Model Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Authors

  • Bunga Ervinasari Program Study Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Astuti Astuti Program Study Pendidikan Matematika Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.634

Keywords:

Missouri Mathematics Project, Pemahaman Konsep Matematika, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain yang digunakan adalah desain randomized control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs PP Daarun Nahdhah Bangkinang dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dan VIII B, dimana kelas VIII A sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas Kontrol. Menghadapi masalah kurangnya pemahaman konsep matematika di MTS PP. Daarun Nahdhah Bangkinang, maka perlu diterapkan suatu inovasi pembelajaran dalam bentuk pembelajaran yang melibatkan peserta didik berperan secara aktif dalam pembelajaran guna memperbaiki rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa serta memberikan dorongan untuk melatih kemampuan pemahamaham konsep matematika siswa agar lebih baik dari pada sebelumnya. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa adalah model Missouri Mathematics Project karena model ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep, menyelesaikan soal-soal, dan memecahkan masalah-masalah matematika hingga pada akhirnya peserta didik mampu mengkonstruksikan jawaban mereka sendiri karena banyaknya pengalaman yang dimiliki peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs PP Daarun Nahdhah Bangkinang. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project  dan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII MTs PP Daarun Nahdhah Bangkinang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, I(3), 80–88. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3005/2208

Anggraini, R., Utami, C., & Wahyuni, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Segitiga. Journal of Educational Review and Research, 3(1), 65. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i1.2065

Ariyanto, L., Aditya, D., & Dwijayanti, I. (2019). Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.355

Asfar, I. T., & Asfar, I. A. (2018). Edutech Consultan Bandung Jurnal Aksara Public Volume 2 Nomor 4 Edisi Desember 2018 (48-61), 2(January 2019).

Bartell, T. G., Webel, C., Bowen, B., & Dyson, N. (2018). Prospective teacher learning: Recognizing evidence of conceptual understanding. Journal of Mathematics Teacher Education, 16(1), 57–79. https://doi.org/10.1007/s10857-012-9205-4

Farida, I. (2022). Model Missouri Mathematics Project. (P. Wahyuningsih, Ed.). Mangun jaya kec.tambun selatan,kab.bekasi: penerbit mikro media. https://doi.org/

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251–262. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.24

Novri, U. S., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2018). Pengaruh Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 81–90. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.52

Pebriani, Y. (2022). Problem Based Learning dengan Metode Gallery Walk untuk Mengatasi Rendahnya Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3, 130–140.

Pratiwi, N. P. K. A., Astawa, I. W. P., & Mahayukti, G. A. (2019). Missouri Mathematics Project (MMP), Pemahaman Konsep Matematika, dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Elemen, 5(2), 178. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1317

Rahmat. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Tulip, 5(2), 30–34. Retrieved from https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/tulip/article/view/83

Rohani, A., & Ahmadi, A. (2004). Pengelolaan pengajaran. (Rineka Cipta, Ed.) (Cet.1). Jakarta: -. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=240211

Santrock, J. (2020). Educational Psychology. (Mcgraw-Hill, Ed.) (5th ed). New York: -. https://doi.org/-

Sutarman, Mardiyana, & Triyanto. (2014). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Think Talk Write ( Ttw ) Dan Missouri Mathematics Project ( Mmp ) Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri Di Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2012 / 2013. Elektronik Jurnal, 2(10), 1019–1030. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/120281-ID-eksperimentasi-pembelajaran-matematika-d.pdf

Zaenal. (2020). Missouri Mathematics Project dalam Materi Bangun Ruang. Integral : Pendidikan Matematika, 11, 1–16. https://doi.org/10.32534/jnr.v11i2.1593

Downloads

Published

2023-12-03

How to Cite

Ervinasari, B., & Astuti, A. (2023). Model Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa . Journal of Education Research, 4(4), 1958–1967. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.634

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)