Konflik Sosial dalam Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi

Authors

  • Fadilla Purnia Putri Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Atik Catur Budiati Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Siany Indria Liestyasari Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.636

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk konflik sosial dan dampaknya dalam implementasi kebijakan sistem zonasi di Kabupaten Karanganyar. Data penelitian diperoleh dari empat sekolah yaitu SMPN satu dan dua Karanganyar, SMPN satu dan dua Karangpandan sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus. Sumber data primer terdiri dari informan dan hasil observasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria pihak ketua pelaksana PPDB dan orang tua. Tujuan observasi untuk mengetahui segala tindakan secara sadar terkait kondisi sekolah serta pencarian data lebih dalam. Sumber data sekunder berasal dari hasil analisis Permendikbud tentang PPDB dan Peraturan Bupati Karanganyar No empat puluh delapan Tahun dua ribu dua puluh. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui proses reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ditemukan bentuk konflik sosial yaitu konflik realistis dan non-realitis yang berasal dari kekecewaan pihak orang tua terhadap pemerintah melalui tindakan manipulasi surat domisili atau KK. Adapun dampaknya yaitu dapat meningkatkan solidaritas orang tua dengan pihak pembantu dan membentuk aliansi kelompok sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa, Muhammad Takdir, S. A. (2021). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Pada SD Negeri 21 Jati Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. JIEE : Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 1(1), 52–65. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jiee.v1i1.100

Bakar, K. A. A., Supriyati, Y., & Hanafi, I. (2019). The Evaluation of Admission Student Policy based on Zoning Sys-tem for Acceleration Education Quality in Indonesia. Journal of Management Info, 6(2), 19–24. https://doi.org/10.31580/jmi.v6i2.883

Bartos, O. J., & Wehr, P. (2002). Using Conflict Theory. Cambridge University Press.

Coser, L. A. (1956). The Functions of Social Conflict. The Free Press.

Creswell, J. W. (2014). Proceedings of the Annual Conference of the International Speech Communication Association, INTERSPEECH. Proceedings of the Annual Conference of the International Speech Communication Association, INTERSPEECH.

Gatra, S. (2020). Orangtua Demo di Balai Kota Kritik PPDB Jakarta, DPRD DKI Segera Panggil Disdik. https://megapolitan.kompas.com/read/2020/06/24/05200001/orangtua-demo-di-balai-kota-kritik-ppdb-jakarta-dprd-dki-segera-panggil?page=all

Hafizhah, H. (2023). Kopaja dan Orang Tua Murid Demo Sistem PPDB 2023/2024. https://news.republika.co.id/berita/rwjq3z484/kopaja-dan-orang-tua-murid-demo-sistem-ppdb-20232024

Ilmu, J., Widya, P., & Zonasi, S. (2023). HARAPAN PEMERATAAN MENGHADIRKAN KESENJANGAN : ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN SISTEM ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU ( PPDB ) KOTA TANJUNGPINANG Universitas Maritim Raja Ali Haji , Tanjungpinang , Indonesia HOPE FOR EQUALITY BRINGS DISPARITIES : ANALYZING . 49(2), 210–225. https://doi.org/10.33701/jipwp.v49i2.35793246

Indri Novrijayanti, & Yulia Wiji Astika. (2021). Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Melalui Sistem Zonasi Untuk Pemerataan Kualitas Pendidikan. Jurnal Administrasi Politik Dan Sosial, 1(3). https://doi.org/10.46730/japs.v1i3.31

Iriany, I. S., Adnan, I. Z., & Rachmawati, Y. (2020). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru di Kabupaten Garut. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 11(2), 15–20. https://doi.org/10.36624/jpkp.v11i2.75

Kusuma, P. D. (2018). Distance-score combined model in automatic high school student enrollment system. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 96(20), 6699–6713. http://www.jatit.org/volumes/Vol96No20/5Vol96No20.pdf

Mahpudin, M. (2020). Hak Warganegara Yang Terampas: Polemik Kebijakan Sistem Zonasi dalam Pendidikan Indonesia. Jurnal Transformative, 6(2), 148–175. https://doi.org/10.21776/ub.transformative.2020.006.02.2

Maunah, B. (2015). Stratifikasi sosial dan perjuangan kelas dalam perspektif sosiologi pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 03(01), 19–38. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=YDKMKUAAAAAJ&citation_for_view=YDKMKUAAAAAJ:MXK_kJrjxJIC

Miles Matthew B., H. A. (2014). Qualitative Data Analysis. A Methods Sourcebook.

