Model Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.634Keywords:
Missouri Mathematics Project, Pemahaman Konsep Matematika, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain yang digunakan adalah desain randomized control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs PP Daarun Nahdhah Bangkinang dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A dan VIII B, dimana kelas VIII A sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas Kontrol. Menghadapi masalah kurangnya pemahaman konsep matematika di MTS PP. Daarun Nahdhah Bangkinang, maka perlu diterapkan suatu inovasi pembelajaran dalam bentuk pembelajaran yang melibatkan peserta didik berperan secara aktif dalam pembelajaran guna memperbaiki rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa serta memberikan dorongan untuk melatih kemampuan pemahamaham konsep matematika siswa agar lebih baik dari pada sebelumnya. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa adalah model Missouri Mathematics Project karena model ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep, menyelesaikan soal-soal, dan memecahkan masalah-masalah matematika hingga pada akhirnya peserta didik mampu mengkonstruksikan jawaban mereka sendiri karena banyaknya pengalaman yang dimiliki peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs PP Daarun Nahdhah Bangkinang. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII MTs PP Daarun Nahdhah Bangkinang.
Downloads
References
Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, I(3), 80–88. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3005/2208
Anggraini, R., Utami, C., & Wahyuni, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Segitiga. Journal of Educational Review and Research, 3(1), 65. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i1.2065
Ariyanto, L., Aditya, D., & Dwijayanti, I. (2019). Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.355
Asfar, I. T., & Asfar, I. A. (2018). Edutech Consultan Bandung Jurnal Aksara Public Volume 2 Nomor 4 Edisi Desember 2018 (48-61), 2(January 2019).
Bartell, T. G., Webel, C., Bowen, B., & Dyson, N. (2018). Prospective teacher learning: Recognizing evidence of conceptual understanding. Journal of Mathematics Teacher Education, 16(1), 57–79. https://doi.org/10.1007/s10857-012-9205-4
Farida, I. (2022). Model Missouri Mathematics Project. (P. Wahyuningsih, Ed.). Mangun jaya kec.tambun selatan,kab.bekasi: penerbit mikro media. https://doi.org/
Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251–262. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.24
Novri, U. S., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2018). Pengaruh Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 81–90. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.52
Pebriani, Y. (2022). Problem Based Learning dengan Metode Gallery Walk untuk Mengatasi Rendahnya Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3, 130–140.
Pratiwi, N. P. K. A., Astawa, I. W. P., & Mahayukti, G. A. (2019). Missouri Mathematics Project (MMP), Pemahaman Konsep Matematika, dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Elemen, 5(2), 178. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1317
Rahmat. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Tulip, 5(2), 30–34. Retrieved from https://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/tulip/article/view/83
Rohani, A., & Ahmadi, A. (2004). Pengelolaan pengajaran. (Rineka Cipta, Ed.) (Cet.1). Jakarta: -. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=240211
Santrock, J. (2020). Educational Psychology. (Mcgraw-Hill, Ed.) (5th ed). New York: -. https://doi.org/-
Sutarman, Mardiyana, & Triyanto. (2014). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Think Talk Write ( Ttw ) Dan Missouri Mathematics Project ( Mmp ) Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri Di Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2012 / 2013. Elektronik Jurnal, 2(10), 1019–1030. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/120281-ID-eksperimentasi-pembelajaran-matematika-d.pdf
Zaenal. (2020). Missouri Mathematics Project dalam Materi Bangun Ruang. Integral : Pendidikan Matematika, 11, 1–16. https://doi.org/10.32534/jnr.v11i2.1593
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Bunga Ervinasari, Bunga Ervinasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).