Kontribusi Kegiatan Mentoring dalam Pembinaan Karakter Jujur Peserta Didik

Authors

  • Muhammad Iqbal Bimbingan Konseling Islam, STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Weni Yulastri Bimbingan Konseling Islam, STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Joni Adison Bimbingan Konseling Islam, STKIP PGRI Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.68

Keywords:

Mentoring, Karakter Jujur, Peserta didik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang rendahnya nilai kejujuran dalam belajar. Adanya peserta didik yang kurang bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk :Mendeskripsikan kegiatan mentoring peserta didik kelas VIII di SMPIT Adzkia Padang, Mendeskripsikan karakter jujur peserta didik. Menguji seberapa besar kontribusi kegiatan mentoring terhadap pembentukan karakter jujur peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif analisis regresi linear sederhana. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik dikelas VIII berjumlah seratus dua puluh delapan orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan propotional random sampling yaitu sebanyak lima puluh enam orang. Data penelitian diperoleh melalui angket dan diolah menggunakan teknik persentase dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan  kegiatan mentoring peserta didik kelas VIII di SMPIT Adzkia Padang berada pada kategori cukup baik. karakter jujur peserta didik kelas VIII di SMPIT Adzkia Padang berada pada kategori tinggi. Besarnya kontribusi dalam pembentukan karakter jujur peserta didik sebesar tiga puluh delapan persen. Artinya enam puluh dua persen dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk itu direkomendasikan kepada mentor untuk melakukan inovasi terhadap teknik atau metode dalam mengevaluasi program mentoring sehingga peserta didik mampu mengaplikasikan karakter jujur dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Batubara, J. (2015). Pengembangan Karakter Jujur Malalui Pembiasaan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(1).

Darmawan, D. (2013). Prosedur Penelitian Kuantitatif. Remaja Rosdakarya.

Karmedi, M. I., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19. Journal of Education Research, 2(1), 44–46. https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.45

Meiliyani, R., Fitria, H., & Puspita, Y. (2021). Pengaruh Sertifikasi dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa. Journal of Education Research, 2(1), 6–14. https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.39

Prasetyo, G. (2014). Pelaksanaan Program Mentoring dalam Membentuk Karakter Siswa SMA N Yogyakarta. Jurnal Pendidikan FIP UNY, 1(1).

Yulastri, W. (2018). Mentor and Mentee Understanding of Character Building in Mentoring Activity at SMP Arrisalah.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Iqbal, M. ., Yulastri, W. ., & Adison, J. . (2021). Kontribusi Kegiatan Mentoring dalam Pembinaan Karakter Jujur Peserta Didik . Journal of Education Research, 2(4), 151–156. https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.68

Issue

Section

Articles

Citation Check