Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik melalui Media Quiziz dalam Pembelajaran IPS Kelas V

Authors

  • Mamik Dwi Utami Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Waspodo Tjipto Subroto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Hendratno Hendratno Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.646

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik melalui media quiziz dalam pembelajaran IPS kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan subyek peserta didik kelas V SD Negeri Petungrejo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan, dengan jumlah siswa sebanyak dua puluh tujuh siswa. Indikator tercapainya keberhasilan dari penelitian ini adalah tercapainya persentase keaktifan belajar peserta didik minimal sebesar tujuh puluh persen. Penelitian ini dilakasanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II masing masing siklus ada dua kali pertemuan. Tahapan penelitian yang dilakukan pada siklus I pertemuan ke satu adalah tahap perencanaan yaitu menyiapkan lembar observasi dan menyusun naskah soal untuk kuis, tahap pelaksanaan yaitu memberikan file materi melalui whatsapp grup, mengintruksikan dan membimbing penguduhan aplikasi, memberikan kode kuis, tahap observasi mengunduh hasil pekerjaan siswa,  refleksi. Hal ini diketahui dari rata-rata kenaikan pada siklus I pertemuan pertama dan kedua dengan nilai dengan kategori cukup. Selain itu jika dilihat dari keaktifan peserta didik pada siklus kedua pertemuan pertama dan kedua mengalami peningkatan  berkategori tinggi. Maka dari itu dapat disimpulkan keaktifan belajar peserta didik melalui media quiziz dalam pembelajaran IPS kelas V mengalami peningkatan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi guru untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui media quiziz. Selain itu aplikasi quiziz ini ketika diterapkan pada kelas tinggi membuat peserta didik menjadi lebih semangat belajar serta memudahkan guru dalam mengevaluasi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660–3667. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1376

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272

Huang, W.-H. (2011). Evaluating learners’ motivational and cognitive processing in an online game-based learning environment. Computers in Human Behavior, 27, 694–704. https://doi.org/10.1016/j.chb.2010.07.021

Ilyas, M., & Syahid, A. (2018). Strategi belajar mengajar. Al-Aulia, 04(01), 58–85. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=672676#

Loupatty, F. D., & Saragih, M. J. (2021). Pemanfaatan Media Quizizz Pada Latihan Soal Untuk Mendorong Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring [the Utilization of Quizizz Media in Problems To Improve Students’ Learning Activeness in Online Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(2), 260. https://doi.org/10.19166/johme.v5i2.2841

Mukharomah, N. (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Penilaian Berbasis Daring Di Mi Al Muqorrobiyah. WANIAMBEY : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 12–20. https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i1.52

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:219770552

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Paedagogy. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 145–150. https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.1729

Nurmala Ayu Desy, T. E. L., & Naswan, S. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1–10.

Pranoto, S. E. (2020). Penggunaan Game Based Learning Quizizz Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Materi Globalisasi Kelas Xii Ips Sma Darul Hikmah Kutoarjo. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 25. https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45758

Rifa’ie, M. (2020). Fleksibilitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Flexibility of Online Learning During Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 197–205.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Saniah, S. L., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Di SD Bakung III. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hail Pemikiran, Penelitian, Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 8(2), 76–80.

Suhirno, Ahmad, W. K. S., & Idris, F. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Kelas Iv Sdn Karangsari 05. Pinisi: Journal of Teacher Professional, vol.3., No(April), 1019–1024. https://ojs.unm.ac.id/TPJ

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II, 43–48.

Tiana, A., Krissandi, A., & Sarwi, M. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Quizizz Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 6.

Zhao, F. (2019). Using Quizizz to Integrate Fun Multiplayer Activity in the Accounting Classroom. International Journal of Higher Education, 8, 37. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Utami, M. D., Subroto, W. T., & Hendratno, H. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik melalui Media Quiziz dalam Pembelajaran IPS Kelas V. Journal of Education Research, 4(4), 2420–2425. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.646

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)