Model Bimbingan Kelompok dalam Menggunakan Metode Role Playing untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Peserta Didik

Authors

  • Dina Anggrawati Bimbingan Konseling Islam, STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Fitria Kasih Bimbingan Konseling Islam, STKIP PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.64

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Metode Role Playing, Kecemasan Berkomunikasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kecemasan berkomunikasi peserta didik yang belum tercapai dan ada Guru Bimbingan Koseling belum menggunakan metode bervariasi dalam melaksanakan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan: Profil tingkat kecemasan berkomunikasi peserta didik, Pelaksanaan bimbingan kelompok oleh guru BK mengunakan metode role playing. Model rancangan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode role playing dalam membantu mengurangi tingkat kecemasan berkomunikasi peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan mixed method.Populasi penelitian saya tiga puluh peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total sampling dengantiga puluh partisipan instrumen yang digunakan yaitu angket dan wawancara  sedangkan untuk analisis data menggunakan presentase dan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian tentang Kecemasan Berkomunikasi peserta didik XI MIPA  SMA PGRI 2 Padang dilihat dari:  Secara umum profil  keterampilan komunikasi peserta didik pada kategori cukup tinggi, Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi peserta didik yang dilakukan guru BK belum memberikan hasil yang maksimal karena selama ini guru Bk kurang memberikan metode-metode yang bervariasi. Model rancangan layanan bimbingan kelompok dalam membantu mengurangi kecemasan berkomunikasi. dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: kecemasan berkomunikasi peserta didik berada pada kategori cukup tinggi dan belum berada pada kategori sangat rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dharmayanti,Putu Ari. 2013. Teknik Role Playing dalam MeningkatkanKeterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Smk. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Singaraja : Universitas Pendidikan Genesha. Jilid 46, Nomor 3.

Jackson, V.A. 2011. Teaching Communi Cation Skill Using Role-Play; An Experience Based Guide For Educators. Journal of palliative medicine. 14 (6) : 775-780.

Kardo,Rici. 2015. Bimbingan Kelompok Sebagai Alternatif untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal pelangi. STKIP PGRI sumatera barat. Vol.07 No.6 ISSN: 2085-1057 E-ISSN: 2460-3740.

Kasih,Fitria & Haumi,Naufil. 2017. Profil Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pelayanan Kelompok di SMA Sumatera Barat.Jurnal Counseling Care. STKIP PGRI Sumatera Barat. Vol. 1 No.1. URL http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/counseling .ISSN : 2581-0650.

Larson & Brown. 2007. Emotional Development in Adolescence: What Can Be Learned form A High School Theather Program. Journal Of Child Development. (Online).

Najlatun,N & Galih, W. 2013. Penerapan Teknik Bermain Peran dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X Multimedia SMK IKIP Surabaya. Juornal Mahasiswa bimbingan konseling, 1 (1) : 61-78.

Prayitno,dkk. 2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT Rineka cipta. Hal 307-308.

Sahputra, Dedi. 2020. Manajemen Komunikasi Suatu Pendekaan Komunikasi Communication Management A Communication Approach. Jurnal Simbolika. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area, Indonesia. Vol. 06 No. 02. URL http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika. ISSN 2442-9198, ISSN 2442-9996.

Sutirna. 2013. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Tohirin. 2011. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta : Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2022-03-02

How to Cite

Anggrawati, D., & Kasih, F. (2022). Model Bimbingan Kelompok dalam Menggunakan Metode Role Playing untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Peserta Didik. Journal of Education Research, 2(4). https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.64

Issue

Section

Articles