Pengaruh Blended Learning Terhadap Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, and Communication) pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPI YPTK Padang
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.651Abstract
Perkembangan digitalisasi saat ini memerlukan kualitas sumber daya manusia dengan kemampuan hard skill dan soft skill. Kemampuan soft skill seperti empat C yaitu Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication penting bagi kualitas SDM agar mampu bersaing dengan perkembangan teknologi serta mempertahankan eksistensinya di tengah kemajuan mesin dan teknologi yang ada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan keterampilan empat C atau Critical Thinkking, Creativity, Collaboration, dan Communication mahasiswa. Penelitian ini berjenis ekperimen semu yang dilakukan kepada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis jurusan manajemen pada mata kuliah riset operasi tahun pelajaran dua ribu dua puluh satu sampai dua ribu dua puluh dua Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Sebanyak 94 mahasiswa telah diuji dengan menggunakan perlakuan yang berbeda pada proses pembelajarannya. Teknik pengumpulan data menggunakan catatan observasi, pelaksanaan pretest dan post test serta kuesioner. Hasil analisis data diperolah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan empat C mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pada kompetensi Critical Thinking metode Blanded Learning berperan sebesar tiga puluh empat persen, kompetensi Creativity berperan sebesar dua puluh tujuh persen, kompetensi Collaboration berperan sebesar dua puluh sembilan persen, sedangkan kompetensi Communicate metode Blended Learning belum terlalu berpengaruh bagi mahasiswa.
Downloads
References
Andrini, V. S., & Yusro, A. C. (2021). Blended Learning Model in a Distance Learning System to Increase 4C Competence (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, and Communication). Journal of Educational Science and Technology (EST), 7(3), 236. https://doi.org/10.26858/est.v7i3.21278
Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., & Haryati, N. (n.d.). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana ISSN 26866404 Pascasarjana Universitas Negeri Semarang Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/
Darma, I. K., Karma, I. G. M., & Santiana, I. M. A. (2020). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3, 527–539.
Firda, S. U., & Sunarti, T. (2022). The Learning Implementation of Project Based Learning (PjBL) to Analyze Students’ 4C Skills Ability. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 10(3), 567. https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i3.5380
Hidayati, N., Ferazona, S., & Idris, T. (n.d.). Community Education Engagement Journal 4Cs’ (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity) pada Era Revolusi Industri 4.0: Pentingnya Mengenalkan Keterampilan ini Bagi Guru SMPN 1 Kuok. https://doi.org/10.25299/ceej.2019
Ketut Widiara Negeri, I. S., & Bergong, P. (2018). BLENDED LEARNING SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. Purwadita, 2(2).
Kuntarto, Eko, & Asyhar. (n.d.). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA ASPEK LEARNING DESIGN DENGAN PLATFORM MEDIA SOSIAL ONLINE SEBAGAI PENDUKUNG PERKULIAHAN MAHASISWA.
Kurniawan, B. (2020). Implementasi Pendidikan Tekhnohumanistik Berbasis 4c Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. IVCEJ, 3(1).
Nur, A. M., Nasrah, N., & Amal, A. (2022). Blended Learning: Penerapan dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi PGSD. Jurnal Basicedu, 6(1), 1263–1276. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2189
Nurdiansyah, E., Ramadhan, A., Veronica, M. P., Galuh Ps, S., Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP, P., Sriwijaya, U., & Selatan, S. (2022). Penguatan Critical Thingking, Collaboration, Communication Dan Creative (4C) Pada Mata Kuliah PKn Melalui Mobile Learning Berbasis Schoology. https://doi.org/10.29407/pn.v7i2.17966
Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1308–1314. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Rudianto, R., Diani, R., Subandi, S., & Widiawati, N. (2022). Development of assessment instruments 4C skills (critical thinking, collaboration, communication, and creativity) on parabolic motion materials. Journal of Advanced Sciences and Mathematics Education, 2(2), 65–79. https://doi.org/10.58524/jasme.v2i2.115
Sari, A. R. (2013). Strategi Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2), 32–43. https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1689
Sari, S. P., Siregar, E. F. S., & Lubis, B. S. (2021). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Model Flipped Learning untuk Meningkatkan 6C For HOTS Mahasiswa PGSD UMSU. Jurnal Basicedu, 5(5), 3460–3471.
Sipahutar Christine. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR XYZ JAKARTA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7.
Susetyarini, E., Nurohman, E., & Husamah, H. (2022). Analysis of Students’ Collaborative, Communication, Critical Thinking, and Creative Abilities through Problem-Based Learning. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 6(1), 33–42. https://doi.org/10.36312/esaintika.v6i1.584
Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Nurrahayu, S. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C Creativity , Communication , & Collaborative ) ( Critical Thinking , Strategies to Improve 4C Competencies ( Critical Thinking , Creativity , Communication & Collaborative ). 14(1), 41–52.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Harmelia Harmelia, Yonna Anggayu Putri, Mutia Seplinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).