Efektifitas Komunikasi Persuasif dalam Mendorong Perubahan Perilaku Mahasiswa Farmasi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.676Keywords:
Perubahan Perilaku, Fenomenologi, Komunikasi Persuasif, Tantangan Mahasiswa Farmasi, Efektifitas layanan Bimbingan & KonselingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami fenomena perubahan perilaku mahasiswa farmasi yang telah habis masa studi dan nyaris menghadapi Drop Out (DO). Fokus utama adalah efektifitas Komunikasi Persuasif dari Tim Pelaksana Bimbingan dan Konseling (TPBK) sebagai agen kunci dalam mendukung mahasiswa mengatasi tantangan seperti penurunan motivasi, masalah keluarga, kesulitan mengatur waktu, kendala biaya dan hambatan berkomunikasi dengan dosen pembimbing. Melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, hasil menunjukkan bahwa pesan persuasif TPBK memberikan dukungan moral, membangkitkan semangat, dan meningkatkan pemahaman tentang pentingnya menyelesaikan tugas akhir. Kesimpulan triangulator menegaskan bahwa komunikasi persuasif efektif digunakan dalam menciptakan perubahan positif, termasuk peningkatan motivasi dan keterbukaan untuk bekerja sama. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan untuk meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling, memberikan pemahaman lebih dalam tentang peran strategis Komunikasi Persuasif dalam mendorong perubahan perilaku mahasiswa farmasi yang berisiko DO
Downloads
References
AUSTIN. (1962). HOW TO DO THINGS WITH WORDS. LONDON: OXFORD UNIVERSITY PRESS.
Dewa Ayu Kadek Claria, Ni Ketut Sariani. (2020). Metode Komunikasi Persuasif untuk meningkatkan motivasi berwirausaha masyarakat di desa Kesiman Kertalangu Pada Masa Pandemi Covid-19. Linguistic Community Service Journal, 1-10. doi:http://doi.org/10.22225/licosjournal.v1i1.2281. 1-10
Elia Firda Mufidah, Aniek Wirastania, Cindy Asli Pravesti. (2021). Studi Kasus : Permasalahan yang sering ditangani Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 7-12.
Kafie, Jamamluddin, Psikologi Dakwah, Surabaya, Indah 1993
Mubasyaroh. (2017). Strategi Dakwah Persuasif dalam Mengubah Perilaku. Ilmu Dakwah : Academic Journal for Homiletic Studies, 311-324. doi:DOI: 10.15575/idajhs.v12i.2398
Nida, F. L. (2014). Persuasi dalam Media Komunikasi Massa. AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 77-95. doi: 10.21043/at-tabsyir.v2i2.502
O. Hasbiansyah. (2008). Pendekatan Fenomenologi : Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator, 163-180. doi:https://doi.org/10.29313/mediator.v9i1.1146
Pupu F. Wasngadiredja, Diki P. Wibowo, Marina Yuliani. (2023). Pelestarian Seni Budaya Wayang Golek Sebagai Implementasi Sila Ke-2 Pancasila. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 471-481. doi:https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20097
Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2011
Rusandi, Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam (Journal of Educaton and Islamic Studies), 48-60. doi:https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Revita, I. (2014). Pragmatik: Kajian Tindak Tutur Permintaan Lintas Bahasa. Sumedang: Light Publishing.
Siregar, L. Y. (2020). Motivasi sebagai Pengubahan Perilaku. Forum Paedagogik, 81-97. doi:10.24952/paedagogik.v12i2.3156
Safriyah, A. (2015). Tindak Tutur Imbauan Dan Larangan Pada Wacana Persuasi Di Tempat-Tempat Kos Daerah Kampus. Surakata. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/32764/
Yesilyaprak, B. (2001). Egitimde Rehberlik Hizmetleri (Guidance Services in Education). Ankara: Nobel Yayin
Waruwu, F. (2017). Analisis tentang Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Kinerja Karyawan. Studi Kasus: di Rumah Sakit Rajawali dan Stikes Rajawali Bandung (Yayasan Kemanusiaan Bandung Indonesia). Jurnal Manajemen Maranatha, 16(2), 203. doi:10.28932/jmm.v16i2.390
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Pupu Fujriani Wasngadiredja, Diki Prayugo Wibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).