Lecturer Competence In Improving the Quality of 4C of Higher Education Graduates In The Era Of Society 5.0: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.700Keywords:
Society 5.0,, Kompetensi Dosen, Kualitas 4C LulusanAbstract
Perguruan Tinggi merupakan salah satu lembaga yang berkontribusi dalam kegiatan pendidikan di Indonesia tentunya harus mampu beradaptasi dalam menghadapi beberapa trend yang berkembang tak terkecuali trend Society lima titik nol. Terdapat lima kompetensi dari dosen PT yaitu dosen yaitu pegawai yang memiliki jabatan fungsional dan pendidik professional, dosen berkualifikasi akademik magister dan doktor, dosen seorang pembelajar dewasa, serta dosen merupakan seorang pelayan. Kompetensi ini berpengaruh dalam meningkatkan kualitas empat C lulusan PT yaitu komunikasi atau Communication, kolaborasi atau Collaboration, berpikir kritis dan pemecahan masalah atau Critical Thinking and Problem Solving dan kreativitas inovasi atau Creativity and Innovation.
Downloads
References
Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, critical thinking dancreative thinking) untukmenyongsong era abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i-xiii.
Arsanti, M., Zulaeha, I., & Subiyantoro, S. (2021, December). Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 319-324).
Bastian, I. (2023). Paradigma Baru Manajemen Pendidikan: Modul 1 (online) diakses dari https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/EKAP4417-M1.pdf
Basuki, B. R. (2009). Persepsi Mahasiswa Mengenai Kompetensi Dosen Ditinjau Dari Prestasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Keluarga. Skripsi (unpublished) diakses dari https://library.usd.ac.id/Data%20PDF/F.%20Keguruan%20dan%20Ilmu%20Pendidikan/Pendidikan%20Akuntansi/011334085.pdf
Bawa, D. L. (2020). Pengaruh kualifikasi akademik dosen terhadap mutu pembelajaran pendidikan agama Islam (Telaah Hasil Penelitian dan Kajian Tindak Lanjut). JIE (Journal of Islamic Education), 5(1), 78-88.
Dewi, C. (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Dosen di Perguruan Tinggi Swasta. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 3(1), 22-29.
Dini, A., Sutanto, H., & Saleh, M. (2023). Determinansi Tingkat Pengalaman Mengajar dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kinerja Dosen. Movere Journal, 5(1), 70-76.
Faiz, F. (2012). Thinking skill pengantar menuju berpikir kritis. Suka Press.
Firdaus, S., Suwiryo, D. H., & Sukmawaty, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Kompetensi Dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hummanioramaniora, 5(2), 320.
Fisher, A. (2011). Critical thinking: An introduction. Cambridge and New York: Cambridge University Press
Hamid, E.S. (2020). Webinar Nasional Kampus Merdeka-Merdeka Belajar Menakar Kesiapan SDM Indonesia dalam Menghadapi Society 5.0. (online) diakses dari http://new.widyamataram.ac.id/content/news/menghadapi-era-society-50-perguruan-tinggi-harus-ambil-peran#.YYsS3sdBzIU
Haryanto, H. (2012). Implementasi Kolaborasi Desain Dengan Teknologi Web untuk Membantu Sistem Pengambilan Keputusan. Jurnal Ilmiah SINUS, 6(1).
Hidayah, S. H. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kompetensi Dosen Terhadap Kepuasan Mahasiswa Ekonomi Ikip Pgri Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama.
Ibda, H. (2019). Pembelajaran bahasa indonesia berwawasan literasi baru di perguruan tinggi dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. Jalabahasa, 15(1), 48-64.
Jatmiko, U. (2020). Pengaruh Kompetensi Pembelajaran Dosen Dan Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri Kediri. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 4(4), 86-100.
Johnson, R. H. (2014). The rise of informal logic: Essays on argumentation, critical thinking, reasoning and politics (Vol. 2). University of Windsor.
Jumara, M., Saleh, F., & Zaini, M. (2016). Prpfesionalisme Dosen dalam Pembelajaran di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry di Banda Aceh [No. Skripsi 23].
Lian, B. (2019). Revolusi Industri 4.0 Dan Disrupsi, Tantangan Dan Ancaman Bagi Perguruan Tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Marlinah, L. (2019). Pentingnya peran perguruan tinggi dalam mencetak SDM yang berjiwa inovator dan technopreneur menyongsong era society 5.0. IKRAITH-EKONOMIKA, 2(3), 17-25.
Muhtadi, A. S. (2012). Komunikasi Dakwah: Teori, Pendekatan, dan Aplikasi. Publisher Simbiosa Rekatama Media
Rahman, A. M., Mutiani, M., & Putra, M. A. H. (2019). Pengaruh kompetensi pedagogik dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan IPS. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 375-387.
Sa’ud, U. S., Musthafa, B., & Sajawandi, L. (2021). Model Pembelajaran Membaca Terpadu berbasis Sastra Anak untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Penerbit NEM.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N.(2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8.
Setiawan, D., & Lenawati, M. (2020). Peran dan strategi perguruan tinggi dalam menghadapi era Society 5.0. Journal of Computer, Information System, & Technology Management, 3(1), 1-7.
Suratno, T. (2012). Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Sampoerna Fondation Institut.
Sutarsih, E., & Misbah, M. (2021). Konsep Pendidikan Profesional Perspektif Undang-Undang tentang Guru dan Dosen. Jurnal Kependidikan, 9(1), 69-82.
Triastuti, Y., & Jayadi, J. (2020). STUDI KOMPARASI KOMPETENSI DOSEN DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN, PENGALAMAN MENGAJAR, JABATAN AKADEMIK, DAN KEPEMILIKAN SERTIFIKAT PENDIDIK DOSEN. Prosiding Manajerial dan Kewirausahaan, 3, 43-60.
Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi keterampilan abad 21 dalam modul sociolinguistics: Keterampilan 4c (collaboration, communication, critical thinking, dan creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455-466.
Windiyani, T., & Suchyadi, Y. (2020). Hubungan Antara Sikap Belajar Mahasiswa Dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Etika Profesi. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1), 52-55.
Yasin, V. (2021). Penerapan sistem kegiatan belajar dan mengajar dalam instrumen sertifikasi dosen profesional menggunakan metode SMART. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, 1(1), 37-55.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Jeffry S.J. Lengkong, Victor David Pijoh, Iyone E.T. Siagian, Yovana P. M. Mamesah, Ivonny Melinda Sapulete

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).