Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Edukasi Anti-Narkoba di Sekolah

Authors

  • Wawan Hermawan Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Reny Jabar Badan Narkotika Nasional, Indonesia
  • Paojan Zam’an PKBM Masagi Edupreneur, Indonesia
  • Mohamad Heri Hadian Yayasan Bustanul Jannah, Indonesia
  • Suryana Sumantri Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.686

Abstract

Kurangnya pemahaman tentang bahaya narkoba seringkali menjadikan remaja rentan terhadap penyalahgunaan narkoba. Sebagai respons terhadap masalah ini, kami mengimplementasikan sebuah program Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan diri remaja terhadap narkoba melalui edukasi yang efektif. Program ini menggunakan metode penyuluhan audio visual yang inovatif, dengan menampilkan materi edukatif mengenai bahaya narkoba melalui video yang menarik dan mudah dipahami. Kegiatan ini melibatkan penayangan video edukatif, diikuti dengan sesi diskusi interaktif untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa mengenai bahaya narkoba. Jika sebelumnya banyak siswa yang belum memahami secara mendalam mengenai topik ini, sesi penyuluhan dan diskusi yang kami lakukan berhasil membuka wawasan mereka dan memperkuat pemahaman mereka tentang risiko serta dampak penyalahgunaan narkoba. Melalui kegiatan ini, kami dapat menyimpulkan bahwa pendekatan penyuluhan berbasis audio visual merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan remaja tentang bahaya narkoba. Pendekatan ini memberikan dampak positif dan signifikan dalam membentuk sikap dan ketahanan diri remaja terhadap ancaman narkoba di lingkungan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 1(3), 80–88.

Ardya, M. D., Nurhayati, S., & Ansori, A. (2023). Peran Karang Taruna Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Melalui Aplikasi Gobiz di Desa Bandasari. Comm-Edu (Community Education Journal), 6(2), 289–295.

Arif, S., & Widodo, S. (2019). Pengembangan Media Video Anti Narkoba sebagai Media Penyuluhan di Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNNP Jawa Timur untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Pelajar di SMKN 3 Surabaya. Universitas Negeri Surabaya, 53(9), 1689–1699.

Cholifah, R. N., Nurhayati, S., & Fitriana, W. (2023). Pendampingan Mental Berbasis Pendekatan Spiritual Bagi Anak Dan Remaja. COMM-EDU, 6(1), 52–62.

Ghofur, E. H., & Nurhayati, S. (2023a). Multimedia-Based Learning Media Development to Improve Early Childhood Expressive Language Ability. Obsesi, 7(2), 2373–2382. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4416

Ghofur, E. H., & Nurhayati, S. (2023b). Multimedia-Based Storytelling Learning Media Effectivity For Early Childhood ’ s Expressive Language Skill Development. Obsesi, 7(6), 6677–6686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4682

Jabar, R., & Nurhayati, S. (2021). The Effect of Drug Hazard Counselling in Improving Public Knowledge Level of Hazardous Drugs. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(4), 455. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i4.114106

Jabar, R., Nurhayati, S., & Rukanda, N. (2021). Peningkatan Pemahaman Tentang Bahaya Narkoba Untuk Mewujudkan Desa Bersih Narkoba. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3557–3566.

Kosmara, U., Nurhayati, S., Sulaimawan, D., & Kartika, P. (2021). Development of Street Children Based on the Art of Angklung Music To Shape the Confidence. Journal of Educational Experts, 4(2), 62–69.

Kurniawati, R. D., Fitrah, D., & Suherdin. (2022). Optimalisasi Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Remaja sebagai Agent of Change Mencegah Penularan Covid-19 Melalui Media Video. JCES (Journal of …, 5(1), 63–72.

Lolok, N., & Yuliastri, W. O. (2020). Efektivitas Program P4GN terhadap Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA di SMP Negeri 10 Kota Kendari. Mandala Pengabdian Masyarakat, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.35311/jmpm.v1i1.8

Mustaqim, M., Dafitri, H., & Dharmawati, D. (2021). Edukasi Digital Pengenalan Bahaya Narkoba bagi Anak Usia Dini Berbasis 3D dan Augmented Reality. Djtechno: Journal of Information Technology Research, 2(2), 170–176. https://doi.org/10.46576/djtechno.v2i2.1623

Nugraha, A. R., Perbawasari, S., & Zubair, F. (2017). Model Komunikasi Pariwisata yang Berbasiskan Kearifan Lokal. Jurnal The Messenger, 9(2), 231. https://doi.org/10.26623/themessenger.v9i2.468

Nur Faridhotul Khasanah, A., Handayani, D., Ibad, M., & Aan Adriansyah, A. (2022). Literature Review: Gambaran Efektivitas Penggunaan Media Video Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Bahaya Narkoba. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2), 691–700. https://doi.org/10.58344/jmi.v1i2.33

Rukanda, N., Nurhayati, S., & Ganda, G. (2020). Partisipasi Karang Taruna Terhadap Kegiatan Masyarakat Melalui Aksi Sosial. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 144. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.4151

Saputra, R. A., Nurhayati, S., & Fitriana, W. (2022). Peran Karang Taruna Dalam Program Sosialisasi Pola Hidup Sehat Sebagai Upaya Preventif Penularan Covid-19. COMM-EDU, 5(3), 107–112.

Setiadi, D., Nurhayati, S., Ansori, Zubaidi, M., & Amir, R. (2023). Youth ’ s Digital Literacy in the Context of Community Empowerment in an Emerging Society 5 . 0. Society, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.33019/society.v10i2.491

Suhardiman, D., & Nurhayati, S. (2023). Direct Counseling Model with Lectures and Discussions Effectivity In Increasing The Knowledge And Attitudes Of Pregnant Women On Healthy Childbirth. Aksara, 9(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1635-1640.2023

Sulastri, S., & Nurhayati, S. (2023). Empowering Youth: The Role of Reproductive Health Education in Mitigating Adolescent Misbehavior. Education Achievment: Journal of Science and Research, 4(2), 188–199.

Susanti, A., & Izzuddin, A. (2023). Effective Communication Training on Drug Harm Prevention for Volunteers in The Success of The Shining School (Clean Drugs) Program. 1(1), 1–7.

Syafrudin, E., & Nurhayati, S. (2020). Training of Pencak Art To Preserve Local Life in Youth Organization Kp. Andir Rt. 01 Rw. 15 Village Padalarang, West Bandung District. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 216–223. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/1783

Tobing, M. S., Karneli, Y., Nurfarhanah, & Hariko, R. (2023). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Bahaya Narkoba pada Siswa. Sibatik Journal, 2(10), 2975–2988.

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Hermawan, W., Jabar, R., Zam’an, P., Hadian, M. H., & Sumantri, S. (2023). Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Edukasi Anti-Narkoba di Sekolah. Journal of Education Research, 4(4), 2064–2071. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.686

Issue

Section

Articles

Citation Check