Muammar, M. (2019). Problematika Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Dengan Sistem Zonasi Di Sekolah Dasar (Sd) Kota Mataram. El Midad, 11(1), 41–60. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1904

Nurany, F. (2022). Penerapan Ppdb Online Sistem Zonasi Kota Surabaya Dalam Perspektif Good Governance. Governance, JKMP (Governance, Jurnal Kebijakan & Manajemen Publik), 12(2), 124–132. https://doi.org/10.38156/gjkmp.v12i2.62

Nurlailiyah, A. (2019). ANALISIS KEBIJAKAN SISTEM ZONASI TErHADAP PErILAKU SISWA SMP DI YOGYAKArTA. Jurnal Realita, Vol. 17(No. 1). https://doi.org/https://doi.org/10.30762/realita.v17i1.1381

Oktaviari, V. (2020). Model Sistem Zonasi Dari Perspektif Teori Keadilan Sosial John Rawls (Studi pada Sekolah Menengah Atas di Blitar Raya). 48. http://eprints.umm.ac.id/61292/

Qiptiah, D. M., & Prawira, S. D. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Wali Murid Terhadap Sistem Zonasi Sekolah. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 250–256. https://doi.org/10.24176/re.v11i2.5559

Raharjo Budi, S., Yufridawati, Rahmawati, & Purnama, J. (2020). PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERDASARKAN ZONASI PENDIDIKAN Penulis: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Redaksi: https://p303.zlibcdn.com/dtoken/5701c7202717d5e9c145632152c329f3/Penerimaan Peserta Didik Baru Berdasarkan Zonasi Pendidikan %28Dr. Sabar Budi Raharjo%2C M.Pd.%2C Dra. Yufridawati etc.%29 %28z-lib.org%29.pdf

Rini, Zainal, N. H., & Afrizal, A. F. (2022). Zonation System Policy Implementation For Junior High School Education Level In Enrekang Sub-District, Enrekang Regency. Journal of Public Service, Public Police and Administrasion, 1(2), 127–137. https://doi.org/10.56326/jp.v1i2.1539

Salim, F. P., & Nora, D. (2022). Dampak Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi (Studi Kasus: Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Dasar di Kecamatan Matur). Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 67–77. https://doi.org/10.24036/nara.v1i1.20

Sardi, M. (2023). Anak Pindah Domisili Demi Masuk Zonasi. https://rm.id/baca-berita/megapolitan/179931/tren-perpindahan-kk-naik-tiap-sebulan-jelang-ppdb-anak-pindah-domisili-demi-masuk-zonasi

Setiady, E. M., & Kolip, U. (2011). Pengantar Sosiologi (1st ed.). Fajar Interpratama Mandiri.

Setiawan, H. R., & Rahaju, T. (2021). Evaluasi Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Tingkat Smp Di Kota Surabaya. Publika, 491–502. https://doi.org/10.26740/publika.v9n4.p491-502

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. https://www.scribd.com/document/391327717/buku-metode-penelitian-sugiyono

Sulistyosari, Y. (2020). Disusun Oleh : Disusun Oleh : [Univsitas Negeri Yogyakarta]. In KONFLIK SOSIAL DALAM PELAKSANAAN KEBIJAKAN SISTEM ZONASI PADA SMP DI KABUPATEN TEMANGGUNG. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72195

Syakarofath, N. A., Sulaiman, A., & Irsyad, M. F. (2020). Kajian Pro Kontra Penerapan Sistem Zonasi Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 115–130. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1736

Triwiniastuti, C. S., & Sulasmono, B. S. (2020). K e l o l a Jur n al Ma naj e m e n P e nd id ik a n Magister Manajemen Pendidikan FKIP Evaluasi Program PPDB Berbasis Zonasi di SMP Negeri 2 Pabelan. Jurnal Manajemen Pendidikan, e-ISSN 254(1), 33–46. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/3435/1472

Turner, J. H. (1978). The Structure Of Sociological Theory. The Dorsey Press.

Widyastuti, R. T. (2020). Dampak Pemberlakuan Sistem Zonasi Terhadap Mutu Sekolah Dan Peserta Didik. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 11–19. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.46

S. Triwiniastuti and B. S. Sulasmono, “K e l o l a Jur n al Ma naj e m e n P e nd id ik a n Magister Manajemen Pendidikan FKIP Evaluasi Program PPDB Berbasis Zonasi di SMP Negeri 2 Pabelan,” J. Manaj. Pendidik., vol. e-ISSN 254, no. 1, pp. 33–46, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/3435/1472

Widyastuti, “Dampak Pemberlakuan Sistem Zonasi Terhadap Mutu Sekolah Dan Peserta Didik,” Edusaintek J. Pendidikan, Sains Dan Teknol., vol. 7, no. 1, pp. 11–19, 2020, doi: 10.47668/edusaintek.v7i1.46. Oktaviari, “Model Sistem Zonasi Dari Perspektif Teori Keadilan Sosial John Rawls (Studi pada Sekolah Menengah Atas di Blitar Raya),” p. 48, 2020, [Online]. Available: http://eprints.umm.ac.id/61292/

Downloads

Published

2023-12-26

How to Cite

Putri, F. P., Budiati, A. C., & Liestyasari, S. I. (2023). Konflik Sosial dalam Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi. Journal of Education Research, 4(4), 2426–2438. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.636

Issue

Section

Articles

Citation Check