Media Pembelajaran Matematika Berbasis Chatbot untuk Kemampuan Pemahaman Konsep Pola Bilangan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.633Abstract
Pembelajaran Matematika Membutuhkan pemahaman konsep yang baik, ini dilatar belakangi oleh ketidakaktifan siswa sehingga melemahnya respon siswa terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis chatbot terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa sekolah menengah pertama. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan desain yang digunakan adalah desain randomized control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP dua Bangkinang Kota dengan sampel kelas VIII A dan VIII C, dimana kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yang di gunakan berupa observasi,tes dan dokumentasi. Penulis menggunakan model chatbot pendidikan Ai4impact Singapura untuk merancang pembelajaran yang ditargetkan. Berdasarkan hasil analisis berdasarkan analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Chatbot dan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMP Negeri dua Bangkinang Kota.
Downloads
References
Aini, A. N., Anggoro, B. S., & Putra, F. G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Transportasi Program Linier Berbantuan Sparkol. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(3), 289–296. https://doi.org/10.30738/union.v6i3.2986
Astuti, E. P., & Supriyono, S. (2020). Karakteristik Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(1), 49–60. https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6492
Brohman, I. T., Sherman, W., Repasky, M., & Beuming, T. (2013). Improved Docking of Polypeptides with Glide. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Chujaemah, N. (2013). Penerapan Model Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Matematika Tentang Bangun Ruang Pada Siswa Kelas Iv Sdn 3 Glempang Tahun Pelajaran 2011/2012. Repository.
Handayani, N. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran REACT dengan Pendekatan RME untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny, 4(3), 233–240.
Harahap, T. H. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran CO-OP CO-OP Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 66–71. https://doi.org/10.30596/jmes.v1i2.5190
Hasan, B., Wijayanti, R., Matematika, P., Pgri Bangkalan, S., & Timur, J. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Whiteboard Animation. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 2407–8840.
Hendrawan, A., Adawiyah, R., Effendi, M. S., & Arifin, M. K. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran. Jurnal Impact: Implementation and Action, 2(1), 52–57.
Lembayung, A. L. (2017). Trias Lembayung, 2017 Desain Didaktis Materi Bilangan Berpangkat Pecahan Positif Dan Bentuk Akar Pada Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 1–17.
Nike K, M. T. (2015). Penalaran Deduktif Dan Induktif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Tingkat Iq. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1(2), 67–75. https://doi.org/10.31597/ja.v1i2.155
Novianti, N., & Pratama, F. W. (2022). Tingkat Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Pola Bilangan Berdasarkan Teori APOS. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 237–246. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.1113
Saragih, E. G., & Sinaga, J. A. (2019). Desain Lembar Kerja Siswa (LKS) BerbasisMetode Penemuan Terbimbing untuk Memfasilitasi Pencapaian Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 25(1), 30–40.
Sidabutar, S. T. L. (2019). Pengembangan Cd Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Geometer ’ S Sketchpad Dengan Pendekatan Kontruktivisme Berbasis Teori Jean Piaget. Jurnal
Sohaya, E. M. (2018). Pemanfaatan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Mengembangkan dan Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 584–594.
Sudiatmika, I. P. G. A. (2021). E-Learning Berbasis Telegram Bot. KERNEL: Jurnal Riset Inovasi Bidang Informatika Dan Pendidikan Informatika, 1(2), 49–60. https://doi.org/10.31284/j.kernel.2020.v1i2.1469
Suteddy, W., Muhammad, R., & Ardimansyah, M. I. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Online Interaktif Berbasis Chatbot Untuk Guru Sma/Smk Di Kota Bandung. July. https://doi.org/10.33387/.v5i2.4411
Wahyufi, A., & Choirudin. (2019). Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Berbasis Montessori. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 33–39.
Wartoyo, F. X., & Ginting, Y. P. (2023). Edukasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Era Disruptif Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 6309–6316.
Zulfah, Z., & Astuti, A. (2018). Pengaruh Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 81–90. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.52
Zulkarnain, M. A., Raharjo, M. F., & Olivya, M. (2020). Perancangan Aplikasi Chatbot Sebagai Media E-Learning Bagi Siswa. Elektron : Jurnal Ilmiah, 12(2), 88–95. https://doi.org/10.30630/eji.12.2.188.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Aprina Dinta, Amir Luthfi, Molli Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).