Strategi Mempertahankan Reputasi Perguruan Tinggi untuk Menjaga Mutu Pendidikan di Era Global

Authors

  • Sergius Lay STP Dian Mandala Gunung Sitoli , Indonesia
  • Susy Alestriani Sibagariang (2) Pendidikan Ekonomi,Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar , Indonesia
  • Muhsin Muhsin Universitas Jabal Ghafur, Indonesia
  • Irsan Irsan Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Selamat Triono Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • T. Teviana Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.648

Keywords:

Reputasi, Strategi dan Era Global

Abstract

Penelitian ini Membahas tentang “strategi mempertahankan reputasi perguruan tinggi di era global”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang reputasi perguruan tinggi serta menemukan strategi-strategi yang mungkin dalam mempertahankan dan mengembangkannya agar institusi sekolah tersebut tetap eksis dan dicintai oleh masyarakat. Sedangkan metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif di mana penulis mengumpulkan berbagai literatur serta menganalisisnya. Kesimpulan yang diperoileh dari penelitian ini adalah bahwa ditemukan strategi-strategi yang digunakan untuk mempertahankan reputasi perguruan tinggi dalam menjaga mutu Pendidikan yaitu : 1) memperkuat visi dan misa institusi perguruan tinggi, 2) meningkatkan visibilitas melalui komunikasi yang efektif; 3) konsentrasi terhadap pelayanan mahasiswa dan, 4) meningkatkan kualitas pendidikan, 5) membangun kemitraan nasional, dan 5) penguatan komunikasi melalui humas dan media relasi sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. B., & Deli, T. (2000). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Penabur Ilmu.

Alpitasari, S. F. (2023). Kemendikbudristek Beberkan Alasan Pencabutan Izin Operasional 23 Perguruan Tinggi. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/586627/kemendikbudristek-beberkan-alasan-pencabutan-izin-operasional-23-perguruan-tinggi#:~:text=“Terdapat 23 Perguruan tinggi yang,Pendidikan Tinggi Kebudayaan%2C Riset dan

Chalid, S. (2007). Peningkatan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi. Paper seminar sistem informasi manajemen, 2, 415–422.

CNN Indonesia. (2023). Kemendikbud Cabut Izin Operasional 23 Perguruan Tinggi Bermasalah. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230526154147-20 954438/kemendikbud-cabut-izin-operasional-23-perguruan-tinggi bermasalah#:~:text=Kementerian Pendidikan%2C Kebudayaan%2C Riset%2C,tinggi yang dicabut izin operasionalnya.

Farida, N. (2017). Strategi Mitra Eksternal (MIE) menuju Sekolah Bermutu. I(1), 80–86.

Ilahi, A. (2023). Ranah Penilaian Kognitif, Afektif, dan Psikomotor. https://www.afdhalilahi.com/2015/12/ranah-penilaian-kognitif-afektif-dan.html

Jatmika, S. (2018). Pelaksanaan Kemitraan Antara Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat pada SMK Bisnis Manajemen Kota Surakarta. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 28(2), 36–43.

Kurnia, I. H., Santoso, D., & Dkk. (2013). REPUTASI SEKOLAH ( Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta ). Jupe UNS, I(2), 1–17. https://media.neliti.com/media/publications/13532-ID-strategi-humas-dalam-meningkatkan-reputasi-sekolah-studi-kasus-di-sma-negeri-1-s.pdf

Lay, S. (2023). Survei tentang Reputasi Sekolah se Yayasan Budi Bakti Keuskupan Sibolga.

Lusi, W. P. (2016). Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia Melalui Supervisi Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 1, 1–4.

Neni Herlina. (2020). Membangun Reformasi Birokrasi di Jalur Yang Tepat. Humas Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/membangun-reformasi-birokrasi-di-jalur-yang-tepat/

Nurdiansyah, D. (2023). Strategi Pengelolaan Reputasi dalam Kegiatan Humas Institut Teknologi Telkom Purwokerto di Disruption Era. 5(1).

Nurjanah, A. (2022). Komunikasi CSR dan Reputasi. Samudra.

Oplatka, I., & Nupar, I. (2013). The Components and Determinants of School Reputation: Insights from Parents’ Voices. Education and Society, 30(1), 37–52. https://doi.org/10.7459/es/30.1.04

Pratama, A. M. (2022). Globalisasi: Pengertian, Ciri-ciri dan Dampak-dampaknya. KOMPAS. https://money.kompas.com/read/2021/10/26/183000326/globalisasi-adalah-pengertian-ciri-ciri-dan-dampak-dampaknya?page=all

Pusat Bahasa Depdiknas. (2008). Kamus Bahasa Indonesia (Dendy Sugono (ed.)). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Reed Kennedy. (2020). Strategic Management. Virginia Tech Publisching.

Ruslan, R. (2008). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Rajawali Pers.

Sari, D. K., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Reputasi Sekolah Terhadap Wom (Word of Mouth) Peran Mediasi Kepercayaan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 18(2), 162–170. https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.47960

Syafitri, I. R., Halimahturrafiah, N., Sucipto, E., & Sabandi, A. (2023). Merumuskan Visi dan Misi pada Pendidikan Dasar dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Indonesia. Aulad : Journal on [21] Early Childhood, 6(3), 234–243. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.504

Wahjono, S. I., Marina, A., Rahim, A. R., Rasulong, I., & Yani, T. I. I. (2020). Perilaku Organisasi di Era Revolusi Industri 4,0 (1 ed.). Rajawali Press.

Zen Istiarsono. (2016). Tantangan Pendidikan dalam Era Globalisasi: Kajian Teoritik. Jurnal Intelegensia, 1(2), 19–24.

Downloads

Published

2024-02-04

How to Cite

Lay, S., Sibagariang, S. A., Muhsin, M., Irsan, I., Triono, S., & Teviana, T. (2024). Strategi Mempertahankan Reputasi Perguruan Tinggi untuk Menjaga Mutu Pendidikan di Era Global. Journal of Education Research, 5(1), 323–329. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.648

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)