Konflik Sosial dalam Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.636Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk konflik sosial dan dampaknya dalam implementasi kebijakan sistem zonasi di Kabupaten Karanganyar. Data penelitian diperoleh dari empat sekolah yaitu SMPN satu dan dua Karanganyar, SMPN satu dan dua Karangpandan sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus. Sumber data primer terdiri dari informan dan hasil observasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria pihak ketua pelaksana PPDB dan orang tua. Tujuan observasi untuk mengetahui segala tindakan secara sadar terkait kondisi sekolah serta pencarian data lebih dalam. Sumber data sekunder berasal dari hasil analisis Permendikbud tentang PPDB dan Peraturan Bupati Karanganyar No empat puluh delapan Tahun dua ribu dua puluh. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui proses reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ditemukan bentuk konflik sosial yaitu konflik realistis dan non-realitis yang berasal dari kekecewaan pihak orang tua terhadap pemerintah melalui tindakan manipulasi surat domisili atau KK. Adapun dampaknya yaitu dapat meningkatkan solidaritas orang tua dengan pihak pembantu dan membentuk aliansi kelompok sosial.
Downloads
References
Anisa, Muhammad Takdir, S. A. (2021). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Pada SD Negeri 21 Jati Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. JIEE : Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 1(1), 52–65. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jiee.v1i1.100
Bakar, K. A. A., Supriyati, Y., & Hanafi, I. (2019). The Evaluation of Admission Student Policy based on Zoning Sys-tem for Acceleration Education Quality in Indonesia. Journal of Management Info, 6(2), 19–24. https://doi.org/10.31580/jmi.v6i2.883
Bartos, O. J., & Wehr, P. (2002). Using Conflict Theory. Cambridge University Press.
Coser, L. A. (1956). The Functions of Social Conflict. The Free Press.
Creswell, J. W. (2014). Proceedings of the Annual Conference of the International Speech Communication Association, INTERSPEECH. Proceedings of the Annual Conference of the International Speech Communication Association, INTERSPEECH.
Gatra, S. (2020). Orangtua Demo di Balai Kota Kritik PPDB Jakarta, DPRD DKI Segera Panggil Disdik. https://megapolitan.kompas.com/read/2020/06/24/05200001/orangtua-demo-di-balai-kota-kritik-ppdb-jakarta-dprd-dki-segera-panggil?page=all
Hafizhah, H. (2023). Kopaja dan Orang Tua Murid Demo Sistem PPDB 2023/2024. https://news.republika.co.id/berita/rwjq3z484/kopaja-dan-orang-tua-murid-demo-sistem-ppdb-20232024
Ilmu, J., Widya, P., & Zonasi, S. (2023). HARAPAN PEMERATAAN MENGHADIRKAN KESENJANGAN : ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN SISTEM ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU ( PPDB ) KOTA TANJUNGPINANG Universitas Maritim Raja Ali Haji , Tanjungpinang , Indonesia HOPE FOR EQUALITY BRINGS DISPARITIES : ANALYZING . 49(2), 210–225. https://doi.org/10.33701/jipwp.v49i2.35793246
Indri Novrijayanti, & Yulia Wiji Astika. (2021). Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Melalui Sistem Zonasi Untuk Pemerataan Kualitas Pendidikan. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 1(3). https://doi.org/10.46730/japs.v1i3.31
Iriany, I. S., Adnan, I. Z., & Rachmawati, Y. (2020). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru di Kabupaten Garut. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 11(2), 15–20. https://doi.org/10.36624/jpkp.v11i2.75
Kusuma, P. D. (2018). Distance-score combined model in automatic high school student enrollment system. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 96(20), 6699–6713. http://www.jatit.org/volumes/Vol96No20/5Vol96No20.pdf
Mahpudin, M. (2020). Hak Warganegara Yang Terampas: Polemik Kebijakan Sistem Zonasi dalam Pendidikan Indonesia. Jurnal Transformative, 6(2), 148–175. https://doi.org/10.21776/ub.transformative.2020.006.02.2
Maunah, B. (2015). Stratifikasi sosial dan perjuangan kelas dalam perspektif sosiologi pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 03(01), 19–38. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=YDKMKUAAAAAJ&citation_for_view=YDKMKUAAAAAJ:MXK_kJrjxJIC
Miles Matthew B., H. A. (2014). Qualitative Data Analysis. A Methods Sourcebook.
