Pengaruh Blended Learning Terhadap Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, and Communication) pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPI YPTK Padang

Authors

  • Harmelia Harmelia Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Indonesia
  • Yonna Anggayu Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Indonesia
  • Mutia Seplinda Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.651

Abstract

Perkembangan digitalisasi saat ini memerlukan kualitas sumber daya manusia dengan kemampuan hard skill dan soft skill. Kemampuan soft skill seperti empat C yaitu Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication penting bagi kualitas SDM agar mampu bersaing dengan perkembangan teknologi serta mempertahankan eksistensinya di tengah kemajuan mesin dan teknologi yang ada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan keterampilan empat C atau Critical Thinkking, Creativity, Collaboration, dan Communication mahasiswa. Penelitian ini berjenis ekperimen semu yang dilakukan kepada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis jurusan manajemen pada mata kuliah riset operasi tahun pelajaran dua ribu dua puluh satu sampai dua ribu dua puluh dua Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Sebanyak 94 mahasiswa telah diuji dengan menggunakan perlakuan yang berbeda pada proses pembelajarannya. Teknik pengumpulan data menggunakan catatan observasi, pelaksanaan pretest dan post test serta kuesioner. Hasil analisis data diperolah bahwa  terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan empat C mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pada kompetensi Critical Thinking metode Blanded Learning berperan sebesar tiga puluh empat persen, kompetensi Creativity berperan sebesar dua puluh tujuh persen, kompetensi  Collaboration berperan sebesar dua puluh sembilan persen, sedangkan kompetensi Communicate metode Blended Learning belum terlalu berpengaruh bagi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrini, V. S., & Yusro, A. C. (2021). Blended Learning Model in a Distance Learning System to Increase 4C Competence (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, and Communication). Journal of Educational Science and Technology (EST), 7(3), 236. https://doi.org/10.26858/est.v7i3.21278

Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., & Haryati, N. (n.d.). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana ISSN 26866404 Pascasarjana Universitas Negeri Semarang Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/

Darma, I. K., Karma, I. G. M., & Santiana, I. M. A. (2020). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3, 527–539.

Firda, S. U., & Sunarti, T. (2022). The Learning Implementation of Project Based Learning (PjBL) to Analyze Students’ 4C Skills Ability. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 10(3), 567. https://doi.org/10.33394/j-ps.v10i3.5380

Hidayati, N., Ferazona, S., & Idris, T. (n.d.). Community Education Engagement Journal 4Cs’ (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity) pada Era Revolusi Industri 4.0: Pentingnya Mengenalkan Keterampilan ini Bagi Guru SMPN 1 Kuok. https://doi.org/10.25299/ceej.2019

Ketut Widiara Negeri, I. S., & Bergong, P. (2018). BLENDED LEARNING SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. Purwadita, 2(2).

Kuntarto, Eko, & Asyhar. (n.d.). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA ASPEK LEARNING DESIGN DENGAN PLATFORM MEDIA SOSIAL ONLINE SEBAGAI PENDUKUNG PERKULIAHAN MAHASISWA.

Kurniawan, B. (2020). Implementasi Pendidikan Tekhnohumanistik Berbasis 4c Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. IVCEJ, 3(1).

Nur, A. M., Nasrah, N., & Amal, A. (2022). Blended Learning: Penerapan dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi PGSD. Jurnal Basicedu, 6(1), 1263–1276. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2189

Nurdiansyah, E., Ramadhan, A., Veronica, M. P., Galuh Ps, S., Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP, P., Sriwijaya, U., & Selatan, S. (2022). Penguatan Critical Thingking, Collaboration, Communication Dan Creative (4C) Pada Mata Kuliah PKn Melalui Mobile Learning Berbasis Schoology. https://doi.org/10.29407/pn.v7i2.17966

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1308–1314. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Rudianto, R., Diani, R., Subandi, S., & Widiawati, N. (2022). Development of assessment instruments 4C skills (critical thinking, collaboration, communication, and creativity) on parabolic motion materials. Journal of Advanced Sciences and Mathematics Education, 2(2), 65–79. https://doi.org/10.58524/jasme.v2i2.115

Sari, A. R. (2013). Strategi Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2), 32–43. https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1689

Sari, S. P., Siregar, E. F. S., & Lubis, B. S. (2021). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Model Flipped Learning untuk Meningkatkan 6C For HOTS Mahasiswa PGSD UMSU. Jurnal Basicedu, 5(5), 3460–3471.

Sipahutar Christine. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR XYZ JAKARTA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7.

Susetyarini, E., Nurohman, E., & Husamah, H. (2022). Analysis of Students’ Collaborative, Communication, Critical Thinking, and Creative Abilities through Problem-Based Learning. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 6(1), 33–42. https://doi.org/10.36312/esaintika.v6i1.584

Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Nurrahayu, S. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C Creativity , Communication , & Collaborative ) ( Critical Thinking , Strategies to Improve 4C Competencies ( Critical Thinking , Creativity , Communication & Collaborative ). 14(1), 41–52.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Harmelia, H., Putri, Y. A., & Seplinda, M. (2023). Pengaruh Blended Learning Terhadap Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, and Communication) pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPI YPTK Padang. Journal of Education Research, 4(4), 2564–2570. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.651

Issue

Section

Articles

Citation Check