Karakteristik Peserta Didik Ditinjau dari Kasus Bullying dan Broken Home di Madrasah Aliyah Raudhatul Iman Jambi

Authors

  • Uswatun Hasanah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Nurfarida Deliani Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Juliana Batubara Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Aulia Sinta Yulda Institut Ilmu Al-Qur'an Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.675

Keywords:

Bullying, Broken Home

Abstract

Bullying di sekolah dapat muncul dalam berbagai bentuk, seperti kekerasan fisik, pelecehan verbal, dan isolasi sosial. Dukungan sosial, terutama dari keluarga, merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh remaja. Kehidupan sosial remaja dapat terpengaruh oleh situasi keluarga mereka, terutama jika mereka mengalami perceraian orang tua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik peserta didik ditinjau dari kasusu bulliying dan broken home di madrasah aliyah Raudhatul Iman Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus analisis situasi, fokus pada masalah bullying di Madrasah Aliyah Raudhatul Iman Jambi. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi untuk menganalisis bentuk-bentuk bullying di sekolah serta dampak psikologis pada korban. Analisis data meliputi deskriptif secara statistic maupun secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying, terutama dalam bentuk verbal, merupakan isu serius di Madrasah Aliyah Raudhatul Iman Jambi. Peserta didik, seperti AB, mengalami bullying dari teman di sekolah dan lingkungan rumahnya karena kondisi fisiknya yang gemuk. Guru dianggap memiliki peran penting dalam mengatasi masalah ini. Selain itu, dampak broken home, seperti yang dialami oleh LS, juga signifikan dalam memengaruhi aktivitas belajar dan kesejahteraan emosional peserta didik. Guru dan orang tua perlu memberikan dukungan ekstra untuk mengatasi dampak negatif dari perceraian orang tua dan memberikan motivasi yang diperlukan. Upaya sekolah melibatkan penanganan insiden bullying secara langsung, implementasi proyek karakter, dan layanan bimbingan dan konseling. Perhatian khusus juga diberikan pada siswa yang berasal dari keluarga broken home, dengan pengakuan bahwa dukungan penuh dari orang tua memiliki dampak positif pada proses belajar-mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, N. (2022). Analisis Perilaku Bullying Antar Siswa Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Sdn Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0). Https://Ejurnal.Pps.Ung.Ac.Id/Index.Php/Psnpd/Article/View/1062

Anggita, M. (2019). Bagaimanakah Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar Berlatar Belakang Keluarga Broken Home?. Https://Www.Google.Com/Search?Client=Firefox-B-D&Q=Anggita%2c+M.+F.%2c+%26+Abduh%2c+M.+%282023%29.+Bagaimanakah+Aktivitas+Belajar+Siswa+Sekolah+Dasar+Berlatar+Belakang+Keluarga+Broken+Home%3f.+Jurnal+Elementaria+Edukasia%2c+6%283%29%2c+1082-1091.

Carleton, R. N., Afifi, T. O., Taillieu, T., Turner, S., Krakauer, R., Anderson, G. S., Macphee, R. S., Ricciardelli, R., Cramm, H. A., Groll, D., & Mccreary, D. R. (2019). Exposures To Potentially Traumatic Events Among Public Safety Personnel In Canada. Canadian Journal Of Behavioural Science, 51(1), 37–52. Https://Doi.Org/10.1037/Cbs0000115

Hardi, E. (2016). Konsep Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Broken Home Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2). Http://Jurnal.Um-Tapsel.Ac.Id/Index.Php/Ristekdik/Article/View/57

Hopeman, T. A., Suarni, K., & Lasmawan, W. (2020a). Dampak Bullying Terhadap Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Tunas Bangsa Kodya Denpasar). Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 52–63. Https://Doi.Org/10.23887/Jpdi.V4i1.3416

Hopeman, T. A., Suarni, K., & Lasmawan, W. (2020b). Dampak Bullying Terhadap Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Tunas Bangsa Kodya Denpasar). Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 52–63. Https://Doi.Org/10.23887/Jpdi.V4i1.3416

Junindra, A., Fitri, H., Murni, I., Ilmu Pendidikan, F., & Negeri Padang, U. (2022). Peran Guru Terhadap Perilaku Bullying Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11133–11138. Https://Doi.Org/10.31004/Jptam.V6i2.4204

Kasenda, R. Y.,. (2023). Analisis Perilaku Sosial Remaja Yang Mengalami Broken Home Di Rbn Wale Ma’zani. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan).

Zuraida. (2019). Konsep Diri Pada Remaja Dari Keluarga Yang Bercerai. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 88–97. Https://Doi.Org/10.22303/Kognisi.2.2.2018.88-97

Mohan, T. A. M., & Bakar, A. Y. A. (2021). A Systematic Literature Review On The Effects Of Bullying At School. Schoulid: Indonesian Journal Of School Counseling, 6(1), 35. Https://Doi.Org/10.23916/08747011

Mucherah, W., Finch, H., White, T., & Thomas, K. (2018). The Relationship Of School Climate, Teacher Defending And Friends On Students’ Perceptions Of Bullying In High School. Journal Of Adolescence, 62, 128–139. Https://Doi.Org/10.1016/J.Adolescence.2017.11.012

Najib M., S. (2023). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Okafor, O. J., & (Phd), U. P. E. (2021). Influence Of Broken Homes On Academic Achievement Of Secondary Schools Students In Nsukka Education Zone Of Enugu State. Journal Of Educational Research & Development, 4(1), 144–152. Http://Educationalresearchdevelopmentjournal.Com/Index.Php/Jerd/Article/View/19

Olivia, D.,. (2017). Pola Asuh Anak Pada Keluarga Broken Home Di Kota Sungailiat Provinsi Bangka Belitung. Jurnal Empirika.

Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying Di Sekolah: Kurangnya Empati Pelaku Bullying Dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237. Https://Doi.Org/10.26714/Jkj.7.3.2019.237-246

Ramadhanti, R. (Ramadhanti), & Hidayat, M. T. (Muhamad). (2022). Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i3.2892

Ruli, E., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidkan, I., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143–146. Https://Ummaspul.E-Journal.Id/Jenfol/Article/View/428

Sari, D. P. (2021). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sd Al-Washliyah 25 Medan Marelan. Http://Repository.Umsu.Ac.Id/Handle/123456789/15952

Sukawati, A., Muiz Lidinillah, D. A., & Ganda, N. (2021). Fenomena Bullying Berkelompok Di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 354–363. Https://Doi.Org/10.17509/Pedadidaktika.V8i2.35344

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. (N.D.). Retrieved December 1, 2023,

Wahid, R., Herlambang, Y. T., Hendrayani, A., & Susilo, S. V. (2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perubahan Kepribadian Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1626–1633. Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i4.2397

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Hasanah, U., Deliani, N., Batubara, J., & Sinta, A. (2023). Karakteristik Peserta Didik Ditinjau dari Kasus Bullying dan Broken Home di Madrasah Aliyah Raudhatul Iman Jambi. Journal of Education Research, 4(4), 2625–2631. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.675

Issue

Section

Articles

Citation Check