Analisis Praktik Sosial dalam Berita Pembelajaran Jarak Jauh pada Surat Kabar Daring detik.com edisi Juli 2020
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.66Keywords:
Analisis wacana kritis, Analisis sosial Van Dijk, , surat kabar daring, pembelajaran jarak jauhAbstract
Kemudahan mengakses informasi membuat para konsumen dapat mengetahui semua informasi hanya dengan bermodalkan gawai yang dimilikinya. Perkembangan ini disusul dengan maraknya perusahaan berita yang ikut serta meningkatkan kualitas dengan cara membuat berita daring. Surat kabar daring mulai terkenal sejak tahun dua ribuan, namun dikarenakan munculnya wabah covid sembilan belas yang sudah melumpuhkan Indonesia selama dua tahun ini, membuat perusahaan berita daring semakin memberikan kemudahan dalam segi informasi.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis adanya analisis sosial dalam berita pembelajaran jarak jauh pada surat kabar daring detik.com edisi juli dua ribu dua puluh. Penelitian kali ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena peneliti mendeskripsikan analisis sosial dalam berita pembelajarn jarak jauh pada surat kabar detikcomedisi Juli ua ribu dua puluh. Dalam penelitian kualitatif ini, peneliti berperan sebagai pengumpul data, mengamati dan membaca kumpulan berita yang menyangkut tentang pembelajaran jarak jauh pada surat kabar detikcomedisi Juli ua ribu dua puluh. Metode pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti, yaitu dengan observasi teks, yang mana peneliti melakukan pengamatan terhadap beberapa surat kabar daring. Penentuan objek, ini bertujuan untuk membantu dan mempermudah peneliti dalam pengumpulan data. Dilanjutkan dengan pembacaan data, menandai data dan juga identifikasi data. Data penelitian ini berupa wacana dengan penanda kalimat yang menunjukkan praktik kekuasaan dan akses memengaruhi wacana yang mana ditemukan pada kumpulan berita daring pembelajaran jarak jauh untuk mendapatkan makna tersebut. Hasil penelitian pada data ini menunjukkan adanya beberapa praktik kekuasaan yang dilakukan dalam forum tersebut. Bahasa yang digunakan penulis juga menunjukkan adanya kekuasaan yang dimiliki oleh kelompok. Kekuasaan ini berupa status dan pengetahuan. Penggunaan bahasa yang dipilih penulis mencerminkan bahwa Nadiem Makarim dan beberapa petinggi lainnya mempunyai akses wacana untuk mengontrol dengan cara perubahan kurikulum dan beberapa peraturan dalam Pendidikan
Downloads
References
Ardhana, N. R., & Mayasari, D. (2021). Jargon Santri Asrama Ibnu Sina Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang. Journal of Education Research, 2(2), 53–68. https://doi.org/10.37985/jer.v2i2.48
Darma, Yorce Aliah. 2014. Analisis wacana kritis dan multiperspektif. Bandung: PT Refika Aditama
Dicka Maárief Alyatalatthaf, Muhammad (2019) 2019) Cybermisogyny: Perilaku Kebencian Terhadap Perempuan Di Media Sosial. Master sthesis, Master Program in Communication Science.(Online).(http://eprints.undip.ac.id/74075
Eriyanto. 2011. Analisis Wacana(PengantarAnalisisTeksMedia). Yogyakarta: PT. LKis Printing Cemerlang.
Hidayatullah.Syarif & M. Yusri Romadhon. .Analisis PeristiwaTutur (Speaking Dalam Acara Ngobras Bersama Dekan FKIPUMUS Brebes Diambil dari http://jurnal.umus.ac.id/index.php/semantika/article/download/258/semantika.
Permana, R. S. M., & Aceng Abdullah. 2020. Surat Kabar dan Perkembangan Teknologi: Sebuah Tinjauan Komunikatif. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. (online) https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jipsi/article/view/3086.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).