Persepsi Siswa SMA Negeri 3 Palembang Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Pelajaran 2021-2022

Authors

  • Maryani Maryani Universitas PGRI Palembang, Indonesia, Indonesia
  • Neta Dian Lestari Universitas PGRI Palembang, Indonesia, Indonesia
  • Riswan Aradea Universitas PGRI Palembang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.70

Keywords:

persepsi, pembelajaran daring, pelajaran ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa sma negeri 3 Palembang terhadap pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran ekonomi tahun pelajaran 2021-2022. Jenis penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik one-shoot, adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan juga dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dengan persentase. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 130 siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palembang dengan menggunakan teknik probability random sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 95 siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palembang. Adapun hasil dari penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 3 Palembang dapat disimpulkan bahwa Persepsi Siswa SMA Negeri 3 Palembang Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Pelajaran 2021-2022 yang terdiri dari enam aspek pembelajaran daring dengan kategori sangat positif persentase 9,47% atau 9 responden, kategori positif persentase 23,15% atau 22 responden, kategori sedang persentase 34,73% atau 33 responden, kategori negative persentase 22,10% atau 21 responden, dan kategori sangat negative persentase 10,52% atau 10 responden. Sehingga dapat dikatakan bahwa persepsi siswa SMA Negeri 3 Palembang terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran ekonomi tahun pelajaran 2021-2022 termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 34,73% atau 33 responden.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, W. (2015). Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Manajeman Islam .

Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam , 10.

Alizamar, & Couto, N. (2016). Psikologi Persepsi dan Desain Informasi. Yogyakarta: Media Akademi.

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka Dan pembelajaran Daring Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Matrik, , 18.

Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian . Jakarta: Rineka Cipta.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring . Yogyakarta: Deepubliher.

Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19bTerhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.

Dzakirin, M. K. (2013). Orientasi Idealisme, Relativisme, Tingkat Pengetahuan, dan Genda: Pengaruhnya Pada Persepsi Mahasiswa Tentang Krisis Etika Akuntan Profesional. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya , 2.

Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM dan Efektivitas Promosi Melalui Online di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomidan Akuntansi), 4 (2621-5306).

Ermawati, N., & Delima, Z. M. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan dan Pengalaman Terhadap Minat Wajib Pajak Menggunakan Sistem E-Filing. Jurnal Akuntansi Indonesia, 5.

Gunawan, I., & Benty, D. N. (2017). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hamzah. (2018). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Haris, J. D. (2019 ). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Hasbullah. (2014). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Matematika Masa Depan. Jurnal Formatif , 4.

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Iskandar, M. I. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Modifikasi Bola Plastik Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tegal dow, Gemolong. Sragen Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Spirit , 17 (1411-8319).

Lestari, N. D. (2017, April 27). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGRI.

MKDP, T. P. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran.

Pattanang, E., Limbong, M., & Tambunan, W. (2021). Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tata Muka di Masa Pandemi SMK Kristen Tagari. Jurnal Manajemen Penddidikan , 10 (Issn 2301-5594IE-Issn 2301-5594).

Pohan, A. E. (2020). konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Purwodadi: CV. SARNU UNTUNG.

Rahma, T. I. (2018). Persepsi Masyarakat Kota Medan Terhadap penggunaan Financial Technology (FINTECH). Jurnal Ekonomi Islam, III.

Rahmat, D. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Nazhir Terhadap Wakap Uang. Jurnal Zakat dan Wakap , 10.

Rosdiani, D. (2015). Kurikulum Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Rumengan, I. M., Lumenta, A. S., & Paturusi, S. D. (2019). Pembelajaran Daring dan Pelatihan Aparatur Sipil Negara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Papua Barat. Jurnal Teknik Informatika , 14.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saifuddin, M. F. (2017, Desember). E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa Varidika. Kajian Penelitian Pendidikan .

Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung : Alfabeta.

Sukardi. (2016). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-03-13

How to Cite

Maryani, M., Lestari, N. D. ., & Aradea, R. . (2022). Persepsi Siswa SMA Negeri 3 Palembang Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Pelajaran 2021-2022. Journal of Education Research, 3(1), 13–21. https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.70

Issue

Section

Articles

Citation Check