Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Edukasi Anti-Narkoba di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.686Abstract
Kurangnya pemahaman tentang bahaya narkoba seringkali menjadikan remaja rentan terhadap penyalahgunaan narkoba. Sebagai respons terhadap masalah ini, kami mengimplementasikan sebuah program Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan diri remaja terhadap narkoba melalui edukasi yang efektif. Program ini menggunakan metode penyuluhan audio visual yang inovatif, dengan menampilkan materi edukatif mengenai bahaya narkoba melalui video yang menarik dan mudah dipahami. Kegiatan ini melibatkan penayangan video edukatif, diikuti dengan sesi diskusi interaktif untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa mengenai bahaya narkoba. Jika sebelumnya banyak siswa yang belum memahami secara mendalam mengenai topik ini, sesi penyuluhan dan diskusi yang kami lakukan berhasil membuka wawasan mereka dan memperkuat pemahaman mereka tentang risiko serta dampak penyalahgunaan narkoba. Melalui kegiatan ini, kami dapat menyimpulkan bahwa pendekatan penyuluhan berbasis audio visual merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan remaja tentang bahaya narkoba. Pendekatan ini memberikan dampak positif dan signifikan dalam membentuk sikap dan ketahanan diri remaja terhadap ancaman narkoba di lingkungan mereka.
Downloads
References
Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 1(3), 80–88.
Ardya, M. D., Nurhayati, S., & Ansori, A. (2023). Peran Karang Taruna Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Melalui Aplikasi Gobiz di Desa Bandasari. Comm-Edu (Community Education Journal), 6(2), 289–295.
Arif, S., & Widodo, S. (2019). Pengembangan Media Video Anti Narkoba sebagai Media Penyuluhan di Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNNP Jawa Timur untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Pelajar di SMKN 3 Surabaya. Universitas Negeri Surabaya, 53(9), 1689–1699.
Cholifah, R. N., Nurhayati, S., & Fitriana, W. (2023). Pendampingan Mental Berbasis Pendekatan Spiritual Bagi Anak Dan Remaja. COMM-EDU, 6(1), 52–62.
Ghofur, E. H., & Nurhayati, S. (2023a). Multimedia-Based Learning Media Development to Improve Early Childhood Expressive Language Ability. Obsesi, 7(2), 2373–2382. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4416
Ghofur, E. H., & Nurhayati, S. (2023b). Multimedia-Based Storytelling Learning Media Effectivity For Early Childhood ’ s Expressive Language Skill Development. Obsesi, 7(6), 6677–6686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4682
Jabar, R., & Nurhayati, S. (2021). The Effect of Drug Hazard Counselling in Improving Public Knowledge Level of Hazardous Drugs. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(4), 455. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i4.114106
Jabar, R., Nurhayati, S., & Rukanda, N. (2021). Peningkatan Pemahaman Tentang Bahaya Narkoba Untuk Mewujudkan Desa Bersih Narkoba. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3557–3566.
Kosmara, U., Nurhayati, S., Sulaimawan, D., & Kartika, P. (2021). Development of Street Children Based on the Art of Angklung Music To Shape the Confidence. Journal of Educational Experts, 4(2), 62–69.
Kurniawati, R. D., Fitrah, D., & Suherdin. (2022). Optimalisasi Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Remaja sebagai Agent of Change Mencegah Penularan Covid-19 Melalui Media Video. JCES (Journal of …, 5(1), 63–72.
Lolok, N., & Yuliastri, W. O. (2020). Efektivitas Program P4GN terhadap Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA di SMP Negeri 10 Kota Kendari. Mandala Pengabdian Masyarakat, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.35311/jmpm.v1i1.8
Mustaqim, M., Dafitri, H., & Dharmawati, D. (2021). Edukasi Digital Pengenalan Bahaya Narkoba bagi Anak Usia Dini Berbasis 3D dan Augmented Reality. Djtechno: Journal of Information Technology Research, 2(2), 170–176. https://doi.org/10.46576/djtechno.v2i2.1623
Nugraha, A. R., Perbawasari, S., & Zubair, F. (2017). Model Komunikasi Pariwisata yang Berbasiskan Kearifan Lokal. Jurnal The Messenger, 9(2), 231. https://doi.org/10.26623/themessenger.v9i2.468
Nur Faridhotul Khasanah, A., Handayani, D., Ibad, M., & Aan Adriansyah, A. (2022). Literature Review: Gambaran Efektivitas Penggunaan Media Video Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Bahaya Narkoba. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2), 691–700. https://doi.org/10.58344/jmi.v1i2.33
Rukanda, N., Nurhayati, S., & Ganda, G. (2020). Partisipasi Karang Taruna Terhadap Kegiatan Masyarakat Melalui Aksi Sosial. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 144. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.4151
Saputra, R. A., Nurhayati, S., & Fitriana, W. (2022). Peran Karang Taruna Dalam Program Sosialisasi Pola Hidup Sehat Sebagai Upaya Preventif Penularan Covid-19. COMM-EDU, 5(3), 107–112.
Setiadi, D., Nurhayati, S., Ansori, Zubaidi, M., & Amir, R. (2023). Youth ’ s Digital Literacy in the Context of Community Empowerment in an Emerging Society 5 . 0. Society, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.33019/society.v10i2.491
Suhardiman, D., & Nurhayati, S. (2023). Direct Counseling Model with Lectures and Discussions Effectivity In Increasing The Knowledge And Attitudes Of Pregnant Women On Healthy Childbirth. Aksara, 9(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1635-1640.2023
Sulastri, S., & Nurhayati, S. (2023). Empowering Youth: The Role of Reproductive Health Education in Mitigating Adolescent Misbehavior. Education Achievment: Journal of Science and Research, 4(2), 188–199.
Susanti, A., & Izzuddin, A. (2023). Effective Communication Training on Drug Harm Prevention for Volunteers in The Success of The Shining School (Clean Drugs) Program. 1(1), 1–7.
Syafrudin, E., & Nurhayati, S. (2020). Training of Pencak Art To Preserve Local Life in Youth Organization Kp. Andir Rt. 01 Rw. 15 Village Padalarang, West Bandung District. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 216–223. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/empowerment/article/view/1783
Tobing, M. S., Karneli, Y., Nurfarhanah, & Hariko, R. (2023). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Bahaya Narkoba pada Siswa. Sibatik Journal, 2(10), 2975–2988.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Wawan Hermawan, Reny Jabar, Paojan Zam’an, Mohamad Heri Hadian, Suryana Sumantri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).