Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Sikap Sosial Siswa di SMP IT Al Jawahir
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.643Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendidikan agama islam terhadap sikap sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis data bersifat kuantiatif statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan, teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan data yaitu angket, observasi dan wawancara, untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Hasil observasi yang telah dilakukan serta penyebaran angket yang diberikan kepada siswa untuk mengukur tingkat keberhasilan dari Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Sikap Sosial Siswa di SMP IT Al Jawahir dengan menunjukkan bahwa pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap sikap sosial siswa benar adanya dengan dibuktikan data yang telah di olah menggunakan media SPSS. Serta dengan hasil uji normalitas yang menunjukkan nilai signifikansi diatas dari 0,05 sebagai nilai acuan yang telah ditetapkan secara tertulis, serta pada uji homogenitas juga menunjukkan bahwa data serta hasil dapat dikatakan berpengaruh. Adanya pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap sikap sosial siswa namun tidak secara spesifik menigkat namun adanya pengaruh membuktikan bahwa di SMP IT Al Jawahir Pendidikan Agama Islam dapat mempengaruhi sikap sosial siswa.
Downloads
References
Ajijah, J. H., & Selvi, E. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Perangkat Desa. 13(2), 232–236.
Ali, M. (2013). Teknik Analisis Kuantitatif. Makalah Teknik Analisis II, 1–7.
Cindy, R. (2015). No Title. Kompetensi Dasar Dan Profesionalisme Minimal Seorang Guru.
Ekasari, R. F. (2017). Strategi Guru Mata Pelajaran Qur’an Hadist Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI Dalam Baca Tulis Al - qur’an di Madrasah Aliyah AL-Hidayah Karang Harjo Silo Jember.
Fanreza, R. (2016). Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik. 55–60.
Harfiani, R., & Fanreza, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Lesson Study Praktikum Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media dan Sumber Belajar Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Umsu. 11(1), 135–154.
Hidayah, F. N. U. R. (2016). Pengaruh Keaktifan Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Islam terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Banjarejo Kab. Blora Tahun Pelajaran 2016/2017. Repository Walisongo.
Ichsan, M. (2016). Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMPIT Rahmaniyah Bogor. Institut PTIQ Jakarta.
Marhasan. (2008). Pengaruh pendidikan agama islam terhadap sikap sosial keagamaan siswa di sekolah kelas viii sltpn 253 cipedak jakarta selatan.
Maudy. (2019). Bab iii metode penelitian 3.1. 26–38.
Nasuha, R. (2019). Upaya Guru dalam Mengembangkan Kepribadian Siswa Berakhlak Al karimah di SMP IT Al Munadi Medan. UNIVERSITAS DHARMAWANGSA.
Niken Ayu, D. U. (2020). Penerapan Nilai-nilai Qurani dalam Membangun Karakter Islami Siswa SMPIPT Harapan Ummat Purbalingga. IAIN PURWOKERTO.
Rahmad, S. (2018). Pengaruh Pendidikan Tahfizh Al-Quran Terhadap Kesalehan Sosial Studi Kasus Pada Siswa SMP Islam Terpadu Al Qalam Depok-Jawa Barat.
Setiawan, H. R. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Koopratif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pndidikan diProgram Studi Pendidikan Agama Islam.
Slamet, R. (2016). Pengaruh Tingkat Pemahaman Materi Akidah Akhlak terhadap Sikap Sosial Keagamaan Siswa kelas VII di MTs Ma’arif Sukosari Babadan Ponorogo Tahun Pelajaran 2015/2016. 3, 1–114.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Rizki Audiva Saragih, Dianto Dianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).