Strategi Mempertahankan Reputasi Perguruan Tinggi untuk Menjaga Mutu Pendidikan di Era Global
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.648Keywords:
Reputasi, Strategi dan Era GlobalAbstract
Penelitian ini Membahas tentang strategi mempertahankan reputasi perguruan tinggi di era global. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang reputasi perguruan tinggi serta menemukan strategi-strategi yang mungkin dalam mempertahankan dan mengembangkannya agar institusi sekolah tersebut tetap eksis dan dicintai oleh masyarakat. Sedangkan metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif di mana penulis mengumpulkan berbagai literatur serta menganalisisnya. Kesimpulan yang diperoileh dari penelitian ini adalah bahwa ditemukan strategi-strategi yang digunakan untuk mempertahankan reputasi perguruan tinggi dalam menjaga mutu Pendidikan yaitu : memperkuat visi dan misa institusi perguruan tinggi, meningkatkan visibilitas melalui komunikasi yang efektif; konsentrasi terhadap pelayanan mahasiswa dan, meningkatkan kualitas pendidikan, membangun kemitraan nasional, dan penguatan komunikasi melalui humas dan media relasi sekolah
Downloads
References
Ali, M. B., & Deli, T. (2000). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Penabur Ilmu.
Alpitasari, S. F. (2023). Kemendikbudristek Beberkan Alasan Pencabutan Izin Operasional 23 Perguruan Tinggi. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/586627/kemendikbudristek-beberkan-alasan-pencabutan-izin-operasional-23-perguruan-tinggi#:~:text=“Terdapat 23 Perguruan tinggi yang,Pendidikan Tinggi Kebudayaan%2C Riset dan
Chalid, S. (2007). Peningkatan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi. Paper seminar sistem informasi manajemen, 2, 415–422.
CNN Indonesia. (2023). Kemendikbud Cabut Izin Operasional 23 Perguruan Tinggi Bermasalah. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230526154147-20 954438/kemendikbud-cabut-izin-operasional-23-perguruan-tinggi bermasalah#:~:text=Kementerian Pendidikan%2C Kebudayaan%2C Riset%2C,tinggi yang dicabut izin operasionalnya.
Farida, N. (2017). Strategi Mitra Eksternal (MIE) menuju Sekolah Bermutu. I(1), 80–86.
Ilahi, A. (2023). Ranah Penilaian Kognitif, Afektif, dan Psikomotor. https://www.afdhalilahi.com/2015/12/ranah-penilaian-kognitif-afektif-dan.html
Jatmika, S. (2018). Pelaksanaan Kemitraan Antara Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat pada SMK Bisnis Manajemen Kota Surakarta. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 28(2), 36–43.
Kurnia, I. H., Santoso, D., & Dkk. (2013). REPUTASI SEKOLAH ( Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta ). Jupe UNS, I(2), 1–17. https://media.neliti.com/media/publications/13532-ID-strategi-humas-dalam-meningkatkan-reputasi-sekolah-studi-kasus-di-sma-negeri-1-s.pdf
Lay, S. (2023). Survei tentang Reputasi Sekolah se Yayasan Budi Bakti Keuskupan Sibolga.
Lusi, W. P. (2016). Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia Melalui Supervisi Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 1, 1–4.
Neni Herlina. (2020). Membangun Reformasi Birokrasi di Jalur Yang Tepat. Humas Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/membangun-reformasi-birokrasi-di-jalur-yang-tepat/
Nurdiansyah, D. (2023). Strategi Pengelolaan Reputasi dalam Kegiatan Humas Institut Teknologi Telkom Purwokerto di Disruption Era. 5(1).
Nurjanah, A. (2022). Komunikasi CSR dan Reputasi. Samudra.
Oplatka, I., & Nupar, I. (2013). The Components and Determinants of School Reputation: Insights from Parents’ Voices. Education and Society, 30(1), 37–52. https://doi.org/10.7459/es/30.1.04
Pratama, A. M. (2022). Globalisasi: Pengertian, Ciri-ciri dan Dampak-dampaknya. KOMPAS. https://money.kompas.com/read/2021/10/26/183000326/globalisasi-adalah-pengertian-ciri-ciri-dan-dampak-dampaknya?page=all
Pusat Bahasa Depdiknas. (2008). Kamus Bahasa Indonesia (Dendy Sugono (ed.)). PT. Gramedia Pustaka Utama.
Reed Kennedy. (2020). Strategic Management. Virginia Tech Publisching.
Ruslan, R. (2008). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Rajawali Pers.
Sari, D. K., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Reputasi Sekolah Terhadap Wom (Word of Mouth) Peran Mediasi Kepercayaan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 18(2), 162–170. https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.47960
Syafitri, I. R., Halimahturrafiah, N., Sucipto, E., & Sabandi, A. (2023). Merumuskan Visi dan Misi pada Pendidikan Dasar dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Indonesia. Aulad : Journal on [21] Early Childhood, 6(3), 234–243. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.504
Wahjono, S. I., Marina, A., Rahim, A. R., Rasulong, I., & Yani, T. I. I. (2020). Perilaku Organisasi di Era Revolusi Industri 4,0 (1 ed.). Rajawali Press.
Zen Istiarsono. (2016). Tantangan Pendidikan dalam Era Globalisasi: Kajian Teoritik. Jurnal Intelegensia, 1(2), 19–24.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Sergius Lay, Susy Alestriani Sibagariang, Muhsin Muhsin, Irsan Irsan, Selamat Triono, T. Teviana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).