Pembelajaran Bahasa Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.661Keywords:
Bahan Ajar, Bahasa Jepang, Lembaga Pelatihan Kerja, Metode, StrategiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan membandingkan metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja, strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pengajarkan bahasa Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja, bahan ajar yang digunakan pada enam lembaga pelatihan kerja di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah penanggung jawab enam Lembaga pelatihan kerja dari berbagai daerah di Indonesia. Teknik analisis data dalam penelitian terdiri dari reduksi data, tabulasi data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa metode pengajaran bahasa Jepang yang digunakan adalah metode Grammar Translation Method, Direct method, Audiolingual Method, dan Total Physical Response. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi memori, strategi kognitif, strategi metakognitif, strategi afektif, dan strategi sosial. Bahan ajar yang digunakan berupa buku Minna no Nihongo satu, dua, Chuukyuu, dan buku Soumatome N tiga.
Downloads
References
Alek. 2021. Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa (Sebuah Perspektif Baru Bagi Calon Peneliti). 1st ed. Bogor: CV Mutiara Galuh.
Aminah, Shobichatul, Stedi Wardoyo, and Sri Pangastoeti. 2018. “Pengiriman Tenaga Perawat Dan Careworker Indonesia Ke Jepang Dalam Kerangka Indonesia - Japan Economic Partnership Agreement (IJ-EPA).” Bakti Budaya 1(1):92–101. doi: 10.22146/bb.37933.
Desyana, Annisa. 2023. “Kerja Sama Jepang-Indonesia Dalam Mengatasi Kriris Ketenagakerjaan Di Jepang.” Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Fatimah, and Sari; Ratna Dewi Kartika. 2018. “Strategi Belajar & Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa.” JPena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1(2):108–13. doi: 10.55606/jsr.v1i1.980.
Giyoto. 2021. Metode Pembelajaran Bahasa Asing. 1st ed. edited by I. Elen. Yogyakarta: Gerbang Media Aksara Yogyakarta.
Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Kementrian. 2018. “Lembaga Pelatihan Kerja Bahasa Jepang.” Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Retrieved (https://binalattas.kemnaker.go.id/pemagangan/perizinan/so/datalembaga/tbl_syaratijinbarulist.php?cmd=reset).
Krisnawa, Kadek Bayu. 2023. “Pembelajaran Bahasa Jepang Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Babaking Course.” Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia 3(1):1–10.
Malik, Nazaruddin. 2016. Dinamika Pasar Tenaga Kerja Indonesia. 1st ed. Malang: Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.
Noviyanthi, Ni Nyoman Putri, I. Wayan Sadyana, and Kadek Eva Krishna Adnyani. 2020. “Pembelajaran Kanji Di Kelas N4 Keperawatan LPK LPJ (Lembaga Pelatihan Bahasa Jepang) Bali.” Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha 6(2):273. doi: 10.23887/jpbj.v6i2.26487.
Pratiwi, Novia, Nana Rahayu, and Dini Budiani. 2021. “Penggunaan Strategi Metakognitif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fkip Universitas Riau.” Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha 7(3):275–84.
Putri, D. I. W., and I. W. Sadyana. 2017. “Variasi Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang Di Sma Negeri Bali Mandara Kelas Xi Tahun Ajaran 2017/2018.” Jurnal Pendidikan Bahas Jepang Undiksha 3(3):454–64.
Saepudin. 2014. An Introduction to English Learning and Teaching Methodology. Vol. 53. 1st ed. Yogyakarta: Trust Media.
Sari, Ni Luh Mita, I. Wayan Sadyana, and Ni Nengah Suartini. 2021. “Pembelajaran Bahasa Jepang Di Lembaga Pelatihan Kerja (Lpk) Bulan Palapa Desa Landih Bangli.” Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha 7(1):42. doi: 10.23887/jpbj.v7i1.31854.
Sariuli, D. M., K. E. K. Adnyani, and G. S. Hermawan. 2019. “Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang Dasar Untuk Perhotelan Di Pplp Panshopia Singaraja.” Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha 5(3):417–24.
Sutedi, Dedi. 2017. “Dinamika Perkembangan Pendidikan Bahasa Jepang Di Indonesia Dan Permasalahannya.” Pp. 7–13 in Seminar Nasional Dinamika Perkembangan Bahasa Jepang di Indonesia, edited by S. Sonda. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Devi Haryanti Oktavia, Ramadanil Akbar M

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).