Kategori Makna Leksikal Verba pada Iklan Produk Kecantikan MS Glow
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.69Keywords:
semantik, kategori makna leksikal, kategori verba, iklan produk MSAbstract
Iklan merupakan satu bentuk pembujukan dalam usaha mempengaruhi khalayak sasaran tentang pandangan atau keputusan membeli. Iklan produk kecantikan wanita merupakan salah satunya. Penelitian ini bertujuan pada kategori makna leksikal verba yang digunakan dalam keterangan produk tersebut. Alasan peneliti mengambil objek produk MS Glow karena produk ini sangat fenomenal dan kalimat yang digunakan dalam iklan sangat persuasif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deksriptif kualitatif. Sumber dan data penelitian adalah iklan produk kecantikan MS Glow. Instumen penelitian menggunakan tablel klasifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik hasil observasi dan menyimak iklan produk MS Glow. Hasil penelitian ini adalah kategori makna leksikal verba yang terdapat pada iklan produk kecantikan MS Glow
Downloads
References
Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Suwandi, Sarwiji. 2008. Semantik Pengantar Kajian Makna.Yogyakarta: Media Perkasa.
Tarigan, HG. 1983. Prinsip-prinsip dasar Sintaksis. Bandung: Angkasa
Alwi, Hasan. 2002. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
Yanti, A dkk. (2021). Analisis Makna Leksikal Pada Lirik Lagu Kamu Dan Kenangan Karya
Maudy Ayunda. Jurnal sastra, 10 (2), 86-92
Yusuf, F. 2020. Makna Slogan Pada Iklan Rokok Di Kota Makassar.Skripsi : PBSI Universitas Muhammadiya Makassar
Sinaga, C.Y dkk. (2021). Analisis Makna Denotasi Dan Konotasi Pada Lirik Lagu “Celengan Rindu” Karya Fiersa Besari. Jurnal Metabahasa, 3 (1), 41-55
Zahid, I. (2019). Kata Kerja Dan Hubungan Leksikal Dalam Iklan Produk Kecantikan Wanita. Issues in Language Studies, 8 (1), 65-84
Pratiwi, E.D.P. Makna Tanda Verbal Dan Non-Verbal Pada Iklan “Wafer Tango”. STIBA Saraswati Denpasar
Suatini, N.W. Kajian Metabahasa Semantik Alami Verba Melihat Dalam Bahasa Bali
Herawati, A. (2018). Analisis Verba Pada Kalimat Motivasi Dalam Buku Jiwa Yang Lapang Karya A.K (Kajian Semantik). Artikel Skripsi : Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sari, I.R.N. (2019). Analisis Tindak Tutur Dalam Iklan Produk Kecantikan Wardah di Media Televisi. Skripsi : Universitas Jember.
Zahid, I. (2020). Domain Semantik, Kata Kerja Dan Kolokasi Dalam Iklan Produk Kecantikan Wanita. Issues in Language Studies, 9 (1), 28-50
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).