lain yang berlaku di muka bumi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Madkuri, Ali. 2002. مَفْهُومُ مَنْهَجِ التَّرْبِيَةِ فِي التَّصَوُّرِ الْإِسْلَامِيِّ. Kairo: Dar Al-Fikr Al-Arabi.

Arifin, Zainal. 2018. Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Teori Dan Praktik. Yogyakarta: UIN Press.

Candra Hermawan, Yudi, Wikanti Iffah Juliani, and Hendro Widodo. 2021. “KONSEP KURIKULUM DAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM.” TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam 3(1):1–16. doi: 10.53649/taujih.v3i1.88.

Silahudin. 2020. “Kurikulum Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Antara Harapan Dan Kenyataan).” 331–55.

Usman Ilham Rosyadi, Faiq. 2023. “Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Islam.” Islamic Education Studies : An Indonesia Journal 6(1):32–46. doi: 10.30631/ies.v6i1.47.

Downloads

Published

2024-05-05

How to Cite

Susilawati, E., Saifi, A. F. Z., Komala, E., Izuddin, I., & Ruhendi, A. (2024). Konseptual Teoritis Kurikulum Pendidikan dalam Perspektif Secara Pragmatis dalam Islam. Journal of Education Research, 5(2), 1774–1778. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.705

Issue

Section

Articles

Citation Check