Pengembangan Media Gamelan Digital untuk Pembentukkan Karakter 5T pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.645Abstract
Media pembelajaran merupakan alat untuk mempermudah proses pembelajaran. Penelitian ini mengkaji pengembangan pembelajaran gamelan untuk pembentukan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini berlokasi SMPN dua puluh sembilan Surabaya dengan objek penelitiannya adalah siswa kelas VII. Model penelitian menggunakan model empat D terdiri dari empat tahapan, yaitu; define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan teknik validasi ahli untuk memperkuat hasil temuan. Hasil penelitian ini adalah pengembangan gamelan digital mampu menjadi media pembentukan karakter Lima T yaitu teteg, tatag, teguh, tanggon dan trapsila. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji validitas ahli angket siswa yang mengulas dengan positif.
Downloads
References
Afryanto, Suhendi. 2013. Internalisasi Nilai Kebersamaan melalui Pembelajaran Seni Gamelan Sunda sebagai Upaya Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Jurusan Karawitan STSI Bandung. UPI Bandung; Disertasi.
Ahmadi, Munawar Sholeh. 1991. Psikologi Pengembangan Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta.
Damanik, B. E. 2019. Pengaruh Fasilitas dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46.
Dharma, N.S., Made Sudarma, & Made Arsa S. 2015. Rancang Bangun Aplikasi Gamelan Gender Berbasis Android. E-Journal Spektrum, 2(2).
Firmadani, Fifit & Mashud Syahroni. 2020. Pengembangan Modul Mata Kuliah Manajemen Pendidikan Berbasis Hots. Jurnal JRPP (Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(2).
Hasan, M., dkk. 2021. Media Pembelajaran. Jawa Tengah: Tahta Media Group.
Jarmani.2022. Model Pembelajaran J.A.R.M.A.N.I.Surabaya; UWKS Press.
Jiwandono, M.D., Dilla O., & Gadung D. 2021. Pemanfaatan Logic Pro X Dan E-Gamelan Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Praktik Karawitan Secara Daring. Indonesian Journal of Performing Arts Education, 1(2).
Ki Hadjar Dewantara. 1962. Ki Hadjar Dewantara, Bagian Pertama: Pendidikan. Yogyakarta:Percetakan Taman Siswa.
Kompas. 2018. Diunduh pada 1 November 2023 dilink https://www.kompas.com)
Kurniawan, Agus Dwi. 2013. Pengembangan Buku Siswa Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Cornflake Cookies Pada Siswa Tunagrahita SMA-LB Negeri Gedangan, Sidoarjo. E-Journal Boga, 2(1).
Mustaji dan Sugiarso. 2005. Pembelajaran berbasis Konstruktivistik: Penerapan dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: Unesa University Press.
Mustika, Giri, Fuja S.F., Rian P., & Dedi H. 2020. Aplikasi Mobile Apps Gamelan Untuk Pembelajaran Seni. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 5(2).
Paramitha, K. A. T., I Wayan Diana P., & Ni Wayan Mudiasih. 2022. Pengembangan Aplikasi Android Pembelajaran Gamelan Seloding Gaya Tenganan. Journal of Music Science, Technology, and Industry, 5(2).
Pramanta, F.D., A. Rohman, & Moh. Rizky Kurniawan. 2017. Aplikasi Pembelajaran Alat Musik Daerah Gamelan Jawa Berbasis Teknologi Realsense. Prosiding SENTIA 2017 – Politeknik Negeri Malang, Vol. 9, 2085-2347.
Purwadi. 2006. Seni Karawitan Jawa.Yokyakarta: Hanan Pustaka Jokjakarta
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: KencanSa`ud, Udin
Rosmalina, M. Tahir, & Ida Ermiana. 2022. Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 32 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1).
Rubhan Masykur, Nofrizal, Muhamad Syazali, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash”. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2, 2017.
Soetrisno, Dkk. 2007. Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Soetrisno, L. 2001. Krisis Perilaku dalam Kehidupan Pelajar,Yogyakarta: Universita Gadjah Mada.
Spiller, H. 2004. Gamelan: The Traditional Sounds of Indonesia. Santa Barbara-California: ABC-CLIO.Inc.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana S. 2010. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syaefudin. 2010. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Waridi. 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian dan Penciptaan Musik Nusantara. Surakarta: STSI.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Fransisca Dwi Harjanti, Roely Ardiansyah, Jarmani Jarmani, Virginia Leonar Indrayana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).