Kontribusi Kegiatan Mentoring dalam Pembinaan Karakter Jujur Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.68Keywords:
Mentoring, Karakter Jujur, Peserta didikAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang rendahnya nilai kejujuran dalam belajar. Adanya peserta didik yang kurang bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk :Mendeskripsikan kegiatan mentoring peserta didik kelas VIII di SMPIT Adzkia Padang, Mendeskripsikan karakter jujur peserta didik. Menguji seberapa besar kontribusi kegiatan mentoring terhadap pembentukan karakter jujur peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif analisis regresi linear sederhana. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik dikelas VIII berjumlah seratus dua puluh delapan orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan propotional random sampling yaitu sebanyak lima puluh enam orang. Data penelitian diperoleh melalui angket dan diolah menggunakan teknik persentase dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan mentoring peserta didik kelas VIII di SMPIT Adzkia Padang berada pada kategori cukup baik. karakter jujur peserta didik kelas VIII di SMPIT Adzkia Padang berada pada kategori tinggi. Besarnya kontribusi dalam pembentukan karakter jujur peserta didik sebesar tiga puluh delapan persen. Artinya enam puluh dua persen dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk itu direkomendasikan kepada mentor untuk melakukan inovasi terhadap teknik atau metode dalam mengevaluasi program mentoring sehingga peserta didik mampu mengaplikasikan karakter jujur dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Batubara, J. (2015). Pengembangan Karakter Jujur Malalui Pembiasaan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(1).
Darmawan, D. (2013). Prosedur Penelitian Kuantitatif. Remaja Rosdakarya.
Karmedi, M. I., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19. Journal of Education Research, 2(1), 44–46. https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.45
Meiliyani, R., Fitria, H., & Puspita, Y. (2021). Pengaruh Sertifikasi dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa. Journal of Education Research, 2(1), 6–14. https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.39
Prasetyo, G. (2014). Pelaksanaan Program Mentoring dalam Membentuk Karakter Siswa SMA N Yogyakarta. Jurnal Pendidikan FIP UNY, 1(1).
Yulastri, W. (2018). Mentor and Mentee Understanding of Character Building in Mentoring Activity at SMP Arrisalah.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).