Model Bimbingan Kelompok dalam Menggunakan Metode Role Playing untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.64Keywords:
Bimbingan Kelompok, Metode Role Playing, Kecemasan BerkomunikasiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kecemasan berkomunikasi peserta didik yang belum tercapai dan ada Guru Bimbingan Koseling belum menggunakan metode bervariasi dalam melaksanakan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan: a).Profil tingkat kecemasan berkomunikasi peserta didik, b).Pelaksanaan bimbingan kelompok oleh guru BK mengunakan metode role playing. c).Model rancangan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode role playing dalam membantu mengurangi tingkat kecemasan berkomunikasi peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan mixed method.Populasi penelitian saya 30 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total sampling dengan 30 partisipan instrumen yang digunakan yaitu angket dan wawancara  sedangkan untuk analisis data menggunakan presentase dan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian tentang Kecemasan Berkomunikasi peserta didik XI MIPA  SMA PGRI 2 Padang dilihat dari: 1)Secara umum profil keterampilan komunikasi peserta didik pada kategori cukup tinggi 2) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi peserta didik yang dilakukan guru BK belum memberikan hasil yang maksimal karena selama ini guru Bk kurang memberikan metode-metode yang bervariasi.3)Model rancangan layanan bimbingan kelompok dalam membantu mengurangi kecemasan berkomunikasi. dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: kecemasan berkomunikasi peserta didik berada pada kategori cukup tinggi dan belum berada pada kategori sangat rendah.
Downloads
References
Dharmayanti,Putu Ari. 2013. Teknik Role Playing dalam MeningkatkanKeterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Smk. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Singaraja : Universitas Pendidikan Genesha. Jilid 46, Nomor 3.
Jackson, V.A. 2011. Teaching Communi Cation Skill Using Role-Play; An Experience Based Guide For Educators. Journal of palliative medicine. 14 (6) : 775-780.
Kardo,Rici. 2015. Bimbingan Kelompok Sebagai Alternatif untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal pelangi. STKIP PGRI sumatera barat. Vol.07 No.6 ISSN: 2085-1057 E-ISSN: 2460-3740.
Kasih,Fitria & Haumi,Naufil. 2017. Profil Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pelayanan Kelompok di SMA Sumatera Barat.Jurnal Counseling Care. STKIP PGRI Sumatera Barat. Vol. 1 No.1. URL http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/counseling .ISSN : 2581-0650.
Larson & Brown. 2007. Emotional Development in Adolescence: What Can Be Learned form A High School Theather Program. Journal Of Child Development. (Online).
Najlatun,N & Galih, W. 2013. Penerapan Teknik Bermain Peran dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X Multimedia SMK IKIP Surabaya. Juornal Mahasiswa bimbingan konseling, 1 (1) : 61-78.
Prayitno,dkk. 2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT Rineka cipta. Hal 307-308.
Sahputra, Dedi. 2020. Manajemen Komunikasi Suatu Pendekaan Komunikasi Communication Management A Communication Approach. Jurnal Simbolika. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area, Indonesia. Vol. 06 No. 02. URL http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika. ISSN 2442-9198, ISSN 2442-9996.
Sutirna. 2013. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Tohirin. 2011. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta : Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Dina Anggrawati, Fitria Kasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).