Karakteristik Materi Pembelajaran dan Kerusakan Lingkungan

Authors

  • Khoironi Fanana Akbar Tadris IPA, Universitas KH. Mukhtar Syafaat Blokagung Banyuwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.644

Keywords:

Evaluasi Pembelajaran, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pencemaran dan kerusakan lingkungan dalam konteks pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka untuk menganalisis karakteristik pencemaran dan kerusakan ekologi di tingkat nasional maupun internasional, media pembelajaran yang relevan, serta evaluasi pembelajaran yang digunakan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Literatur yang dianalisis berasal dari jurnal nasional dan internasional yang dipublikasikan antara tahun 2014 hingga 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinjauan pustaka dapat mendukung inovasi dalam pengembangan bahan ajar. Evaluasi pembelajaran pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan perlu disesuaikan dengan karakteristik khusus dari isu-isu tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adumiranti, Y., & Widyaningrum, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sosio Scientific Issue pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Analitis Siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(2), 228–241. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i2.1004

Aini, K., Rosidi, I., Muharrami, L. K., Hidayati, Y., & Wulandari, A. Y. R. (2023). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Videoscribe Berbasis Animation Drawing Menggunakan Model Addie Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Natural Science Education Research, 6(1), 112–121. https://doi.org/10.21107/nser.v6i1.11527

Asmaningrum, H. P., Jusmiati, Pongkendek, J. J., & Kristyasari, M. L. (2022). Validasi Bahan Ajar Kimia Lingkungan Pada Topik Pencemaran Lingkungan Dengan Pendekatan Etno-Stem. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 13(2), 235–245. https://doi.org/10.37304/jikt.v13i2.174

Casa-coila, M. D., Mamani-jilaja, D., Cervantes-alagón, S. L., Mamani-vilca, P. S., Yana-salluca, M., & Alanoca-gutierrez, R. (2023). Perceptions of Pollution and Environmental Attitudes Among University Students in the Puno Region, Peru. Revista de Gestão Social e Ambiental, 17(1), 1–14. https://doi.org/10.24857/rgsa.v17n1-023

Dimyani, & Mawartiningsih, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Peningkatan Hasil Belajar Materi Pencemaran Lingkungan dan Upaya Pelestariannya. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 484–490.

Fajeri, A. M. Z., Irsadi, A., & Budiyanto, K. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Pencemaran Lingkungan Berbasis Pengolahan Limbah Di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Ulum Mayong Jepara. Unnes Journal of Biology Education, 4(1), 16–21. https://doi.org/10.15294/jbe.v4i1.5186

Febrina Ginting, N., Prastowo, P., & Yusuf, M. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 3 Binjai. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 145–153. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.1432

Ferazona, S., Suryanti, S., Rosiyah, M. M., & Roizawati. (2022). Sosialisasi Pentingnya Penghijauan Sekolah di SDN 004 Sekeladi Hilir Kecamatan Rokan Hilir. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 144–147. https://doi.org/10.32332/d.v4i2.5637

Fleming, W., Hayes, A. L., Crosman, K. M., & Bostrom, A. (2021). Indiscriminate, Irrelevant, and Sometimes Wrong: Causal Misconceptions about Climate Change. Risk Analysis, 41(1), 157–178. https://doi.org/10.1111/risa.13587

Garg, A., & Lal, P. (2013). Perception of causes, consequences and solutions to global warming among school children in Delhi. Indian Journal of Public Health Research and Development, 4(3), 27–32. https://doi.org/10.5958/j.0976-5506.4.3.072

Haikal, M., & Gofur, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Pencemaran Lingkungan Berbasis Wordpress. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 4(2), 150–155. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.150-155

Imtihana, M., Putut Martin, F., & Bambang Proyono, H. . (2014). Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian Sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkingan Di Sma. Unnes Journal of Biology Education, 3(2), 186–192. https://doi.org/10.15294/jbe.v3i2.4459

Kalaycı, S. (2020). Cognitive perceptions of pre-servİce science teacher for environmental pollution. Journal of Baltic Science Education, 19(3), 415–428. https://doi.org/10.33225/jbse/20.19.415

Kemenkumham Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (No. 32; hal. 1–39). https://peraturan.bpk.go.id/Download/28100/UU Nomor 32 Tahun 2009.pdf

Larasati, G. P., & Purwendah, E. K. (2022). Penerapan Prinsip Pencemar Membayar terhadap Pencemaran Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Jurnal locus delicti, 3(2), 165–181. https://doi.org/10.23887/jld.v3i2.1611

Longsiri, T., Vanitchung, S., Boonprakob, M., & Dahsah, C. (2017). The use of two-tier diagnostic test to explore environmental literacy. International Conference New Perspective in Science Education. https://conference.pixel-online.net/library_scheda.php?id_abs=2220

Negev, M., Garb, Y., Biller, R., Sagy, G., & Tal, A. (2009). Environmental problems, causes, and solutions: An open question. Journal of Environmental Education, 41(2), 101–115. https://doi.org/10.1080/00958960903295258

Novianjani, M., Karyadi, B., & Idrus, I. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Pencemaran Lingkungan Melalui Penerapan Model Discovery Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 212–221. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.212-221

Risdyaningrum, M., & Aryanto, H. (2020). Perancangan Ensiklopedia Selamatkan Bumi Dari Pencemaran Untuk Anak Usia 5-13 Tahun. Jurnal Barik, 1(2), 209–222.

Rizki, R. P., & Nurohman, S. (2021). Pengaruh Microblogging Edmodo Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.707

Sompotan, D. D., & Sinaga, J. (2022). Pencegahan Pencemaran Lingkungan. Jurnal Sains, Teknologi Dan Kesehatan, 1(1), 6–13. https://doi.org/10.55681/saintekes.v1i1.2

Suseno, A. A., Albab, N. U., & Martadireja, S. (2020). Manfaat Pemisahan Sampah Organik dan Anorganik Melalui Media Buku Ilustrasi Anak. Jurnal Seni Desain dan Budaya, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.36982/jsdb.v5i3.1141

Susilawati, Nurfina, & Paidi, A. (2020). Instructional Design on the Environmental Pollution Theme in the Higher Education. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012054

Uar, N. D., Murti, S. H., & Hadisusanto, S. (2016). Kerusakan Lingkungan akibat Aktivitas Manusia pada ekosistem Terumbu Karang. Jurnal Majalah Geografi Indonesia, 30(1), 88–95. https://doi.org/10.22146/mgi.15626

Ullah, S., Ullah, N., Rajper, S. A., Ahmad, I., & Li, Z. (2021). Air pollution and associated self-reported effects on the exposed students at Malakand division, Pakistan. Environmental Monitoring and Assessment, 193(11), 707-. https://doi.org/10.1007/s10661-021-09484-2

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Akbar, K. F. (2024). Karakteristik Materi Pembelajaran dan Kerusakan Lingkungan. Journal of Education Research, 5(4), 4672–4681. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.644

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check