Kategori Makna Leksikal Verba pada Iklan Produk Kecantikan MS Glow

Authors

  • Eva Eri Dia Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang, Indonesia
  • Sinta Dwi M Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.69

Keywords:

semantik, kategori makna leksikal, kategori verba, iklan produk MS

Abstract

Iklan merupakan satu bentuk pembujukan dalam usaha mempengaruhi khalayak sasaran tentang pandangan atau keputusan membeli. Iklan produk kecantikan wanita merupakan salah satunya. Penelitian ini bertujuan pada kategori makna leksikal verba yang digunakan dalam keterangan produk tersebut. Alasan peneliti mengambil objek produk MS Glow karena produk ini sangat fenomenal dan kalimat yang digunakan dalam iklan sangat persuasif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deksriptif kualitatif. Sumber dan data penelitian adalah iklan produk kecantikan MS Glow. Instumen penelitian menggunakan tablel klasifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik hasil observasi dan menyimak iklan produk MS Glow. Hasil penelitian ini adalah kategori makna leksikal verba yang terdapat pada iklan produk kecantikan MS Glow

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Suwandi, Sarwiji. 2008. Semantik Pengantar Kajian Makna.Yogyakarta: Media Perkasa.

Tarigan, HG. 1983. Prinsip-prinsip dasar Sintaksis. Bandung: Angkasa

Alwi, Hasan. 2002. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Yanti, A dkk. (2021). Analisis Makna Leksikal Pada Lirik Lagu Kamu Dan Kenangan Karya

Maudy Ayunda. Jurnal sastra, 10 (2), 86-92

Yusuf, F. 2020. Makna Slogan Pada Iklan Rokok Di Kota Makassar.Skripsi : PBSI Universitas Muhammadiya Makassar

Sinaga, C.Y dkk. (2021). Analisis Makna Denotasi Dan Konotasi Pada Lirik Lagu “Celengan Rindu” Karya Fiersa Besari. Jurnal Metabahasa, 3 (1), 41-55

Zahid, I. (2019). Kata Kerja Dan Hubungan Leksikal Dalam Iklan Produk Kecantikan Wanita. Issues in Language Studies, 8 (1), 65-84

Pratiwi, E.D.P. Makna Tanda Verbal Dan Non-Verbal Pada Iklan “Wafer Tango”. STIBA Saraswati Denpasar

Suatini, N.W. Kajian Metabahasa Semantik Alami Verba Melihat Dalam Bahasa Bali

Herawati, A. (2018). Analisis Verba Pada Kalimat Motivasi Dalam Buku Jiwa Yang Lapang Karya A.K (Kajian Semantik). Artikel Skripsi : Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Sari, I.R.N. (2019). Analisis Tindak Tutur Dalam Iklan Produk Kecantikan Wardah di Media Televisi. Skripsi : Universitas Jember.

Zahid, I. (2020). Domain Semantik, Kata Kerja Dan Kolokasi Dalam Iklan Produk Kecantikan Wanita. Issues in Language Studies, 9 (1), 28-50

Downloads

Published

2022-03-04

How to Cite

Dia, E. E. ., & M, S. D. . (2022). Kategori Makna Leksikal Verba pada Iklan Produk Kecantikan MS Glow. Journal of Education Research, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.69

Issue

Section

Articles

Citation Check