Efektifitas Komunikasi Persuasif dalam Mendorong Perubahan Perilaku Mahasiswa Farmasi

Authors

  • Pupu Fujriani Wasngadiredja Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia, Indonesia
  • Diki Prayugo Wibowo Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.676

Keywords:

Perubahan Perilaku, Fenomenologi, Komunikasi Persuasif, Tantangan Mahasiswa Farmasi, Efektifitas layanan Bimbingan & Konseling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami fenomena perubahan perilaku mahasiswa farmasi yang telah habis masa studi dan nyaris menghadapi Drop Out (DO). Fokus utama adalah efektifitas Komunikasi Persuasif dari Tim Pelaksana Bimbingan dan Konseling (TPBK) sebagai agen kunci dalam mendukung mahasiswa mengatasi tantangan seperti penurunan motivasi, masalah keluarga, kesulitan mengatur waktu, kendala biaya dan hambatan berkomunikasi dengan dosen pembimbing. Melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, hasil menunjukkan bahwa pesan persuasif TPBK memberikan dukungan moral, membangkitkan semangat, dan meningkatkan pemahaman tentang pentingnya menyelesaikan tugas akhir. Kesimpulan triangulator menegaskan bahwa komunikasi persuasif efektif digunakan dalam menciptakan perubahan positif, termasuk peningkatan motivasi dan keterbukaan untuk bekerja sama. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan untuk meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling, memberikan pemahaman lebih dalam tentang peran strategis Komunikasi Persuasif dalam mendorong perubahan perilaku mahasiswa farmasi yang berisiko DO

Downloads

Download data is not yet available.

References

AUSTIN. (1962). HOW TO DO THINGS WITH WORDS. LONDON: OXFORD UNIVERSITY PRESS.

Dewa Ayu Kadek Claria, Ni Ketut Sariani. (2020). Metode Komunikasi Persuasif untuk meningkatkan motivasi berwirausaha masyarakat di desa Kesiman Kertalangu Pada Masa Pandemi Covid-19. Linguistic Community Service Journal, 1-10. doi:http://doi.org/10.22225/licosjournal.v1i1.2281. 1-10

Elia Firda Mufidah, Aniek Wirastania, Cindy Asli Pravesti. (2021). Studi Kasus : Permasalahan yang sering ditangani Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 7-12.

Kafie, Jamamluddin, Psikologi Dakwah, Surabaya, Indah 1993

Mubasyaroh. (2017). Strategi Dakwah Persuasif dalam Mengubah Perilaku. Ilmu Dakwah : Academic Journal for Homiletic Studies, 311-324. doi:DOI: 10.15575/idajhs.v12i.2398

Nida, F. L. (2014). Persuasi dalam Media Komunikasi Massa. AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 77-95. doi: 10.21043/at-tabsyir.v2i2.502

O. Hasbiansyah. (2008). Pendekatan Fenomenologi : Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator, 163-180. doi:https://doi.org/10.29313/mediator.v9i1.1146

Pupu F. Wasngadiredja, Diki P. Wibowo, Marina Yuliani. (2023). Pelestarian Seni Budaya Wayang Golek Sebagai Implementasi Sila Ke-2 Pancasila. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 471-481. doi:https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20097

Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2011

Rusandi, Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam (Journal of Educaton and Islamic Studies), 48-60. doi:https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Revita, I. (2014). Pragmatik: Kajian Tindak Tutur Permintaan Lintas Bahasa. Sumedang: Light Publishing.

Siregar, L. Y. (2020). Motivasi sebagai Pengubahan Perilaku. Forum Paedagogik, 81-97. doi:10.24952/paedagogik.v12i2.3156

Safriyah, A. (2015). Tindak Tutur Imbauan Dan Larangan Pada Wacana Persuasi Di Tempat-Tempat Kos Daerah Kampus. Surakata. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/32764/

Yesilyaprak, B. (2001). Egitimde Rehberlik Hizmetleri (Guidance Services in Education). Ankara: Nobel Yayin

Waruwu, F. (2017). Analisis tentang Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Kinerja Karyawan. Studi Kasus: di Rumah Sakit Rajawali dan Stikes Rajawali Bandung (Yayasan Kemanusiaan Bandung Indonesia). Jurnal Manajemen Maranatha, 16(2), 203. doi:10.28932/jmm.v16i2.390

Downloads

Published

2024-01-14

How to Cite

Wasngadiredja, P. F., & Wibowo, D. P. (2024). Efektifitas Komunikasi Persuasif dalam Mendorong Perubahan Perilaku Mahasiswa Farmasi . Journal of Education Research, 5(1), 48–54. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.676

Issue

Section

Articles

Citation Check