Muammar, M. (2019). Problematika Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Dengan Sistem Zonasi Di Sekolah Dasar (Sd) Kota Mataram. El Midad, 11(1), 41–60. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1904
Nurany, F. (2022). Penerapan Ppdb Online Sistem Zonasi Kota Surabaya Dalam Perspektif Good Governance. Governance, JKMP (Governance, Jurnal Kebijakan & Manajemen Publik), 12(2), 124–132. https://doi.org/10.38156/gjkmp.v12i2.62
Nurlailiyah, A. (2019). ANALISIS KEBIJAKAN SISTEM ZONASI TErHADAP PErILAKU SISWA SMP DI YOGYAKArTA. Jurnal Realita, Vol. 17(No. 1). https://doi.org/https://doi.org/10.30762/realita.v17i1.1381
Oktaviari, V. (2020). Model Sistem Zonasi Dari Perspektif Teori Keadilan Sosial John Rawls (Studi pada Sekolah Menengah Atas di Blitar Raya). 48. http://eprints.umm.ac.id/61292/
Qiptiah, D. M., & Prawira, S. D. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Wali Murid Terhadap Sistem Zonasi Sekolah. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 250–256. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5559
Raharjo Budi, S., Yufridawati, Rahmawati, & Purnama, J. (2020). PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERDASARKAN ZONASI PENDIDIKAN Penulis: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Redaksi: https://p303.zlibcdn.com/dtoken/5701c7202717d5e9c145632152c329f3/Penerimaan Peserta Didik Baru Berdasarkan Zonasi Pendidikan %28Dr. Sabar Budi Raharjo%2C M.Pd.%2C Dra. Yufridawati etc.%29 %28z-lib.org%29.pdf
Rini, Zainal, N. H., & Afrizal, A. F. (2022). Zonation System Policy Implementation For Junior High School Education Level In Enrekang Sub-District, Enrekang Regency. Journal of Public Service, Public Police and Administrasion, 1(2), 127–137. https://doi.org/10.56326/jp.v1i2.1539
Salim, F. P., & Nora, D. (2022). Dampak Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi (Studi Kasus: Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Dasar di Kecamatan Matur). Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 67–77. https://doi.org/10.24036/nara.v1i1.20
Sardi, M. (2023). Anak Pindah Domisili Demi Masuk Zonasi. https://rm.id/baca-berita/megapolitan/179931/tren-perpindahan-kk-naik-tiap-sebulan-jelang-ppdb-anak-pindah-domisili-demi-masuk-zonasi
Setiady, E. M., & Kolip, U. (2011). Pengantar Sosiologi (1st ed.). Fajar Interpratama Mandiri.
Setiawan, H. R., & Rahaju, T. (2021). Evaluasi Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Tingkat Smp Di Kota Surabaya. Publika, 491–502. https://doi.org/10.26740/publika.v9n4.p491-502
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. https://www.scribd.com/document/391327717/buku-metode-penelitian-sugiyono
Sulistyosari, Y. (2020). Disusun Oleh : Disusun Oleh : [Univsitas Negeri Yogyakarta]. In KONFLIK SOSIAL DALAM PELAKSANAAN KEBIJAKAN SISTEM ZONASI PADA SMP DI KABUPATEN TEMANGGUNG. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72195
Syakarofath, N. A., Sulaiman, A., & Irsyad, M. F. (2020). Kajian Pro Kontra Penerapan Sistem Zonasi Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 115–130. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1736
Triwiniastuti, C. S., & Sulasmono, B. S. (2020). K e l o l a Jur n al Ma naj e m e n P e nd id ik a n Magister Manajemen Pendidikan FKIP Evaluasi Program PPDB Berbasis Zonasi di SMP Negeri 2 Pabelan. Jurnal Manajemen Pendidikan, e-ISSN 254(1), 33–46. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/3435/1472
Turner, J. H. (1978). The Structure Of Sociological Theory. The Dorsey Press.
Widyastuti, R. T. (2020). Dampak Pemberlakuan Sistem Zonasi Terhadap Mutu Sekolah Dan Peserta Didik. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 11–19. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.46
S. Triwiniastuti and B. S. Sulasmono, “K e l o l a Jur n al Ma naj e m e n P e nd id ik a n Magister Manajemen Pendidikan FKIP Evaluasi Program PPDB Berbasis Zonasi di SMP Negeri 2 Pabelan,” J. Manaj. Pendidik., vol. e-ISSN 254, no. 1, pp. 33–46, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/3435/1472
Widyastuti, “Dampak Pemberlakuan Sistem Zonasi Terhadap Mutu Sekolah Dan Peserta Didik,” Edusaintek J. Pendidikan, Sains Dan Teknol., vol. 7, no. 1, pp. 11–19, 2020, doi: 10.47668/edusaintek.v7i1.46. Oktaviari, “Model Sistem Zonasi Dari Perspektif Teori Keadilan Sosial John Rawls (Studi pada Sekolah Menengah Atas di Blitar Raya),” p. 48, 2020, [Online]. Available: http://eprints.umm.ac.id/61292/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Fadilla Purnia Putri , Atik Catur Budiati , Siany Indria Liestyasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).